Sukses

Jelang Indonesia vs Brunei di Piala AFF 2022, Shin Tae-yong Ogah Pusingkan Jumlah Gol Tim Rival

Jelang laga kontra Brunei Darussalam di Piala AFF 2022, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku tak ingin berfokus pada Thailand dan Filipina yang saat ini lebih unggul dalam hal produktivitas gol dibanding Skuad Garuda.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku enggan memusingkan jumlah gol tim-tim lain di Grup A Piala AFF 2022. Juru taktik asal Korea Selatan itu hanya ingin fokus pada Skuad Garuda jelang melakoni duel kontra Brunei Darussalam pada Senin (26/12/2022).

Seperti diketahui, Pasukan Merah Putih saat ini hanya mampu bertengger di peringkat tiga klasemen sementara. Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan sejatinya memiliki koleksi poin sama dengan Thailand dan Filipina yang menghuni dua posisi teratas.

Tim Gajah Perang tercatat sukses mengemas lima gol tanpa kebobolan usai menang telak atas Brunei Darussalam di laga pembuka Grup A Piala AFF 2022 pada Kamis (20/12/2022).

Hasil serupa juga didapat oleh The Azkals saat menghadapi lawan yang sama. Meski kalah dari Kamboja di pertandingan perdana, Filipina mampu membobol gawang Tebuan lima kali, dan hanya kecolongan satu gol dalam laga kedua.

Adapun Timnas Indonesia hanya mampu menorehkan kemenangan tipis atas Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada Jumat (23/12/2022) sore WIB.

Skuad Garuda unggul 2–1 berkat gol dari Egy Maulana Vikri (‘7) dan Witan Sulaeman (’35). Catatan tersebut membuat Timnas Indonesia cuma bisa menempati urutan ketiga klasemen lantaran tertinggal selisih gol dari rival-rivalnya.

Kendati demikian, Shin Tae-yong tak ingin Pasukan Merah Putih terlalu memikirkan produktivitas tim-tim lain. Eks manajer Korea Selatan berharap anak-anak asuhnya dapat berfokus ke diri sendiri agar bisa menampilkan performa maksimal di pertandingan kedua.

“Memang Filipina menang (besar) melawan Brunei, tetapi saya tidak mau melihat hasilnya. Kita hanya fokus ke diri kita agar bisa melakukan permainan yang baik saat menghadapi Brunei,” ujarnya usai memetik kemenangan atas Kamboja di Piala AFF, Jumat (23/12/2022) lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lakukan Rotasi

Demi mendongkrak performa Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyatakan pihaknya melakukan rotasi pemain dalam laga kontra Tebuan. Rachmat Irianto dikabarkan menjadi sosok anyar yang siap mengisi jajaran starting XI Skuad Garuda.

“Rotasi pemain tentu kami lakukan. Apalagi kami baru menjalani satu pertandingan. Yang jelas semua pemain tidak ada masalah,” katanya dalam jumpa pers jelang laga Indonesia vs Brunei Darussalam di Stadion Kuala Lumpur, Minggu (25/12/2022), dikutip dari Antara.

Jika dilihat dari posisinya, Rachmat berpeluang menggeser Jordi Amat. Pemain naturalisasi baru itu memang tampil apik dalam laga debutnya melawan Kamboja, meski harus mendapatkan satu kartu kuning dari wasit.

Tenaga Jordi Amat tentu dibutuhkan saat Timnas Indonesia melakonipertandingan ketiga Grup A Piala AFF melawan juara bertahan Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (29/12/2022).

3 dari 3 halaman

Pemain Depan

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga berencana memberi kesempatan kepada para pemain di lini depan. Pasalnya hingga kini, gol yang dicetak oleh kubu Indonesia bukan berasal dari penggawa depan Skuad Garuda.

Saat menang lawan Kamboja, Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri yang sukses mencatatkan namanya di papan skor. Padahal ada nama Muhammad Rafli dalam daftar 11 pemain inti.

Di sisi lain, Shin Tae-yong juga sempat menurunkan pemain naturalisasi Ilija Spasojevic. Namun, belum satu pun dari antara mereka yang mampu menyumbangkan angka bagi Pasukan Merah Putih.

“Kami akan terus memberikan kesempatan kepada pemain termasuk lini depan yang hingga saat ini belum mencetak gol,” sambungpelatih asal Negeri Ginseng, jelang meldeni Brunei Darussalam di laga kedua Grup A Piala AFF 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.