Sukses

Jelang Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2022, Alexandre Polking Berambisi Pertahankan Gelar Juara

Pelatih Thailand Alexandre Polking mengungkap ambisi untuk anak-anak asuhnya di Piala AFF 2022. Ia berharap Theerathon Bunmathan dan kawan-kawan mampu mempertahankan gelar juara turnamen edisi ini.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia dan Thailand bakal saling adu taji dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF 2022 yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022) pukul 16.30 WIB.

Duo kesebelasan saat ini bersaing sengit di klasemen sementara. Thailand duduk di posisi puncak setelah mengumpulkan enam poin dari dua pertandingan. Indonesia ketat menyusul di urutan dua dengan torehan poin sama, tetapi tertinggal selisih gol dari Tim Gajah Perang.

Pertemuan Indonesia vs Thailand dalam fase penyisihan grup pun menjadi layaknya final kepagian. Kedua tim diprediksi bakal bersaing sengit demi memperebutkan poin penuh dan mengamankan langkah menuju babak selanjutnya.

Jelang pertandingan antara kedua tim, pelatih Thailand Alexandre Polking mengungkap ambisi untuk anak-anak asuhnya. Juru taktik berusia 46 tahun itu bertekad mengantar timnya mempertahankan gelar sekaligus menambah koleksi trofi bagi kubu Gajah Perang.

Seperti diketahui, Thailand merupakan tim tersukses dalam sejarah pelaksanaan Piala AFF. Mereka tercatat telah enam kali menyabet trofi juara. Yang teranyar didapat pada edisi 2020 usai menumbangkan Indonesia dengan skor agregat 2-6 di partai puncak.

“Ambisi kami sangat jelas, yaitu selalu memenangkan turnamen. Kami punya sejarah di turnamen ini, dan kami tahu bahwa Thailand sudah enam kali memenangkan (Piala AFF),” ujar Polking dalam konferensi pers pra pertandingan pada Rabu (28/12/2022).

“Kami ingin menang untuk ketujuh kalinya karena itu (menjadi juara Piala AFF) merupakan tradisi yang kami miliki,” sambungnya di hadapan awak media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Punya Kualitas

Polking menilai timnya punya cukup kualitas untuk menyabet kembali trofi Piala AFF 2022. Meski tanpa diperkuat beberapa pemain bintang, menurutnya komposisi skuad yang ada saat ini sudah amat baik.

“Sebagai (Timnas) Thailand, kami selalu punya target untuk memenangkan kompetisi. Kami sudah membuktikan bahwa kami mampu melakukan hal itu,” ujar sosok yang mengantar Gajah Perang menjadi kampiun Piala AFF 2020.

“Saya percaya, kami punya kualitas untuk mengulangi (kesuksesan) itu lagi, Meskipun kami kehilangan banyak pemain, para penggawa yang ada saat ini pun sudah cukup baik,” pungkas Polking pada Rabu (28/12/2022).

3 dari 3 halaman

Perdana Tanding di Indonesia

Sekadar informasi, laga Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2022 bakal menandai kali pertama Polking bertandang ke markas Merah Putih sebagai pelatih.

Ia menyadari Timnas Indonesia kemungkinan bakal makin bersemangat berkat kehadiran pemain ke-12. Walau begitu, Polking tak terlalu gentar. Pelatih berdarah Brasil-Jerman itu malah mengaku suka dengan atmosfer stadion yang dipenuhi suporter lawan.

“Ini kali pertama bagi saya sebagai pelatih untuk bermain di kandang Indonesia. Kami tahu stadion akan penuh. Kami juga tahu suporter Indonesia akan berteriak, membantu, dan memberi dukungan bagi timnya. Akan tetapi, saya suka pertandingan yang seperti ini.”

“Saya suka ketika stadion dipenuhi penggemar. Itu merupakan hal yang bagus buat kedua tim, baik buat Anda (Indonesia) maupun tim lawan, karena akan menciptakan atmosfer sepak bola dan pertandingan yang lebih baik,” bebernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.