Sukses

Jadwal Siaran Langsung Piala Dunia 2022 Kosta Rika vs Jerman: Tim Panser dalam Tekanan

Liputan6.com, Jakarta Juara dunia empat kali, Jerman, dalam posisi terjepit. Tim Panser hanya punya satu pilihan, wajib mengalahkan Kosta Rika dalam pertandingan terakhir Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, kota Al Khor, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

Laga Piala Dunia 2022 Kosta Rika vs Jerman dapat disaksikan melalui siaran streaming di aplikasi OTT Vidio pada Jumat (2/12/2022) dini hari, mulai pukul 02.00 WIB. Adapun jadwal lengkap pertandingan lainnya bisa diperoleh di link berikut.

Grup E Piala Dunia 2022 jadi neraka untuk Jerman yang terancam bernasib tragis seperti empat tahun lalu di Rusia 2018, ketika mereka harus tersingkir di babak awal, pertama kali sejak Piala Dunia 1938.

Jerman menempati posisi buncit di klasemen Grup E setelah takluk 1-2 dari Jepang, dan cukup beruntung meraih 1 poin saat berhadapan dengan Spanyol berkat gol telat pemain pengganti, Niclas Fullkrug.

Sementara Los Ticos, julukan Kosta Rika, setelah dibantai Spanyol 0-7, empertahankan harapan mereka untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan Jepang 1-0 di laga kedua, berkat gol menit ke-81 dari Keysher Fuller.

Pertandingan kontra Kosta Rika akan menjadi ujian mental untuk skuad Jerman dan bagi Hansi Flick merupakan pertaruhan reputasinya sebagai pelatih. Tetapi dia sudah menegaskan tidak akan mundur dari posisinya di tim Panser apa pun hasil yang diraih di Piala Dunia.

Eks pelatih Bayern Munchen itu, memastikan dia sangat ingin memimpin Jerman ketika menjadi tuan rumah putaran final Euro 2024. Hansi Flick, mengambil alih posisi pelatih Jerman dari Joachim Loew pada tahun 2021.

Joachim Loew memimpin Jerman selama 15 tahun, dengan menghasilkan 1 gelar juara Piala Dunia 2014, di mana Hansi Flick berada di sisinya sebagai asisten pelatih.

"Saya dapat memastikannya (saya akan bertahan) dari pihak saya, tetapi saya memiliki kontrak hingga 2024 dan saya menantikan Euro kandang (pada 2024) tetapi masih lama sampai saat itu," katanya dalam konferensi pers jelang laga kontra Kosta Rika, dikutip dari The Hindu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Ingin Mengulang Pencapaian 2014

Memori indah Piala Dunia 2014 di Brasil, tidak hanya jadi milik Jerman, Kosta Rika juga masih merasakan momen indah saat turnamen digelar di Brasil ketika mereka melaju hingga perempat final, sebelum dikalahkan Belanda lewat adu penalti. Itu adalah pencapaian terbaik Kosta Rika di Piala Dunia.

Beberapa pemain dari anggota skuad Kosta Rika di Piala Dunia 2014, masih ada. Seperti Keylor Navas, Joel Campbell, Celso Borges, Yeltsin Tejeda dan Bryan Ruiz.

Kenangan di Piala Dunia 2014 coba diulang Kosta Rika. Setelah sempat hancur karena Spanyol, keyakinan itu, mengapung setelah mereka mengandaskan Jepang 1-0 yang membuka harapan mereka melaju ke 16 besar Piala Dunia 2022.

"Delapan tahun telah berlalu dan para pemain telah berubah. Tetapi Anda memiliki kenangan indah," kata Suarez, pelatih asal Kolombia berusia 62 tahun lalu.

"Mungkin karena gen orang Kosta Rika. Ketika mereka mencapai Piala Dunia, mereka melakukan hal yang berbeda dan mereka bermain dengan baik. Saya tidak hanya berbicara tentang 2014 di Brasil, saya pikir juga di Italia 1990 mereka mencapai babak 16 besar ketika tidak ada yang percaya pada mereka."

Satu hal yang membuat Kosta Rika diuntungkan dibandingkan Jerman adalah posisi mereka sebagai kuda hitam dan Suarez menyadari tekanan yang dirasakan pemain Jerman lebih besar dibandingkan Kosta Rika. "Mereka (skuad Kosta Rika) tidak pernah menjadi favorit, itu bagus," ungkapnya.

 

3 dari 5 halaman

Utak Atik Peluang Jerman

Jerman dan Kosta Rika harus bisa memenuhi sejumlah syarat untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Jerman wajib menang lawan Kosta Rika agar punya peluang.

Jerman akan lolos ke babak 16 Besar jika menang dan Spanyol kalahkan Jepang. Jerman akan finis di posisi kedua dengan empat poin.

Jika Jerman menang dan Spanyol kalah, kedua tim punya poin sama yakni 4. Jerman kalah selisih gol (+7 dibanding -1) dan harus membalikkan situasi itu.

Jika Jerman menang dan Jepang vs Spanyol imbang, maka poin Jerman dan Jepang akan sama yakni 4. Posisi klasemen akan dihitung berdasar kriteria di atas.Jerman gagal lolos ke babak 16 Besar jika kalah atau imbang lawan Kosta Rika.

 

4 dari 5 halaman

Menghitung Kans Kosta Rika

Sementara Kosta Rika juga harus memilih opsi menang untuk mengamankan tempat di babak 16 besar. Bahkan, bisa saja jadi juara grup jika menang dan laga Jepang vs Spanyol berakhir seri.

Jika Kosta Rika dan Jepang menang, kedua tim akan lolos ke babak 16 Besar dan posisi puncak klasemen dihitung berdasar regulasi FIFA.

Jika Kosta Rika seri lawan Jerman: mereka hanya bisa lolos jika laga Jepang kalah dari Spanyol. Jika Jepang menang, kecil kemungkinan Kosta Rika lolos karena kalah selisih gol dengan Spanyol. Dan bila Jepang vs Spanyol imbang, Kosta Rika dipastikan gagal ke 16 Besar.

 

5 dari 5 halaman

Regulasi Penentuan Peringkat

Aturan FIFA terkait penentuan peringkat jika ada dua tim atau lebih dengan poin yang sama sebagai berikut:

1. Selisih gol grup secara keseluruhan

2. Gol yang dicetak

3. Hasil head to head

4. Selisih gol pada semua laga tim yang punya poinnya sama.

5. Gol yang dicetak pada semua pertandingan tim yang poinnya masih sama

6. Poin fair play

7. Undian.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS