Sukses

Klasemen Grup B Piala Dunia 2022 Usai Inggris Imbang vs Amerika Serikat

Liputan6.com, Jakarta Inggris gagal menyegel tiket 16 besar Piala Dunia 2022 secara langsung. Bertemu Amerika Serikat di Al Bayt Stadium, Sabtu (26/11) dini hari WIB, Tiga Singa bermain imbang tanpa gol.

Dengan hasil ini, Timnas Inggris memang masih berada di puncak klasemen Grup B. Dengan 2 laga yang sudah dijalani, anak asuh Gareth Southgate mengantongi 4 poin.

Di bawah Inggris, ada Iran yang mengantongi 3 poin. Hasil itu didapatkan usai mereka mengalahkan Wales.

Adapun di tempat ketiga, dihuni oleh Timnas  Amerika Serikat dengan 2 poin dari 2 laga. Sementara di dasar klasemen, ada Wales yang baru mengantongi 1 poin.

Usai laga ini, Inggris dijadwalkan bertemu Wales di matchday ketiga Piala Dunia 2022. Kedua kesebelasan akan mentas Rabu (30/11) di Ahmed bin Aki Stadium pukul 02:00 dini hari WIB.

Adapun Amerika Serikat, akan bertemu Iran. Duel ini akan tersaji di Al Thumama Stadium pada Rabu (30/11) pukul 02:00 dini hari WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Klasemen Sementara Grup B Piala Dunia 2022

Pos-Negara-Main-Menang-Imbang-Kalah-Gol-Poin

1.Inggris 2 1 1 0 6-2 4

2.Iran 2 1 0 1 4-6 3

3.Amerika 2 0 2 0 1-1 2

4.Wales 2 0 1 1 1-3 1

3 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan Babak 1 Inggris vs Amerika Serikat

Inggris mengedepankan umpan-umpan pendek dalam membongkar pertahanan Amerka Serikat. Selain itu, anak-anak asuh Gareth Southgate juga mengombinasikan umpan terobosan serta kecepatan pemain sayap untuk membuka keran gol.

Tapi, rendahnya barisan pertahanan Amerika Serikat membikin Inggris tak memiliki peluang berarti. Masalah Inggris di babak pertama bukan cuma kesusahan mencetak gol, tapi saat berada di final third, barisan penyerangan Inggris seolah tak punya opsi.

Akhirnya dari 5 upaya tembakan, hanya 1 yang mengarah ke gawang. Sial buat Inggris, upaya mereka terlalu mudah buat Matt Tunner.

Di satu sisi, Amerika Serikat juga tak bagus-bagus amat. Sepanjang 45 menit, mereka mengandalkan serangan balik via tepi sayap.

Lowongnya posisi sayap yang kerap ditingglkan Kieran Tripper dan Luke Shaw yang membantu serangan Inggris, coba dimanfaatkan Weston McKennie dam Christian Pulisic dengan melepaskan umpan silang. Tapi, upaya mereka kerap gagal karena beberapa kesalahan elementer dan buruknya koordinasi antar pemain.

Amerika Serikat tercatat melepaskan 6 upaya tembakan ke gawang. Namun, dari banyaknya percobaan, hanya upaya Pulisic yang betul-betul mengancam gawang Jordan Picford karena sepakan pemain Chelsea ini mengenai mistar.

Alhasil, dari total 11 upaya tembakan ke arah ke gawang dari kedua kesebelasan, tak ada gol yang tercipta di babak pertama. Skor tetap 0-0.

Jalannya Pertandingan Babak 2 Inggris vs Amerika Serikat

Kembali dari ruang ganti, Inggris turun gelanggang dengan tempo tinggi. Serangan umpan pendek dan terobosan, masih jadi senjata mereka membongkar pertahanan Amerika Serikat.

Amerika Serikat bijak dalam membaca permainan. Mereka bermain menunggu dengan menumpuk nyaris 11 pemain di pertahanan sendiri.

Guna merespons Inggris, mereka mengedepankan serangan balik dan membikin Inggris harus cepat mengubah transisi positif menjadi negatif. Dari upaya tersebut lahir beberapa sepak pojok.

Satu jam jalannya laga, kedua kesebelasan masih kesulitan dalam mencetak gol. Inggris nir peluang selama 15 menit babak kedua berjalan dan Amerika Serikat seturut lantaran sesaknya pemain Inggris di tengah.

Di antara menit ke-65 hingga 80, kedua tim bergantian melakukan pergantian pemain. Hanya, tak ada dampak signifikan dari rotasi ini.

Inggris, yang lebih mengedepankan umpan silang ketimbang umpan-umpan pendek, kerap gagal karena apiknya barisan belakang Amerika Serikat. Alhasil, Inggris hanya melepaskan 1 shoot on goal via Marcus Rashford.

Amerika Serikat juga demikian. Determinasi mereka via serangan balik tak menemui sasaran. Upaya mereka kerap gagal karena para pemain Inggris langsung menerapkan strategi gegenpressing saat pemain Amerika Serikat memegang bola.

Hingga laga rampung, tak ada gol tercipta saat Inggris bertemu Amerika Serikat. Skor akhir 0-0.

 

4 dari 4 halaman

Daftar Susunan Pemain Inggris vs Amerika Serikat

Inggris: Jordan Pickford, Luke Shaw, Harry Maguire, John Stones, Kieran Trippier, Declan Rice, Jude Bellingham (Jordan Henderson '68), Raheem Sterling (Jack Grealish '68), Mason Mount, Bukayo Saka (Marcus Rashford '78), Harry Kane.

Amerika Serikat: Matt Turner, Antonee Robinson, Tim Ream, Walker Zimmerman, Sergino Dest (Shaquell Moore '78), Yunus Musah, Tyler Adams, Weston McKennie (Brenden Aaronson '77), Christian Pulisic, Haji Wright (Josh Sargent 83'), Timothy Weah (Giovanni Reyna 83').

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS