Sukses

Cricket Indonesia Targetkan Emas di SEA Games 2023

Saat ini, Cricket Indonesia menduduki peringkat 20 dunia untuk Putri dan 56 untuk Putra.

Liputan6.com, Jakarta- Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) telah memiliki ketua umum yang baru. Abhiram Singh Yadav baru saja terpilih memimpin PCI untuk periode 2023-2027. Abhiram bertekad membawa Cricket Indonesia merebut medali emas di SEA Games 2023 yang digelar di Kamboja.

“Saya akan melanjutkan semua program kerja yang sudah berjalan dengan baik selama ini, serta berbenah agar dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi ke depan. Dan, saya akan menjadikan PCI sebagai organisasi profesional,” kata Abhiram S Yadav yang dihubungi Minggu (8/1/2023).

Pengelolaan organisasi secara profesional ini, kata Abhiram yang semula menjabat Wakil Ketua Umum PP PCI, sangat penting dalam upaya memenuhi target pada SEA Games 2023 Kamboja dan juga meningkatkan peringkat Indonesia di dunia.

Saat ini, Cricket Indonesia menduduki peringkat 20 dunia untuk Putri dan 56 untuk Putra. “PP PCI menargetkan medali emas bagi Kontingen Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja dan meningkatkan posisi Indonesia masuk dalam 10 besar dunia. Ini semua bisa diwujudkan dengan kerja keras, program pembinaan secara berjenjang dan berkesinambungan serta pengelolaan organisasi secara profesional,” katanya.

PP PCI yang resmi berdiri tahun 2012 sudah mencatat prestasi yang cukup membanggakan dengan meloloskan Timnas Cricket Putri U-19 Indonesia untuk pertama kalinya tampil pada World Cup 2023 yang akan berlangsung di Afrika Selatan, 9-29 Januari 2023.

Saat ini, Timnas Cricket Putri U-19 Indonesia yang ditangani pelatih asal Sri Lanka, Nuwan Shiroman sudah berada di Afrika Selatan setelah menjalani Trainning Camp (TC) di India selama sebulan. Pada laga uji coba pertama, 5 Januari lalu, Ni Luh Ketut Wesika Ratna Dewi dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Zimbabwe.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan Tertulis

"Ini menjadi ukiran sejarah baru bagi Cricket Indonesia karena berhasil mengalahkan ranking 11 dunia" ujar Fiermansyah Afie, Manajer Timnas Cricket Putri U19 Indonesia. Abhiran terpilih secara aklamasi menjabat Ketua Umum PP PCI periode 2023-2027 menggantikan posisi Azis Syamsudin pada Musyawarah Nasional IV/ Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munas/Munaslub) PCI yang dihadiri 20 Pengprov PCI di Seminyak, Bali, 5-8 Januari 2023.

Munas IV/Munaslub yang dibuka secara resmi Wakil Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Soedarmo dan dihadiri Komite Eksekutif NOC, Puji Lestari ini mengambil tema ‘Kompak dan Berprestasi, Menuju Indonesia Jaya’.

“20 Pengprov PCI memberikan dukungan tertulis dan pada saat pemilihan Abhiram S Yadav terpilih secara aklamasi. Selanjutnya formatur akan membentuk kepengurusan dalam waktu satu bulan ke depan," kata Ketua Penyelengara Munas IV/Munaslub PCI, Albert W. Tangkudung.

3 dari 3 halaman

KONI

Secara khusus Abhiram memuji kinerja KONI Pusat dalam pembinaan olahraga nasional. “Kami terinspirasi dari kinerja KONI Pusat yang mampu menyelengarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) di masa pandemi, ini bukanlah mudah. Hal ini kemudian mendorong kami untuk terus berkegiatan dan berprestasi. Apresiasi besar kepada pak Ketua Umum KONI, Marciano Norman, kami harapkan beliau dapat melanjutkan pengembangan olahraga nasional. PCI akan selalu menjadi pendukung utama dan pertama,” katanya.

“Terima kasih dan apresiasi untuk Pengurus Pusat PCI dan Provinsi, yang telah melakukan pembinaan hingga menorehkan prestasi gemilang” timpal Soedarmo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.