Sukses

Argentina Tekuk Polandia di Piala Dunia 2022, Robert Lewandowski: Ini Kekalahan Menyenangkan

Liputan6.com, Jakarta Robert Lewandowski tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya usai pertandingan melawan Argentina, Kamis (1/12/2022). Padahal pada laga penutup Grup C Piala Dunia 2022 itu, Polandi kalah 0-2.

Lewandowski sama sekali tak berkutik dalam duel ini. Alih-alih menambah pundi-pundinya di Piala Dunia, pemain Barcelona itu sama sekali tidak sanggup melepaskan satupun tembakan ke gawang.

Polandia akhirnya menyerah setelah Alexis Mac Allister dan Julian Alvarez memaksa W Szczesny memungut bola dari gawangnnya. Polandia bahkan bisa saja kebobolan lebih banyak kalau Szczesny tidak cekatan membendung penalti Lionel Messi pada menit ke-38.

Lewandowski sangat kecewa dengan kekalahan ini. Namun masih bisa tersenyum lebar karena Polandia tetap melaju ke babak 16 besar Piala Duni 2022. Polandia berhasil mengunci posisi runner up grup C setelah Meksiko hanya berhasil menang 2-1 atas Arab Saudi.

Polandia dan Meksiko sama-sama mengemas 4 poin. Hanya saja, Meksiko kalah selisih gol sehingga finis di urutan ketiga.

Lewandowski awalnya tidak menyadari hal ini. Raut wajahnya tampak tegang setelah wasit meniup peluit panjang. Namun kegelisahan itu langsung sirna saat dia mengetahui timnya lolos ke 16 besar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Komentar Lewandowski

"Boleh dikatakan ini adalah kekalahan yang menyenangkan," kata Lewandowski usai pertandingan seperti dilansir ari APnews.

"Saya sama sekali tidak senang dengan cara kami bermain. Kami juga tidak bisa senang dengan jalannya permainan," bebernya.

Bertanding di Stadion 974, Polandia tampak tertekan sejak awal pertandingan. Argentina yang tampil agresif terus mengurung pertahanan tim besutan Czesław Michniewicz tersebut.

Sepanjang pertandingan Argentina melepas 24 tembakan ke arah gawang di mana 13 di antaranya mengarah ke target. Sebaliknya, Polandia hanya melepas 3 tembakan yang seluruhnya di luar target.

"Kami tidak mau mengambil resiko dan Anda tahu kami mencapai hasil kami karena sudah lolos ke babak berikutnya. Meskipun kami kalah, kami masih bisa bergembira," ujar Lewandowski tersenyum.

 

3 dari 4 halaman

Pecah Telur

Lewandowski pertama kali tampil di Piala Dunia pada 2018 lalu. Namun turnamen empat tahunan itu sepertinya tidak berjodoh dengannya. Di Rusia, Lewandowski sama sekali gagal mencetak gol. Polandia sendiri tersingkir setelah finis di dasar klasemen.

Pada Piala Dunia di Qatar tahun ini, Lewandowski akhirnya pecah telur. Dia berhasil mencatatkan namanya di papan skor saat bertemu Arab Saudi di laga kedua Grup C. Saat itu, Polandia menang 2-0 dan Lewandowski ikut menyumbang gol pada menit ke-82.

 

4 dari 4 halaman

Butuh Dukungan

Perjalanan Polandia semakin terjal di babak 16 besar. Pada fase knock out nanti, Polandia akan berhadapan dengan juara bertahan Prancis di Stadion Al Thumama, Minggu 4 Desember 2022. Pelatih Polandia, Michniewicz pun berharap Robert Lewandowski bisa mendpat lebih banyak dukungan pada pertandingan ini.

"Saya tidak menyerang siapa pun dari tim, tetapi kami tidak membantunya mencetak gol,” kata Michniewicz.

"Jika (Lionel) Messi bermain untuk kami dan Robert bermain untuk Argentina, Robert akan mencetak lima gol. Robert membutuhkan bantuan dan pertandingan dimainkan di wilayah kami. Ada begitu banyak pemain yang mengepungnya,” beber Michniewicz.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS