Sukses

5 Pemain Kunci Portugal Hadapi Perempat Final Piala Dunia 2022: Sulit Melupakan Cristiano Ronaldo

Liputan6.com, Jakarta Portugal sudah mengunci satu tempat di perempat final Piala Dunia 2022. Catatan impresif ini mereka ukir usai mengalahkan Swiss di babak 16 besar.

Sebelumnya, Timnas Portugal sukses menjadi pemuncak klasemen Grup H. Tergabung bersama Ghana, Uruguay, dan Korea Selatan, Os Navegadores mengantongi 2 kemenangan dan 1 kekalahan.

Di babak Grup H, Portugal memenangi laga perdana kontra Ghana. Adapun, skor akhir berkesudahan dengan 3-2.

Tapi, raihan 3 poin Portugal tidak didapatkan dengan enteng. Kedua kesebelasan bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Pada babak kedua, Portugal membuka angka via sepakan penalti Cristiano Ronaldo. Namun, keunggulan mereka tak bertahan lama karena Andre Ayew menyamakan kedudukan.

Tak lama berselang, Portugal kembali unggul via Joao Felix dan disusul Rafael Leao. Kedudukan 3-1.

Saat pertandingan tersisa 10 menit, Ghana memberikan tekanan intens dan mencetak 1 gol satu menit jelang waktu babak kedua rampung. Beruntung, tak ada gol tambahan dan membuat Portugal pulang dengan kemenangan.

Laga kedua juga tak kalah sengit. Saat jumpa Uruguay, lagi-lagi Portugal bermain imbang tanpa gol di babak pertama. Namun nasib baik memihak pada Portugal. Dua gol Brono Fernandes, yang salah satunya lahir via titik putih, berhasil membuat Portugal menang 2-0 di akhir laga.

Celah sempat terlihat di laga ketiga Portugal. Menghadapi Korea Selatan, A Selecao yang sudah mengunci satu tiket ke babak gugur justru kalah 1-2 meski turun degan kekuatan terbaiknya. 

Laju Portugal di Piala Dunia 2022 tak lepas dari sejumlah peran para pemain mereka. Tak bisa semua, memang, namun ada 5 nama yang setidaknya harus mendapat kredit berlebih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Bruno Fernandes

Tak dimungkiri Fernandes menjadi pemain kunci Portugal sepanjang Piala Dunia 2022. Turun sebanyak 3 pertandingan, pemain Man United ini dua kali menjadi pemain terbaik versi WhoScored.

Secara statistik keseluruhan, Fernendes mengantongi niali 8.34 dan tertinggi di antara pemain Portugal lainnya. Adapun rinciannya adalah mencetak 2 gol dan 3 assist.

Lebih dari itu, Fernendes melepaskan 2 sepakan per pertandingan (SpG), melepaskan 2 umpan kunci dan 81 persen umpan sukses untuk penyerangan.

 

3 dari 7 halaman

Diogo Dalot

Dalot memang tak menjadi pilihan utama Fernando Santos di pos bek kanan. Sebab, dari 4 laga yang sudah dijalani Portugal, pemain Man United ini baru turun gelanggang 2 kali.

Namun, statistik mencatat Dalot adalah pemain dengan rating kedua terbaik di antara pemain Portugal lainnya yakni 7.65. Adapun rinciannya adalah 3.5 tekel, 1 blok, 1.5 umpan kunci, saat bertahan.

Saat menyerang, Dalot juga melepaskan 1 assist. Lebih dari itu, kendati beroperasi sebagai bek sayap, peain 23 tahun ini sempat melepaskan 0.5 sepakan percobaan ke gawang.

4 dari 7 halaman

Joao Felix

Felix sudah turun sebanyak 3 pertandingan Portugal di Piala Dunia. Pemain 23 tahun ini memberikan 1 gol dan 2 assist.

Statistik mencatat, Felix adalah pemain ketiga terbaik Portugal sepanjang 243 menit diturunkan. Ponten pemain Atletico Madrid ini menyentuh 7.46.

Felix terbilang ciamik saat menyerang. Dua gol yang diciptakannya berasal dari 2 upaya tembakan ke gawang. Sisanya, Felix memang tak menempati urutan teratas soal umpan terukur 79.2 persen dan 1 umpan kunci.

5 dari 7 halaman

Goncalo Ramos

Semula, Goncalo Ramos mungkin akan menjadi pelapis di Piala Dunia. Namun, saat ditugasi demikian, pemain 21 tahun ini menjawab tantangan dengan baik.

Tercatat, Ramos baru 2 kali diturunkan dan satu di antaranya adalah pemain pengganti. Tapi, dia sudah mencetak 3 gol sejauh ini saat jumpa Swiss.

Atas pencapainnya, Ramos menempati urutan keempat terbaik di skuat Portugal. Adapun, rating pemain Benfica ini adalah 7.36.

Pergerakan Ramos di lapangan terbilang efektif. Sebab, dari 2 laga yang dilaluinya, dia melepaskan 2 sepakan ke gawang dan berujung gol serta 1 assist.

6 dari 7 halaman

Cristiano Ronaldo

Sulit untuk menepikan Cristano Ronaldo. Sebab, perannya sebagai kapten Portugal jadi alasan sentral untuk memasukkan namanya.

Bicara statistik, pemain 37 tahun ini sudah bermain sebanyak 3 laga dengan raihan 1 gol. Untuk rating, eks pemain Man United ini tak masuk 5 besar dan hanya ada di urutan 19 dengan ponten 6.29.

Adapun secara permainan, Ronaldo melepaskan 2.5 upaya tembakan ke gawang dan 0.5 umpan kunci berujung gol.

 

7 dari 7 halaman

Jadwal Portugal di Piala Dunia 2022

Melaju ke babak perempat final, Portugal dijadwalkan bentrok dengan Maroko. Duel Maroko vs Portugal akan tersaji di Al Thumamam Stadium pada Sabtu (10/12) pukul 22:00 WIB dan dapat disaksikan dengan mengeklik tautan berikut ini.

Laga Maroko vs Portugal dapat disaksikan melalui siaran langsung di berbagai platform EMTEK, mulai dari saluran televisi SCTV dan Moji, aplikasi OTT Vidio, hingga jaringan TV satelit Nex Parabola. Untuk jadwal lengkap pertandingan Piala Dunia lainnya bisa diperoleh di link berikut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS