Sukses

Putuskan Pensiun, Gareth Bale Sampaikan Penghormatan dan Pesan Perpisahan

Mantan pemain sayap Spurs, Real Madrid Gareth Bale mengumumkan pensiun dari sepak bola dalam usia 33 tahun

Liputan6.com, Jakarta Gareth Bale telah mengumumkan pengunduran dirinya dari klub dan sepak bola internasional. Pemain sayap Wales ini memutuskan pensiun pada usia 33 tahun.

Mantan penyerang Tottenham Hotspur dan Real Madrid ini, baru-baru ini tampil untuk negaranya di Piala Dunia di Qatar, setelah membantu mereka lolos ke turnamen untuk pertama kalinya sejak 1958.

Penampilan ke-664 dan terakhir Bale dalam kariernya yang termasyhur datang dalam pertandingan grup saat Wales melawan Inggris. Dia ditarik keluar di babak pertama sebelum menyaksikan tim Rob Page kalah 0-3 dari tetangga mereka.

Bale mengumumkan keputusannya pensiun di media sosial. Dia menyampaikan penghormatan kepada klub, manajer, dan rekan setimnya di masa lalu selain keluarganya.

"Setelah pertimbangan yang hati-hati dan bijaksana, saya mengumumkan pengunduran diri saya segera dari klub dan sepak bola internasional," tulis Bale.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bersyukur

"Saya merasa sangat beruntung telah mewujudkan impian saya bermain olahraga yang saya sukai. Itu benar-benar memberi saya beberapa momen terbaik dalam hidup saya. Tertinggi tertinggi selama 17 musim, yang tidak mungkin ditiru, tidak peduli apa bab berikutnya telah tersedia untuk saya," kata Bale.

"Dari sentuhan pertama saya di Southampton hingga terakhir saya dengan LAFC dan segala sesuatu di antaranya, membentuk karir klub yang sangat saya banggakan dan syukuri. Bermain untuk dan menjadi kapten negara saya 111 kali benar-benar mimpi yang menjadi kenyataan."

3 dari 5 halaman

Berhutang Budi

"Untuk menunjukkan rasa terima kasih saya kepada semua orang yang telah memainkan peran mereka sepanjang perjalanan ini, rasanya seperti mustahil. Saya merasa berhutang budi kepada banyak orang karena telah membantu mengubah hidup saya dan membentuk karier saya dengan cara yang tidak pernah saya impikan. ketika saya pertama kali memulai pada usia 9 tahun."

"Untuk klub saya sebelumnya, Southampton, Tottenham, Real Madrid dan akhirnya LAFC. Semua manajer dan pelatih saya sebelumnya, staf ruang belakang, rekan satu tim, semua penggemar yang berdedikasi, agen saya, teman dan keluarga saya yang luar biasa, dampak yang Anda berikan tak terukur.

4 dari 5 halaman

Dukungan Keluarga

"Orang tua dan saudara perempuan saya, tanpa dedikasi Anda di masa-masa awal itu, tanpa dasar yang kuat, saya tidak akan menulis pernyataan ini sekarang, jadi terima kasih telah menempatkan saya di jalan ini dan atas dukungan Anda yang tak tergoyahkan," ujarnya.

"Istri saya dan anak-anak saya, cinta dan dukungan Anda telah membawa saya. Tepat di samping saya untuk semua suka dan duka, membuat saya tetap membumi sepanjang jalan. Anda menginspirasi saya untuk menjadi lebih baik, dan membuat Anda bangga."

5 dari 5 halaman

Terhebat

Bale juga memberikan penghormatan khusus kepada negaranya Wales, di mana ia membuat 111 penampilan dan mencetak 41 gol, keduanya merupakan rekor nasional.

Bale secara luas dianggap sebagai pesepakbola Welsh terhebat sepanjang masa di depan orang-orang seperti John Charles, Ian Rush dan Ryan Giggs. Dia membantu negaranya lolos ke tiga turnamen besar - turnamen besar pertama mereka sebagai negara sejak Piala Dunia 1958.

Penyerang kelahiran Cardiff menikmati kesuksesan yang lebih besar di level klub, terutama di Real Madrid di mana ia memenangkan 16 trofi termasuk lima gelar Liga Champions dan tiga mahkota La Liga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.