Sukses

Jadwal Siaran Langsung Seluruh Pertandingan Piala Dunia 2022 29 dan 30 November di Vidio

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan Piala Dunia 2022 semakin panas. Ada beberapa negara yang sudah memastikan lolos ke fase knock out 16 besar berkat dua kemenangan yaitu Brasil dan Portugal.

Brasil memastikan lolos ke 16 besar Piala Dunia Qatar usai kalahkan Swiss 1-0. Gol penentu kemenangan Brasil dicetak oleh Casemiro usai manfaatkan umpan Rodrygo Goes di menit ke-83.

Ini bukan kemenangan mudah bagi Selecao. Soalnya, Brasil beberapa kali mendapatkan peluang bahkan sempat mencetak gol lewat Vinicius Jr. Namun gol Vinicius dianggap sudah offisde.

Portugal pun sukses melaju ke fase berikutnya usai kalahkan Uruguay 2-0. Gelandang MU Bruno Fernandes menjadi bintang usai mencetak gol di menit ke-53 dan 90+3.

Brasil dan Portugal sama-sama mengoleksi 6 poin, poin yang sudah aman untuk melaju ke fase berikutnya. Keduanya masih punya satu pertandingan terakhir di grup G dan H untuk memastikan posisi puncak klasemen.

Selain dua negara, ada juga laga penentuan yang akan berlangsung mulai sore nanti di grup A dan B. Duel penentuan ini semuanya ditayangkan oleh Vidio.

Dapatkan jadwal lengkap pertandingan Piala Dunia Qatar hari ini di halaman berikutnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Sisa 3 Negara

Brasil bisa mencoret Swiss dari daftar buruan mereka. Kini hanya tiga nama tersisa yang belum ditaklukkan.

Selecao ternyata masih memiliki noda dalam rapor Piala Dunia, meski berstatus tim tersukses sepanjang sejarah dengan torehan lima gelar.

Dari total puluhan tim yang sudah dihadapi di turnamen, ada beberapa nama yang selamat dari kualitas mereka dan terhindari kekalahan. Swiss masuk kategori itu sebelum duel Grup G Piala Dunia 2022 di Stadion 974, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB.

Sebelumnya Brasil sudah bertemu Swiss dua kali di turnamen akbar sepak bola dan seluruhnya berakhir imbang, yakni 2-2 (1950) dan 1-1 (2018). Namun, Selecao akhirnya memasukkan Swiss ke dalam daftar korban berkat gol tunggal Casemiro pada menit ke-83).

Masih ada tiga nama lain yang bisa menghindari hasil minor saat bertemu Brasil di Piala Dunia.

Hungari memiliki rekor paling mentereng. Mereka mampu memenangkan dua duel kontra Selecao pada edisi 1954 (2-4) dan 1966 (1-3).

Rekor inegatif tu diderita ketika Hungaria memiliki generasi emas beberapa dekade silam. Jika bertemu sekarang, Brasil semestinya tidak kesulitan meraih kemenangan.

Masalahnya, mereka harus menunggu Hungaria untuk lolos Piala Dunia. Terakhir kali Hungaria berpartisipasi pada 1986. Selain itu, belum juga ada jaminan mereka bakal bertemu di turnamen.

Norwegia dan Portugal adalah dua tim lain yang sukses menghindari kekalahan dari Brasil di Piala Dunia. Norwegia memenangkan satu-satunya pertemuan pada edisi 1998 dengan skor 2-1. Seperti Hungaria, Brasil masih menanti kembalinya negara Viking itu ke turnamen terakbar.

 

3 dari 5 halaman

Man of The Match Portugal vs Uruguay

Cristiano Ronaldo gagal menunjukkan sinarnya pada laga kedua Grup H Piala Dunia 2022 Qatar antara Portugal melawan Uruguay di Lusail Iconic Stadium, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB.

Portugal berhasil meraih kemenangan 2-0 sekaligus memastikan tempat di babak 16 besar. Adalah Bruno Fernandes yang menjadi pahlawan pada laga ini.

Gelandang Manchester United tersebut memborong dua gol Portugal sekaligus membuatnya menjadi Man of the Match pada laga itu.

Khusus untuk gol pertama, pada awalnya sempat tercatat atas nama Cristiano Ronaldo yang membuatnya sejajar dengan pencetak gol terbanyak Portugal di Piala Dunia Eusebio (9 gol).

Namun, meski sang striker bintang mengisyaratkan bahwa ia melakukan sentuhan akhir, tayangan ulang menunjukkan bahwa kapten Portugal itu, tidak menyentuhnya dan gol tersebut diberikan kepada Fernandes.

Gol kedua Fernandes, kemudian tercipta melalui tendangan penalti. Gol tersebut sekaligus mengubur ambisi Uruguay pada pada meit-menit terakhir gencar melakukan serangan.

Kemenangan 2-0 pun menempatkan Portugal di puncak klasemen dengan poin enam dari dua pertandingan. Pada laga pamungkas, Portugal bakal menghadapi Korea Selatan.

 

4 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

 

29 November 2022

22.00 WIB Belanda vs Qatar (SCTV, MOji, Vidio, NEX Parabola)

22.00 WIB Ekuador vs Senegal (Vidio)

30 Movember 2022

02.00 WIB Wales vs Inggris (Vidio)

02.00 WIB Iran vs Amerika Serikat (SCTV, MOji, Vidio, NEX Parabola)

5 dari 5 halaman

Peringkat

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS