Sukses

Tak Melulu Psywar, Park Hang-seo Puji Sesama Pelatih Korea Selatan di Piala AFF 2022

Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo baru-baru ini melontarkan pujian untuk rekan senegaranya, Kim Pan-gon dan Shin Tae-yong, yang turut meramaikan persaingan di kompetisi Piala AFF 2022.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Vietnam Park Hang-seo tak terus-terusan menebar kritik tajam bagi rival-rivalnya di Piala AFF 2022. Malahan, juru taktik Korea Selatan itu baru saja melempar pujian buat kompatriotnya yang turut berkarier di kancah sepak bola ASEAN.

Seperti diketahui, terdapat tiga pelatih asal Negeri Ginseng yang kini meramaikan persiangan dalam turnamen sepak bola bergengsi Asia Tenggara. Mereka adalah Park Hang-seo (Vietnam), Shin Tae-yong (Indonesia), serta Kim Pan-gon (Malaysia).

Trio juru taktik tersebut sukses menunjukkan performa apik bersama anak-anak asuhnya. Mereka kompak menembus semifinal Piala AFF 2022 usai finis di posisi dua teratas dalam klasemen akhir babak penyisihan grup beberapa waktu lalu.

Teranyar, Kim Pan-gon mampu membawa skuad Harimau Malaya menekuk sang juara bertahan Thailand dengan skor tipis 1-0 di leg pertama fase empat besar, Sabtu (7/1/2023) lalu.

Pencapaian tersebut rupanya tak luput dari perhatian Park Hang-seo. Pelatih The Golden Star sempat menyinggung kinerja duo rekan senegaranya saat menghadiri konferensi pers jelang laga kandang melawan Timnas Indonesia pada Minggu (8/1/2023).

“Shin Tae-yong adalah pelatih yang baik. Dia membantu Timnas Indonesia bersaing dengan lebih baik dalam beberapa tahun tugasnya di sini,” ujar dia, seperti dilansir dari TheThao247.

Kemarin, pelatih Kim Pan-gon dari Malaysia (juga) meraih kemenangan atas Thailand. Saya merasa sangat bangga dengan apa yang dilakukan oleh pelatih Korea (Selatan) di kancah Asia Tenggara,” sambung Park Hang-seo dalam kesempatan yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hubungan dengan Shin Tae-yong

Sebelumnya, Park Hang-seo sempat mengakui dirinya punya masalah dengan Shin Tae-yong. Hal itu yang membuat sang pelatih ogah berjabat tangan dengan kompatriotnya usai melakoni laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022.

Park dan Shin memang kerap menunjukkan tensi tinggi di lapangan hijau. Keduanya juga tak terlihat memiliki hubungan baik saat mengantar skuad masing-masing berlaga di ajang SEA Games 2021 beberapa waktu lalu.

Usut punya usut, Park Hang-seo memang memiliki persoalan pribadi dengan Shin Tae-yong. Kondisi tersebut diakuinya sendiri saat memberi keterangan dalam sesi konferensi pers usai laga Indonesia vs Vietnam di semifinal Piala AFF 2022.

"Sebenarnya ini adalah hal privat, mengapa Anda (wartawan) bertanya di sini? Tetapi ya, antara saya dengan dia (Shin Tae-yong) ada beberapa masalah," ujarnya kepada awak media pada Jumat (6/1/2023) malam WIB.

3 dari 3 halaman

Vietnam Lebih Baik

Park Hang-seo sebenarnya tak menutup mata pada kualitas Timnas Indonesia di bawah kepimpinan Shin Tae-yong. Ia menyadari Skuad Garuda merupakan salah satu tim kuat yang memanaskan persaingan Piala AFF edisi ini.

Walau begitu, juru taktik berusia 65 tahun percaya diri anak-anak asuhnya lebih baik ketimbang pasukan Merah Putih. Ia pun berambisi memetik hasil maksimal di Piala AFF 2022, sebelum resmi berpisah dengan Vietnam.

“Memang Indonesia sangat kuat, tetapi saya pikir Vietnam lebih kuat. Seperti yang kita tahu, Shin Tae-yong sudah bekerja (lebih dari) dua tahun di Indonesia dan memiliki banyak pemain naturalisasi,” ujarnya dalam konferensi pers selepas laga di SUGBK, Jumat (6/1/2023).

“Akan tetapi, saya pernah mengalahkan Indonesia 4-0 (di Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia). Sekali lagi, saya pikir Indonesia adalah tim yang kuat, tetapi kami lebih kuat,” tandas Park Hang-seo dalam kesempatan yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.