Sukses

Laga Bersejarah Messi di Piala Dunia 2022, Lewati Maradona di Pertandingan ke-1.000

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi menorehkan sejarah di Piala Dunia 2022 Qatar saat Argentina menang lawan Australia 2-1 di Stadion Ahmad bin Ali, Minggu (4/12/2022). Peraih 7 Ballon d'Or ini mencatatkan laga ke-1.000 sepanjang kariernya dan mencetak gol yang melewati rekor Diego Maradona.

Messi yang saat ini berusia 35 tahun mencetak satu gol kemenangan Argentina saat melawan Australia di Piala Dunia 2022 Qatar. Ini merupakan gol ketiga Messi sepanjang Piala Dunia 2022 Qatar, 2 gol lainnya dibuat pada babak penyisihan grup.

Gol Messi berkontribusi mengantarkan Argentina ke babak persempat final Piala Dunia 2022 Qatar. Messi pun masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak kedua Argentina di Piala Dunia dengan koleksi 9 gol.

“Saya mengetahui hari ini adalah pertandingan ke-1.000. Saya menikmati apa yang kami lalui dan saya senang maju satu langkah lagi, untuk lolos ke perempat final,” kata Messi kepada @Argentina.

Jumlah gol Messi melampaui legenda Argentina Diego Maradona dan Guillermo Stabile, yang mencetak 8 gol untuk Argentina di Piala Dunia. Messi hanya kalah dari Gabriel Batistuta yang membukukan 10 dalam 12 penampilan bersama Argentina di Piala Dunia antara 1994 dan 2002.

Messi juga melewati rekor Maradona setelah mencatatkan 100 kali menjadi kapten Argentina. Messi yang sudah 22 kali tampil di Piala Dunia, melampaui catatan Maradona yang tampil 21 kali di 4 Piala Dunia.

Messi, yang dinobatkan sebagai Man of the Match, telah mencetak total 94 gol internasional untuk Argentina, termasuk sembilan di Piala Dunia. Messi telah membukukan total 169 penampilan internasional untuk Argentina.

Messi menjadi pesepakbola Amerika Selatan dengan penampilan terbanyak sepanjang masa, melampaui rekor yang dibuat oleh Ivan Hurtado dari Ekuador sebanyak 168 kali. Di semua kompetisi untuk klub dan negara, Messi mencatatkan 789 gol dan 338 assist yang luar biasa dalam 1.000 pertandingan sejak debut profesionalnya bersama Barcelona pada tahun 2003.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Argentina Bertemu Musuh Bebuyutan

Pada babak perempat final, Argentina sudah ditunggu Belanda, salah satu musuh bebuyutan mereka di Piala Dunia. La Albiceleste dan De Oranje sudah 5 kali berhadapan di ajang Piala Dunia sejak tahun 1974 hingga 2014.

Dalam 5 pertemuan di ajang Piala Dunia Argentina mencatatkan 2 kali menang, sekali imbang, dan 2 kali kalah melawan Belanda. Kemenangan La Albiceleste paling fenomenal ketika jadi tuan rumah Piala Dunia 1978, pada babak mengalahkan Belanda yang difavoritkan juara 3-1 di Stadion Monumental, Buenos Aires.

Kekalahan menyakitkan Argentina dari Belanda terjadi pada babak perempat final Piala Dunia 1998 di Prancis. Argentina takluk dari Belanda 1-2, melalui gol spaktakluer Dennis Bergkamp pada menit ke-90.

Pada pertamuan terakhir di babak semifinal Piala Dunia 2014 Brasil, Argentina bermain imbang melawan Belanda tanpa gol selama 90 menit. Argentina akhirnya melaju ke babak final setelah menang dalam adu penalti yang berakhir dengan skor 4-2.

Jadi pertemuan Argentina dan Belanda pada babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar, menjadi laga penuh emosional. Apalagi pasukan Lionel Scaloni lebih diunggulkan dengan adanya sosok Lionel Messi dalam tim.

“Ini akan menjadi pertandingan yang sangat indah, dengan dua tim bersejarah. Sedihnya satu tim harus kalah dan kami berharap kamilah yang lolos,” kata Scaloni dalam konferensi pers setelah kemenangan timnya di babak 16 besar atas Australia.

Scaloni yang berusia 44 tahun mengaku sejak awal bermain menjadi pengagum pelatih Belanda Louis van Gaal yang kini memasuki usia 71 tahun. “Dia seorang yang terkemuka. Merupakan momen yang membanggakan untuk menghadapinya,” ujarnya.

3 dari 4 halaman

Sejarah Pertemuan Argentina vs Belanda

Piala Dunia 1974, Jerman Barat

Belanda menghancurkan Argentina di fase grup kedua Piala Dunia ini, dengan Johan Cruyff mencetak dua gol dalam kemenangan 4-0.

 

Piala Dunia 1978, Argentina

Pada final Piala Dunia 1978 Argentina yang dimotori peraih Sepatu Emas Mario Kempes menang lawan Belanda 3-1.

 

Piala Dunia 1998, Prancis

Dennis Bergkamp mencetak salah satu gol ikonik dalam sejarah Piala Dunia pada menit ke-90 saat Belanda menang 2-1 di perempat final. Sayangnya, Belanda tersingkir di semifinal setelah kalah adu penalti dari Brasil.

 

Piala Dunia 2006, Jerman

Argentina dan Belanda bermain imbang pada babak penyisihan Grup C Piala Dunia 2006 sehingga keduanya lolos ke babak 16 besar.

 

Piala Dunia 2014, Brasil

Argentina menang lawan Belanda dalam drama adu penalti di babak semifinal menyusul hasil imbang 0-0 di Sao Paulo. Sayang, Lionel Messi kalah dari Jerman di babak final.

4 dari 4 halaman

Tim yang Lolos ke Perempat Final

Tim Lolos

- Belanda

- Argentina

 

Tim yang Masih Berjuang

- Jepang

- Kroasia

- Brasil

- Korea Selatan

- Inggris

- Senegal

- Prancis

- Polandia

- Maroko

- Spanyol

- Portugal

- Swiss

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS