Sukses

Prediksi Susunan Pemain Laga Piala Dunia 2022 Kosta Rika vs Jerman: Tim Panser Incar Gol Cepat

Liputan6.com, Jakarta Duel hidup mati tersaji di Stadion Al Bayt, Kota Al Khor, pada Jumat (2/12/2022) dini hari WIB, saat Jerman menghadapi Kosta Rika dalam laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022.

Pertandingan Kosta Rika vs Jerman dapat disaksikan melalui siaran streaming di aplikasi OTT Vidio pada Jumat (2/12/2022) dini hari, mulai pukul 02.00 WIB. Adapun jadwal lengkap pertandingan lainnya bisa diperoleh di link berikut.

Pelatih Jerman, Hansi Flick, ingin anak asuhnya langsung tancap gas sejak awal dan mengincar gol cepat. Eks pelatih Bayern Munchen itu, berharap rencana tersebut jadi kenyataan.

Selain memberikan tekanan kepada Kosta Rika untuk bermain lebih terbuka, dengan mencetak gol cepat, Hansi Flick berpikir juga akan memberikan tekanan kepada Jepang yang di waktu bersamaan menghadapi Spanyol.

"Kami ingin mengakhiri pertandingan lebih awal untuk menambah tekanan pada pertandingan grup lainnya (Jepang vs Spanyol)," katanya dalam konferensi pers jelang pertandingan dikutip dari The Hindu.

"Mereka (Kosta Rika) kemungkinan besar akan bertahan. Kami perlu melakukannya dan kami harus memiliki sikap yang kami tunjukkan seperti saat melawan Spanyol."

Sementara pelatih Kosta Rika, Luis Fernando Suarez, meyakini tekanan lebih besar ada di kubu Jerman. Yang diperlukan, Los Ticos menurut pelatih 62 tahun itu, adalah mempersiapkan dan memastikan segalanya di lapangan efektif mematahkan segala upaya Jerman.

Luis Suarez berangan-angan, Kosta Rika yang dihancurkan Spanyol 0-7 di laga pertama, bisa menciptakan salah satu kejutan terbesar dalam sejarah turnamen, dengan cara menyingkirkan Jerman dan lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022.

"Kami harus kuat secara emosional dan melepaskan beban kami dalam pertandingan ini. Tentu saja, jika Jerman tersingkir, itu akan menjadi kejutan besar dan kami akan bangga untuk pencapaian itu," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

Pahlawan Jerman saat menyelamatkan tim Panser dari kekalahan melawan Spanyol, Niclas Fullkurg, berpeluang turun sejak awal. Penyerang Werder Bremen itu, menunjukkan bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah di lini depan Jerman.

Sementara Kosta Rika diprediksi tidak akan melakukan perubahan berarti dalam komposisi pemain inti. Keysher Fuller yang jadi penentu kemenangan atas Jepang, cukup siap kembali dimainkan.

Berikut prediksi susunan pemain Kosta Rika vs Jerman:

KOSTA RIKA: Keylor Navas (kiper); Keysher Fuller, Oscar Duarte, Juan Pablo Vargas, Kendall Watson, Bryan Oviedo; Gerson Torres, Celso Borges, Yeltsin Tejeda, Joel Campbell; Anthony Contreras

Pelatih: Luis Fernando Suarez (Kolombia)

JERMAN: Manuel Neuer (kiper); Lukas Klostermann, Niklas Sule, Antonio Rudiger, David Raum; Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan; Serge Gnabry, Jamal Musiala, Leroy Sane; Niclas Fullkrug.

Pelatih: Hansi Flick

 

3 dari 5 halaman

Head to Head

Kosta Rika dan Jerman baru sekali bertemu dalam laga internasional, tepatnya di babak grup Piala Dunia 2006. Jerman menang dengan skor 4-2 dalam laga yang digelar di Stadion Allianz Arena.

Rekor Pertemuan

09/06/2006 Jerman vs Kosta Rika 4-2 (Piala Dunia)

5 Pertandingan Terakhir Kosta Rika

23/09/22 Korea Selatan vs Kosta Rika 2-2 (Friendly)

27/09/2022 Uzbekistan vs Kosta Rika 1-2 (Friendly)

10/11/2022 Kosta Rika vs Nigeria 2-0 (Friendly)

23/11/2022 Spanyol vs Kosta Rika 7-0 (Piala Dunia)

27/11/2022 Jepang vs Kosta Rika 0-1 (Piala Dunia)

5 Pertandingan Terakhir Jerman

24/09/2022 Jerman vs Hungaria 0-1 (UNL)

27/09/2022 Inggris vs Jerman 3-3 (UNL)

17/11/2022 Oman vs Jerman 0-1 (Friendly)

23/11/2022 Jerman vs Jepang 1-2 (Piala Dunia)

28/11/2022 Spanyol vs Jerman 1-1 (Piala Dunia)

 

4 dari 5 halaman

Utak Atik Peluang Jerman dan Kosta Rika

Jerman dan Kosta Rika harus bisa memenuhi sejumlah syarat untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Jerman wajib menang lawan Kosta Rika agar punya peluang.

Jerman akan lolos ke babak 16 Besar jika menang dan Spanyol kalahkan Jepang. Jerman akan finis di posisi kedua dengan empat poin.

Jika Jerman menang dan Spanyol kalah, kedua tim punya poin sama yakni 4. Jerman kalah selisih gol (+7 dibanding -1) dan harus membalikkan situasi itu.

Jika Jerman menang dan Jepang vs Spanyol imbang, maka poin Jerman dan Jepang akan sama yakni 4. Posisi klasemen akan dihitung berdasar kriteria di atas.Jerman gagal lolos ke babak 16 Besar jika kalah atau imbang lawan Kosta Rika.

Sementara Kosta Rika juga harus memilih opsi menang untuk mengamankan tempat di babak 16 besar. Bahkan, bisa saja jadi juara grup jika menang dan laga Jepang vs Spanyol berakhir seri.

Jika Kosta Rika dan Jepang menang, kedua tim akan lolos ke babak 16 Besar dan posisi puncak klasemen dihitung berdasar regulasi FIFA.

Jika Kosta Rika seri lawan Jerman: mereka hanya bisa lolos jika laga Jepang kalah dari Spanyol. Jika Jepang menang, kecil kemungkinan Kosta Rika lolos karena kalah selisih gol dengan Spanyol. Dan bila Jepang vs Spanyol imbang, Kosta Rika dipastikan gagal ke 16 Besar.

 

5 dari 5 halaman

Regulasi Penentuan Peringkat

Aturan FIFA terkait penentuan peringkat jika ada dua tim atau lebih dengan poin yang sama sebagai berikut:

1. Selisih gol grup secara keseluruhan

2. Gol yang dicetak

3. Hasil head to head

4. Selisih gol pada semua laga tim yang punya poinnya sama.

5. Gol yang dicetak pada semua pertandingan tim yang poinnya masih sama

6. Poin fair play

7. Undian.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS