Sukses

Eks Striker Persib Rayakan Sukses Maroko ke Semifinal Piala Dunia 2022

Rakyat Maroko larut dalam euforia keberhasilan tim nasional sepak bola mereka yang lolos ke semifinal Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Keberhasilan Maroko menorehkan sejarah lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 setelah mengandaskan Portugal 1-0 di Stadion Al Thumama, Sabtu (10/12/2022), dirayakan jutaan rakyatnya. Maroko jadi tim Afrika pertama yang melangkah ke semifinal Piala Dunia.

Salah satunya adalah eks penyerang Persib Bandung, Redouane Barkaoui, yang mengekspresikan rasa bahagia dan bangga terhadap kiprah tim nasional sepak bola negaranya lewat postingan di akun Instagram, @barkaouiredouane.

"Minggu hitam guys. Selamat warga Maroko, Arab, Muslim dan Afrika." tulis Barkaoui sambil mengunggah foto sujud syukur pemain Maroko dan selebrasi kiper Yassine Bounou, tak lama setelah Maroko memastikan kemenangan atas Portugal.

Barkaoui yang sempat membela salah satu klub papan atas Liga Maroko, Raja Casablanca, pertama kali berkarier di Indonesia pada tahun 2006 bersama Persib Bandung hingga 2008.

Dia menjadi salah satu pemain yang diidolakan bobotoh karena kontribusinya untuk tim berjuluk Maung Bandung tersebut, dan terkenal dengan selebrasi tari jaipong.

Setelah meninggalkan Persib pada 2008, Barkaoui sempat berkarier di Malaysia bersama Pahang FA dan kembali ke Indonesia, bergabung dengan Persiwa Wamena, lalu Pelita Jaya dan Persela Lamongan.

Tahun 2011, Barkaoui diketahui memutuskan pulang ke negaranya, Maroko dan bergabung dengan klub kasta kedua, Wydad de Fes.

Sementara rakyat Maroko tumpah ruah merayakan kemenangan Hakim Ziyech Cs atas Portugal di babak 8 besar Piala Dunia 2022. Maroko mengubur mimpi Cristiano Ronaldo lewat gol semata wayang yang diciptakan Youssef En-Nesyri di babak pertama.

Jutaan rakyat Maroko bergembira, seperti terlihat di Kota Rabat. Mereka memenuhi jalan-jalan di ibu kota dan kota-kota di seluruh negara Afrika Utara pada Sabtu, melambai-lambaikan bendera, membunyikan klakson, dan menyalakan flare untuk merayakan kemenangan bersejarah Timnas Maroko atas Portugal di Piala Dunia 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Impian Besar Rakyat Maroko

 

Di ibu kota, Rabat, dipenuhi dengan kegembiraan. Sementara para penggemar Maroko juga merayakannya di jalan-jalan Doha dan di kota-kota di seluruh Eropa, di mana banyak orang Maroko tinggal. Penggemar lain dari Timur Tengah dan Afrika yang mendukung kiprah Singa Atlas juga turut larut dalam bergembira.

"Kami sangat tertekan (sepanjang laga) seolah-olah kami berada di lapangan bersama para pemain, tetapi sekarang kami menginginkan trofi," kata Mohamed Amine, warga yang sedang merayakannya di Rabat dikutip dari Associated Press. "Para pemain, tim ini mengangkat reputasi Maroko di antara negara-negara di dunia."

Kemenangan tersebut membuat suporter Maroko penuh percaya diri untuk beberapa hari ke depan. Mereka kini memimpikan hal lebih besar dicapai Timnas Maroko.

"Saya sangat senang bahkan saya tidak tahu apakah saya bisa mengekspresikan diri saya, tetapi jika kami berada di sini sekarang, saya yakin kami bisa mencapai final," kata Yasmine Benmehredj saat perayaan di ibu kota Maroko. "Saya pikir kami bisa memenangkan Piala Dunia ini."

Di Qatar, ratusan suporter berpakaian hijau dan merah di luar Stadion Al Thumama merayakan kemenangan Maroko. Mereka bernyanyi, bersorak, menabuh genderang dan mengibarkan bendera nasional. Beberapa meneriakkan: “Selamat kepada kami untuk permulaan ini! Itu hanya akan terus berlanjut!

“Ini tidak bisa dipercaya. Ini pertama kalinya,” kata Saleh al-Rayes, seorang penggemar berusia 27 tahun dari Arab Saudi di Doha.

 

3 dari 5 halaman

Bikin Bangga Bangsa Arab dan Afrika

Sebagai orang Arab, al-Rayes mengatakan dia merasakan Maroko telah merepresentasikan bangsa Arab bisa menjadi yang terbaik di sepak bola, cabang olahraga yang selama ini didominasi oleh tim Eropa dan Amerika Selatan.

“Anda datang sebagai underdog dan kemudian Anda menang. Itu kebanggaan Arab,” kata al-Rayes. “Semua negara Arab ada di sini di stadion mendukung Maroko.”

Kiprah fenomenal Maroko di Qatar juga bergema di seluruh Afrika pada hari Sabtu. “Sejarah benua!” tulis Konfederasi Sepak Bola Afrika di Twitter setelah kemenangan Maroko.

“Bersejarah dan fantastis,” tulis Ketua Uni Afrika dan Presiden Senegal, Macky Sall dalam sebuah tweet.

 

4 dari 5 halaman

Susunan Pemain

MAROKO (4-2-3-1): Yassine Bounou; Achraf Hakimi, Jawad El Yamiq, Romain Saiss (Achraf Dari 58), Yahia Attiyat Allah; Azzedine Ounahi, Sofyan Amrabat; Selim Amallah (Walid Cheddira 65), Sofiane Boufal, Hakim Ziyech (Zakaria Aboukhlal 82); Youssef En-Nesyri (Badr Benoun 65)

PORTUGAL (4-3-3): Diogo Costa; Diogo Dalot (Ricardo Horta 80), Ruben Dias, Danilo Pereira, Raphael Guerreiro (Joao Cancelo 51); Otavio (Vitinha 65), Ruben Neves (Cristiano Ronaldo 51), Bruno Fernandes; Bernardo Silva, Joao Felix, Goncalo Ramos (Rafael Leao 69)

 

5 dari 5 halaman

Hasil 8 Besar dan Jadwal Semifinal

Hasil Perempat Final Piala Dunia 2022

Kroasia vs Brasil 1-1 (Bruno Petkovic 117; Neymar 105+1) (4-2 adu penalti)

Belanda vs Argentina 2-2 (Wout Weghorst 83, 90+11; Nahuel Molina 35, Lionel Messi 73-pen) (3-4 adu penalti)

Maroko vs Portugal 1-0 (Youssef En-Nesyri 42)

Inggris vs Prancis 1-2 (Harry Kane 54-pen; Aurelien Tchouameni 17, Olivier Giroud 78)

Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022

Rabu (14/12/2022) pukul 02.00 WIB

Argentina vs Kroasia di Stadion Lusail Iconic (Live SCTV, Indosiar, Nex Parabola, Vidio)

Kamis (15/12/2022) Pukul 02.00 WIB

Prancis vs Maroko di Stadion Al Bayt (Live SCTV, Indosiar, Nex Parabola, Vidio).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.