Sukses

Antoine Griezmann, Pelayan Prancis di Piala Dunia 2022: Bergerak Seperti Hantu dengan Aliran Bola Mematikan

Antoine Grierzmann memainkan peran yang sedikit berbeda di timnas Prancis pada Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Publik boleh saja tersihir oleh kecerdikan Kylian Mbappe. Namun keberhasilan Prancis melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2022 tidak lepas dari pelayanan berkelas dari sosok Antoine Griezmann. Memainkan peran yang sedikit berbeda, pemain Atletico Madrid punya peran yang besar dalam perjalanan Les Bleus. 

Mbappe menyihir lewat ketajamannya. Di Piala Dunia 2022 Qatar, striker Paris Saint Germain (PSG) itu telah mencetak lima gol dan berada di posisi pertama daftar top skor sementara turnamen. Mbappe berhasil mengungguli predator-predator tajam lainnya, termasuk Lionel Messi. 

Berbeda dengan Griezmann. Penyerang Atletico Madrid itu belum menorehkan satu gol pun. Meski demikian, eks pemain timnas Uruguay, Diego Forlan, menganggap Griezmann adalah kunci permainan Prancis. Menurutnya, Griezmann merupakan penghubung yang sempurna dari lini tengah dan depan.

"Dia punya peran yang penting di tim. Dia adalah kunci permainan Prancis," ujarnya kepada  L'Equipe

Puja-puji juga datang dari pemain Elche asal Argentina, Javier Pastore. Bagi Pastore, peregerakan Griezmann seperti hantu: ada di mana-mana. Menurutnya, Griezmann tidak canggung memainkan peran berbeda. Demi negaranya, pemain 31 tahun itu rela meredam naluri mencetak golnya. '

"Griezmann memiliki arahan yang lebih menyerang untuk klubnya dan bermain di area di mana dia diharapkan untuk mencetak gol dan membuat umpan yang menentukan. Sedangkan untuk negaranya, dia melakukan banyak hal, meskipun hal itu tidak terlalu indah untuk ditonton," beber Pastore. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyumbang Assist Terbanyak

Griezmann seperti diketahui bukanlah sosok baru bagi timnas Prancis. Empat tahun lalu, pemain kelahiran Macon, Prancis itu sudah ikut membawa Les Bleus menjuarai Piala Dunia yang berlangsung di Rusia. 

Saat itu, Griezmann dikenal sebagai penyerang tajam dengan 4 gol--termasuk satu di babak final. Tidak hanya tajam, sosok pria berpostur 176 cm itu juga mampu menyumbang 4 assist sepanjang turnamen. 

Layanan berkelas Griezmman masih terlihat di Piala Dunia 2022 lewat umpan-umpannya pada pertandingan melawan Inggris di babak perempat final. Sodoran Girezmann kepada Aurelien Tchouameni mampu berbuah gol pembuka dan umpan silang kepada Olivier Giroud jadi gol penentu kemenangan. 

Torehan ini tidak hanya membantu Prancis merebut tiket ke babak semifinal Piala Dunia 2022. Dua assist yang dipersembahkan di laga itu juga memperkuat statusnya sebagai raja asisst Les Bleus. Selama membela Prancis, dia telah mencatat 28 asisst atau dua assist di atas Zinedine Zidane dan Thierry Henry. 

 

3 dari 4 halaman

Bersinar di Posisi Berbeda

Meski demikian, peran Griezmann sebenarnya jauh berbeda. Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps menempatkannya lebih ke belakangan ketimbang empat tahun lalu. Absennya Paul Pogba dan N'golo Kante membuat mantan pemain timnas Prancis itu memainkan skema empat pemain bertahan di timnya. 

Akibatnya, Griezmann pun digeser sebagai gelandang bersama Tchouameni dan Adrien Rabiot. Sementara di lini depan, Prancis menurunkan Olivier Giroud bersama Mbappe dan Ousmane Dembele. 

Dalam posisi baru yang tidak terlalu menyerang, wajar bila Griezmann belum mencetak gol di Piala Dunia 2022. Peran ini kini lebih dominan terlihat dimainkan oleh Kylian Mbappe dan striker veteran Giroud. Sebaliknya, Griezmann yang bermain lebih mundur dituntut ikut membantu pertahanan Les Bleus.

Awalnya, banyak yang meragukan keputusan Deschamps. Menempatkan pemain yang biasanya berada di belakang striker utama ke tempat yang lebih ke belakang dianggap sebagai langkah beresiko. Namun Griezmann mematahkannya. Di posisi barunya, peran Griezmann justru jauh lebih mematikan.

Meski keran golnya mampet, Griezmann jadi pelayan setia dengan naluri bertahan yang kuat.    

 "Saya cukup bebas dalam menghubungkan pertahanan dan serangan," ujar Griezmann soal peran barunya itu. "Saat kami bertahan, saya harus membantu rekan satu tim saya. Dan ketika kami memiliki bola, saya harus mencoba memainkannya sebaik mungkin," beber mantan pemain Real Sociedad itu. 

"Ini memberi saya lebih banyak pilihan. Secara fisik, saya merasa hebat, dan ketika saya merasa baik, kepala saya juga jauh lebih baik dan lebih mudah untuk terus melakukannya berulang kali." 

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022

Pelayanan Griezmann kembali dibutuhkan Prancis saat bertemu Maroko di semifinal Piala Dunia 2022. Kedua negara dijadwalkan bertemu di Al Bayt Stadium, Qatar, kick off mulai pukul 02.00 WIB. Maroko merupakan kuda hitam yang berhasil membuat keajaiban dengan melangkah ke empat besar. 

Sejak fase grup, Maroko telah menumbangkan tim-tim raksasa seperti Belgia, Spanyol, hingga Portugal. Lalu, seperti apa Griezmann akan memainkan perannya pada pertandingan ini? Jangan lupa menyaksikan duel Prancis vs Maroko secara langsung di SCTV, Indosiar, Nex Parabola, dan Vidio. 

Berikut ini jadwal lengkap semifinal Piala Dunia 2022:

Rabu (14/12/2022)

02.00 WIB: Kroasia Vs Argentina (Lusail Stadium: Live di SCTV, Indosiar, Nex Parabola dan Vidio

 

Kamis (15/12/2022)

02.00 WIB: Prancis vs Maroko (Al Bayt Stadiumm): Live di SCTV, Indosiar, Nex Parabola dan Vidio

 

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.