Sukses

Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2022: Gajah Perang Kelelahan

Pelatih Thailand Alexandre Polking membeberkan kelemahan timnya sendiri jelang laga kontra Indonesia di Piala AFF 2022. Menurut dia, Theerathon Bunmathan dan kawan-kawan masih kurang istirahat.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia dan Thailand bakal saling sikut dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF 2022 yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Kamis (29/12/2022) pukul 16.30 WIB.

Duel kali ini menjadi momen krusial bagi kedua tim. Raihan poin penuh diperlukan demi mengamankan langkah menuju babak semifinal turnamen sepak bola Asia Tenggara.

Seperti diketahui, Skuad Garuda dan Tim Gajah Perang masih saling berimpitan di urutan satu dan dua klasemen sementara. Keduanya kompak mengoleksi enam poin dari dua pertandingan. Hanya saja, Thailand lebih unggul dalam hal selisih gol.

Jelang pertarungan melawan Indonesia di Piala AFF, Pelatih Timnas Thailand Alexandre Polking pun mengungkap kelemahan yang dimiliki skuadnya.

Gajah Perang sejatinya disebut sudah melakukan persiapan maksimal untuk bertandang ke markas Skuad Garuda. Akan tetapi, Polking menilai Theerathon Bunmathan dan kawan-kawan kurang mendapat istirahat.

“Kami sangat siap untuk itu (pertandingan melawan Indonesia), tetapi kami tidak punya banyak waktu untuk beristirahat,” ujarnya dalam konferesi pers pra pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (28/12/2022).

“Indonesia juga sempat melakoni pertandingan tiga hari lalu, tetapi mereka bisa menyimpan sejumlah pemain,” tutur Polking menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Optimistis

Terlepas dari kekurangan tersebut, Polking tetap yakin pada anak-anak asuhnya. Ia optimistis Gajah Perang mampu memenangkan duel serta melangkah hingga partai puncak turnamen, meski tanpa diperkuat beberapa pemain bintang.

“Sebagai (Timnas) Thailand, kami selalu punya target untuk memenangkan kompetisi. Kami sudah membuktikan bahwa kami mampu melakukan hal itu,” ujar sosok yang mengantar Gajah Perang menjadi kampiun Piala AFF 2020.

“Saya percaya, kami punya kualitas untuk mengulangi (kesuksesan) itu lagi, Meskipun kami kehilangan banyak pemain, para penggawa yang ada saat ini pun sudah cukup baik,” pungkas Polking pada Rabu (28/12/2022).

3 dari 3 halaman

Meraup Poin Penuh

Penilaian serupa juga dilontarkan oleh gelandang Thailand Sarach Yooyen. Ia punya pandangan yang cukup positif jelang laga kontra Skuad Garuda. Pemain berusia 30 tahun pun berambisi meraup poin penuh bersama rekan-rekannya.

“Pertandingan melawan Indonesia penting bagi kami. Target kami, sama seperti di setiap laga, adalah mendapatkan tiga poin agar dapat melaju ke babak selanjutnya,” kata Sarach dalam konferensi pers di SUGBK, Rabu (28/12/2022).

Berdasarkan laman 11v11.com, Indonesia tidak memiliki rekor yang bagus saat bersua Thailand mulai 1957. Total, kedua tim sudah bertanding sebanyak 80 kali, di mana Indonesia kalah 40 kali dan 25 kali menang. Sisanya tuntas imbang.

Dari enam pertemuan terakhir sejak 2016, Indonesia bahkan tidak mampu mengalahkan Thailand. Sepanjang periode tersebut, Skuad Garuda cuma mampu memaksakan dua hasil seri dan sisanya berakhir dengan kekalahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.