Sukses

Bek Juventus Patahkan Tabu Timnas Brasil di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta- Bek Juventus Gleison Bremer baru tampil satu kali bersama timnas Brasil di Piala Dunia 2022. Namun Bremer langsung memecahkan tabu tim Samba dalam sejarah Piala Dunia pada kesempatan pertamanya main sebagai starter.

Bremer baru dipanggil timnas Brasil pada akhir 2022. Eks pemain Torino itu bahkan baru debut di laga uji coba sebelum Piala Dunia Qatar berlangsung. Bremer debut kala melawan Ghana 23 September lalu.

Di Piala Dunia 2022, Bremer menjadi pilihan keempat di bek tengah. Dia kalah bersaing dengan Thiago Silva, Marquinhos dan Eder Militao. Pelatih Brasil Tite baru memberikan kesempatan Bremer main di Piala Dunia 2022 saat melawan Kamerun.

Bremer langsung dimainkan sebagai starter pada laga yang sudah tidak menentukan lagi karena Brasil sudah pasti lolos ke 16 besar. Sayangnya debut starter Bremer berakhir buruk, Brasil kalah 0-1 dari Kamerun.

Meski demikian Bremer berhasil masuk buku sejarah. Dia memecahkan tabu timnas Brasil di Piala Dunia dengan turun memakai nomor punggung 24. Selama ini tidak pernah ada pemain Brasil yang memakai nomor punggung 24 saat mentas di Piala Dunia.

Bremer mendapat nomor punggung 24 sebelum Piala Dunia 2022 dimulai. Namun tidak seperti pemain lainnya, dia sama sekali tidak menolak atau meminta nomor punggungnya diganti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tak Mau Pakai No 24

Selama ini pemain-pemain Brasil selalu menghindari memakai nomor 24. Di Copa Amerika tahun lalu, Brasil menjadi satu-satunya tim peserta yang tidak memiliki pemakai nomor 24.

Pada Piala Dunia sebelum-sebelumnya, nomor 24 bisa tidak dipakai karena jumlah skuad yang dibawa hanya 23 pemain. Baru di Piala Dunia 2022, jumlah pemain yang dibawa boleh membawa 26 pemain. Faktor Covid-19 menjadi pengecualian.

3 dari 4 halaman

Sejarah 24

Angka 24 selama ini haram dipakai karena kerap dikaitkan dengan gay atau homoseksual. Latar belakangnya karena permainan judi ilegal Brasil Jogo do Bicho. Dalam permainan tersebut hewan-hewan diasosiasikan dengan setiap angka. Dan angka 24 adalah hewan rusa. Dalam bahasa Portugis rusa adalah veado.

Selama ini di Brasil, hewan rusa kerap dikaitkan dengan kaim gay. Bahkan saat parade komunitas gay di Rio de Janeiro, jersey raksasa timnas Brasil dengan nomor 24 juta dipajang.

Bremer punya alasan berani mendobrak tabu di timnas Brasil. Dia mengaku tak peduli dengan nomor 24. Yang terpenting baginya bisa merasakan ikut Piala Dunia bersama Brasil.

4 dari 4 halaman

Komentar

“Bagi saya, ini adalah seragam seperti yang lain, yang terpenting adalah berada di Piala Dunia. Nomor tidak jadi masalah," tegas Bremer seperti dikutip dari Football Italia.

Yang luar biasa, tabu pemakaian jersey nomor 24 di timnas Brasil justru dipecahkan di Qatar. Selama ini Qatar melarang seks sesama jenis.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS