Sukses

4 Fakta Timnas Indonesia Jelang Piala Asia U-20 2023: Ajang Pemanasan Sebelum Piala Dunia U-20

Timnas Indonesia U-20 bakal melakoni ajang Piala Asia U-20 2023 yang dijadwalkan berlangsung di Uzbekistan mulai Maret mendatang. Simak fakta menarik jelang penampilan Garuda Nusantara dalam turnamen tersebut melalui artikel berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-20 bakal unjuk gigi di ajang Piala Asia U-20 2023. Turnamen tersebut rencananya dihelat di Milly Stadium, JAR Stadium, dan Lokomotiv Stadium (Tashkent), serta Istiqlol Stadium (Fergana), Uzbekistan pada 1–18 Maret 2023.

Kompetisi Piala Asia U-20 kali ini pun menjadi sarana pemantapan performa bagi Garuda Nusantara sebelum berlaga di Piala Dunia U-20 2023. Pasalnya, skuad racikan Shin Tae-juga akan menyandang status sebagian tuan rumah dalam ajang sepak bola bergengsi yang dihelat pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia saat ini tergabung dalam Grup A Piala Asia U-20 2023. Dengan demikian, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan harus meladeni perlawanan Irak, Suriah, serta tuan rumah Uzbekistan di fase grup.

Pelatih Garuda Nusantara Shin Tae-yong telah berupaya melakukan pemusatan latihan di Turki dan Spanyol sebagai bentuk persiapan guna menghadapi Piala Asia U-20 edisi ini. Juru taktik asal Korea Selatan itu pun optimistis anak-anak asuhnya bisa lolos ke babak selanjutnya.

“Ada Uzbekistan, Irak, dan Suriah (di Grup A Piala Asia U-20 2023). Kalau kita melakukan persiapan dengan baik, saya yakin bisa lolos,” tutur pelatih yang baru saja menelan pil pahit bersama timnas senior di ajang Piala AFF 2022 itu.

Terdapat sejumlah fakta menarik jelang penampilan Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 2023. Simak ulasan lengkapnya pada halaman selanjutnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Moncer di Kualifikasi

Timnas Indonesia U-20 lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 dengan torehan membanggakan. Marselino Ferdinan dan kolega menyabet predikat sebagai juara Grup F usai tampil sempurna dalam tiga pertandingan melawan Timor Leste, Hong Kong, dan Vietnam.

Garuda Nusantara mengawali perjalanannya di kualifikasi dengan menang telak atas Timor Leste U-20. Skuad asuhan Shin Tae-yong berjaya 4-0 berkat hattrick yang dilesakkan oleh Hokky Caraka serta sumbangsih dari Rabbani Tasnim.

Tren positif tersebut kembali berlanjut di laga kontra Hong Kong. Timnas Indonesia U-20 menang meyakinkan dengan 5-1 dalam duel yang dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Jumat (16/9/2022) malam WIB.

Setelahnya, Garuda Nusantara ditantang Vietnam di laga pemungkas. Timnas Indonesia U-20 mampu memastikan tiket ke putaran final usai susah payah menaklukkan The Golden Star muda dengan skor tipis 3-2.

Catatan tersebut sekaligus mematahkan rekor buruk Shin Tae-yong saat menghadapi Vietnam. Seperti diketahui, pelatih asal Korea Selatan kala itu belum pernah meraih hasil dominan atas The Golden Star dalam empat pertandingan di level senior dan kelompok umur.

3 dari 5 halaman

Pernah Juara

Piala Asia U-20 bukanlah turnamen yang asing buat Timnas Indonesia. Garuda Nusantara bahkan sudah pernah mengecap predikat juara di ajang tersebut.

Tim Merah Putih pertama kali mentas di Piala Asia U-20 1960. Pasukan Tanah Air kala itu cuma mampu finis di peringkat empat. Namun, prestasi mereka langsung melejit di edisi 1961. Indonesia keluar sebagai juara bersama dengan Burma, yang kini akrab disebut Myanmar.

Setelahnya, Timnas Indonesia sempat beberapa kali mencatatkan prestasi mentereng di Piala Asia U-20. Garuda Nusantara menempati posisi tiga besar pada edisi 1962, menyandang status semifinalis edisi 1964, serta menjadi runner-up pada 1967 dan 1970.

Adapun Indonesia hingga kini tercatat sudah 17 kali berlaga di ajang serupa. Piala Asia U-20 2023 pun menandai penampilan ke-18 Garuda Nusantara dalam kejuaraan tersebut.

4 dari 5 halaman

Tergabung dalam Grup Mudah

Tak dapat dimungkiri, Timnas Indonesia U-20 sejatinya tergabung dalam grup yang tidak terlalu sulit di ajang Piala Asia U-20 2023. Persaingan lebih sengit justru diprediksi bakal tersaji di Grup B, Grup C, dan Grup D.

Seperti diketahui, Grup B Piala Asia U-20 2023 dihuni oleh tim-tim raksasa sekelas Australia, Iran, Qatar, dan Vietnam. Grup C menampilkan duel Yordania, Korea Selatan, Oman, dan Tajikistan. Sementara Grup D diramaikan oleh China, Jepang, Kyrgyztan, dan Arab Saudi.

Walau begitu, bukan berarti Garuda Nusantara bisa menganggap enteng lawan-lawannya di Piala Asia edisi ini. Malahan, ajang tersebut harus dimanfaatkan secara maksimal oleh Marselino Ferdinan dan kolega demi mengukur kemampuan jelang Piala Dunia U-20.

Adapun di Piala Dunia, Timnas Indonesia U-20 bakal bertindak sebagai tuan rumah. Persaingan lebih kompleks pun harus mampu dilalui oleh Garuda Nusantara jika ingin menorehkan prestasi di hadapan publik sendiri.

5 dari 5 halaman

Tim ASEAN Pertama

Timnas Indonesia U-20 patut berbangga saat tampil di ajang Piala Asia U-20 2023. Pasalnya, Garuda Nusantara menjadi tim Asia Tenggara pertama yang mampu mengamankan tempat di putaran final usai menorehkan hasil sempurna saat kualifikasi.

Adapun Vietnam mendampingi Indonesia di putaran final berkat keberhasilannya lolos melalui jalur runner-up terbaik. Sementara itu, sejumlah tim raksasa lain di kawasan ASEAN, seperti Thailand dan Malaysia harus mengubur mimpinya untuk tampil di Piala Asia U-20 edisi ini.

Hasil tersebut mengantar Marselino Ferdinan dan kawan-kawan mengikuti jejak seniornya yang juga lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Adapun Skuad Garuda dijadwalkan mengecap persaingan di turnamen serupa pada 16 Juni hingga 16 Juli mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.