Sukses

Sukses Gelar WSBK dan MotoGP, Sirkuit Mandalika Dipastikan Jadi Tuan Rumah ARRC 2023

Sirkuit Mandalika mendapat kehormatan menjadi tuan rumah ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 yang dijadwalkan berlangsung pada 11-13 Agustus mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Sirkuit Mandalika mendapat kesempatan menghelat ajang balapan baru tahun ini. Setelah sukses dengan World Superbike (WSBK) dan MotoGP, sirkuit kebanggaan Tanah Air resmi dipercaya menjadi tuan rumah Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023.

Kepastian terkait hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Promosi Two Wheels Motor Racing (TWMR) Ron Hogg saat menghadiri sesi konferensi pers di Hardrock Cafe, Jakarta, pada Kamis (12/1/2023). Hogg pun mengaku senang ajang ARRC akhirnya bisa kembali ke Indonesia.

"Sebagai perwakilan Asia Road Racing Championship, kami merasa sangat senang bisa kembali ke Indonesia. Pembalap Indonesia menjadi salah satu perwakilan dengan jumlah terbesar di Asia Road Racing Championship. Menggelar kompetisi di Mandalika tahun ini rasanya seperti pulang ke rumah," ujar Hogg kepada awak media.

Sekadar informasi, Indonesia sejatinya sudah pernah mendapat kehormatan menjadi tuan rumah ARRC pada 2018 sila,. Kala itu, balapan diselenggarakan di Sirkuit Sentul.

Tanah Air baru kembali memperoleh kesempatan serupa lima tahun berselang. Hogg menuturkan, pihaknya memang mendapat banyak dorongan dari penggemar balap motor Indonesia untuk menghadirkan ajang ARRC di Sirkuit Mandalika.

"Ketika kami mengumumkan kalender musim ini, kami belum bisa mengonfirmasi bahwa Mandalika menjadi salah satu tuan rumah (seri ARRC 2023)," tutur Hogg.

"Akan tetapi, mereka (penggemar) menyerbu media sosial kami dan menanyakan mengapa tidak ada Sirkuit Mandalika," sambungnya dalam kesempatan yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Seri Keempat

Sebagai informasi, Indonesia bakal menjadi tuan rumah seri keempat Asia Road Racing Championship musim ini. Balapan tersebut dijadwalkan berlangsung mulai 11-13 Agustus mendatang.

Hogg pun meminta dukungan maksimal dari media dan penggemar jelang terselenggarnya perhelatan itu. Ia berharap ARRC 2023 di Sirkuit Mandalika bakal menjadi kompetisi yang besar dan sukses.

"Untuk semua anggota media, kami menanti dukungan Anda. Kami sangat tak sabar untuk (menyaksikan) acara yang besar dan sukses. Kami juga menanti dukungan Anda bersama IMI, ITDC dan MGPA," tandas Rogg.

3 dari 3 halaman

Tanggapan IMI

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) Bambang Soesatyo turut mengomentari penyelenggaraan ARRC 2023 di Tanah Air.

Menurutnya, Indonesia memang merupakan salah satu negara dengan pasar ARRC terbesar. Oleh karena itu, ia optimistis popularitas seri keempat kompetisi yang berlangsung di Sirkuit Mandalika bakal melejit.

"Soal Asia Road Race Championship, tidak ada yang bisa memungkiri (bahwa) pasar Indonesia cukup besar. Saya yakin acara yang digelar Agustus nanti akan meledak," ujarnya saat memberi keterangan pers di Hardrock Cafe, Jakarta, pada Kamis (12/1/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.