Sukses

Enam Atlet Pelatnas Bokator Ikut Berlaga di Ajang Bela Diri Tarung Bebas Duel X

Liputan6.com, Jakarta Ajang bela diri tarung bebas Duel X (sepuluh) kembali akan digelar di Kota Bandung. Rencananya, gelaran yang diinisiasi klub bela diri Bandung Fighter Club (BFC) berlangsung di GOR Pajajaran, Minggu (4/12/2022).

Sebanyak 92 atlet amatir dan 20 atlet profesional yang ikut ambil bagian di event ini. Dalam Duel X ini, ada dua nomor yang dipertandingkan. Nomor pertama adalah pencak silat bebas Indonesia untuk kelas amatir dan profesional. Satu nomor lainnya adalah MMA profesional.

Ketua BFC Edwin Senjaya menjelaskan alasan diselenggarakannya Duel edisi kesepuluh ini. Dia menyebut event kali ini lebih fokus pada pencak silat bebas.

"Kita memang mau mengembangkan selain bela diri MMA yang sudah dikenal. Kita juga ingin mengangkat warisan seni budaya dari kita sendiri yaitu pencak silat yang selama ini lebih diketahui sebagai seni tradisi dan pertandingan diselenggarakan secara amatir, kini kita selenggarakan secara profesional," ujar Edwin Senjaya saat diwawancara oleh wartawan di Hotel D'rain, Sabtu (3/12).

Edwin menyebut event ini digelar sebagai upaya agar pencak silat bisa dikenal lebih luas. Dia berharap dengan diadakannya acara ini, pencak silat bisa mengikuti cabor karate, kick boxing, wushu sanda dan sambo yang digelar baik secara amatir maupun profesional.

"Tujuannya apa, supaya pencak silat ini betul-betul bisa dikenal luas dan masuk ke arena pertarungan bebas. Karena apa, karena cabor yang lainnya sudah melakukan itu semua. Jadi para atlet kita dari berbagai perguruan, sasana bisa ikut terjun di pencak silat bebas profesional ini," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cabor Bokator

Ajang Duel X ini juga akan diikuti petarung dari BFC yang juga tergabung di pelatnas cabor bokator. Ini adalah cabang olahraga bela diri yang berasal dari Kamboja dan akan pertama kali dipertandingan di SEA Games 2023 nanti.

"Kebetulan juga atlet-atlet kami dari BFC yang tampil di Duel X ini mereka adalah atlet-atlet dari pelatnas SEA Games bokator. Jadi Indonesia sedang mempersiapkan atlet-atlet yang akan tampil di SEA Games nanti untuk turun di cabang bela diri bokator," tutur Edwin.

"Kita berharap, event ini bisa digunakan untuk mengasah kemampuan mereka menghadapi SEA Games 2023. Dari BFC yang masuk ke pelatnas itu kalau tidak salah ada enam. Yudi, Selvi, Kamal, Ade Permana, Dede, Miftahul Jannah, Semua ada enam," lanjut dia.

3 dari 3 halaman

Petarung Terbaik

Lebih lanjut, lima petarung terbaik dari Duel X mendapat kesempatan untuk tampil di ajang One Pride. Dikatakan oleh Edwin bahwa memang sudah ada kerjasama yang terjalin antara kedua belah pihak. Menurutnya ini jadi kesempatan bagus bagi atlet muda untuk meraih prestasi lebih tinggi.

"Lalu untuk Duel X ini kita bekerja sama dengan One Pride, alhamdulillah kita menggunakan tagline road to One Pride karena dari event ini, lima petarung terbaik akan dipilih dan mereka otomatis mendapat tiket untuk tampil di event One Pride. Ini satu kesempatan saya kira untuk para atlet muda yang memang ingin mengembangkan prestasinya di arena tarung bebas MMA maupun silat bebas profesional," tandas Edwin Senjaya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS