Sukses

Piala Super Spanyol Real Betis vs Barcelona: Xavi Semangat Kejar Trofi Pertama

Barcelona berpeluang untuk raih trofi pertama di Piala Super Spanyol. Kalau bisa kalahkan Real Betis, Barca jumpa Real Madrid di final.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez berpeluang untuk meraih trofi pertama saat jumpa Real Betis di semifinal Piala Super Spanyol yang berlangsung di stadion King Fahd, Riyad, Jumat (13/1/2023) dini hari WIB. Kalau berhasil kalahkan Betis, Barca bakal jumpa Real Madrid yang sebelumnya singkirkan Valencia lewat adu penalti.

Xavi mengaku antusias menghadapi Piala Super Spanyol. Dia tak menyembunyikan kegembiraannya bisa punya peluang dapatkan trofi pertama musim ini dengan Barcelona.

Xavi mengatakan, kemenangan di Piala Super Spanyol bisa mengangkat moral tim. Inilah mengapa Barcelona harus memenangkannya, meski tak mudah.

Tantangan pertama Barcelona yaitu mengalahkan Real Betis. Xavi mewaspadai tim yang disebutnya jago mempertahankan bola.

"Mereka lawan yang main sangat bagus dengan bola. Pelatihnya punya gaya sangat menyerang. Mereka tim dengan teknik yang kuat dan punya dua gelandang kuat," kata Xavi seperti dikutip Marca.

"Mereka tim yang komplet. Kami harus kerja keras tapi mereka kesulitan kalau tak pegang bola, itu bakal jadi kunci."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Trofi Pertama

 

Xavi mengaku sangat semangat mengejar trofi pertama. Sebagai pelatih, ini bakal jadi trofi pertama buat Xavi di Barcelona.

"Ini gelar yang belum saya menangkan. Kami sejauh ini tampil bagus dan kami akan buktikan diri," katanya.

"Memang tak mengubah banyak hal kalau juara Piala Super Spanyol, tapi kami bersemangat untuk melakukannya karena ini jadi trofi pertama di musim ini. Ini bis amembuat kami tenang."

"Saya benar-benar menantikannya. Saya punya gairah, saya di sini untuk memenangkan gelar dan kalau tidak ada gelar musim ini, Anda akan membunuh saya. Kami belum memenangkan trofi apapun dan ini waktunya."

 

3 dari 5 halaman

Masa Depan Busquets

 

Xavi juga bicarakan soal masa depan Sergio Busquets. Gelandang senior ini mungkin akan pergi meninggalkan Barca.

"Buat saya, dia pemain berpengaruh di tim. Dia kapten, dia vital di ruang ganti dan menjadi contoh," kata Xavi.

"Dia selalu mementikan tim dan itu berharga. Saat dia tak ada di lapangan langsung terasa."

4 dari 5 halaman

Bantah Inginkan Aubameyang

Manajer Barcelona Xavi Hernandez membantah kabar yang menyebut Blaugrana berniat memulangkan Pierre-Emerick Aubameyang ke Camp Nou.

 

Di tengah beredarnya kabar ini, Xavi pun angkat bicara. Eks juru taktik Al Sadd itu mengisyaratkan pihaknya tak bakal memboyong Aubameyang kembali ke Spanyol. Pasalnya, mereka enggan menambah komposisi skuad dalam beberapa minggu mendatang.

“Kami senang dengan skuad (Barcelona). Pada prinsipnya, tidak akan ada perubahan. Belum ada meeting (pertemuan terkait hal ini),” ujar Xavi, seperti dilansir dari Metro.

“Soal Depay? Kami tidak tahu apa-apa. Kami akan melihat yang terjadi. Saya sudah memberi tahu dewan bahwa saya akan senang jika skuad (Barcelona) tetap seperti ini,” sambungnya saat ditanya perihal Depay yang dirumorkan menjadi incaran MU.

 

 

5 dari 5 halaman

Tidak Membaik

Sekadar informasi, Aubameyang memang belakangan mulai dikaitkan dengan Barcelona. Eks pemain Arsenal itu konon tak bahagia berkarier di Stamford Bridge bersama Chelsea.

Padahal ia belum lama menghabiskan waktu dengan sang raksasa Liga Inggris, usai didatangkan dari Barca pada bursa transfer musim panas lalu.

Melansir laporan Metro, Xavi kala itu sebenarnya tak berencana menguangkan anak asuhnya. Aubameyang dipandang penting lantaran berhasil menyumbangkan gol yang membantu Blaugrana mengamankan tempat di Liga Champions.

Sayang situasi keuangan Barcelona sedang tidak baik. Kubu Catalan butuh dana tambahan. Alhasil, pihak klub memutuskan untuk menjual Aubameyang pada pengujung jendela transfer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.