Sukses

Prediksi Piala Dunia 2022 Tunisia vs Australia: Socceroos di Ujung Tanduk

Liputan6.com, Jakarta Australia menghadapi jalan terjal di babak penyisihan Grup D Piala Dunia 2022. Usai dipaksa menyerah oleh Prancis di laga perdana, Socceroos pantang kalah melawan Tunisia, Sabtu (26/11/2022). 

Pertarungan kali ini berlangsung di Al Janoub Stadium, kick off pukul 17.00 WIB. Duel akan disiarkan secara langsung oleh SCTV, Moji, dan Nex Parabola serta tayangan live streaming di Vidio. 

Australia sempat mengejutkan Prancis lewat gol cepat Craig Goodwin pada menit ke-19. Namun Les Bleus hanya membiarkan Socceroos memimpin selama 18 menit. Sang juara bertahan segera menemukan bentuk permaiannya dan menyamakan kedudukan lewat Adrien Rabiot menit ke-27. 

Prancis semakin melejit berkat tiga gol tambahan lainnya. Dua dicetak oleh pemain veteran, Olivier Giroud dan satu lagi dipersembahkan oleh Kylian Mbappe. Australia pun meneyerah dengan skor 1-4. 

Kekalahan di laga perdana membuat Australia tidak punya banyak pilihan saat bertemu Tunisia di laga kedua. Sebab kekalahan hanya membuat langkah Socceroos ke 16 besar otomatis terhenti. Untuk menjaga peluang ke fase knock out, mau tak mau, Australi harus mampu mengakahkan Elang dari Carthage.     

"Kami harus bisa melewati babak ini, dan kami sangat optimistis bisa mencapai tujuan itu," ujar pelatih Australia, Graham Arnold dalam jumpa pers jelang pertandingan seperti dilansir dari Analyst.

Target ini tentu tidak mudah. Apalagi tim lawan juga punya ambisi yang sama. Tunisia juga menunjukkan pertahanan yang sangat kokoh ketika bertemu Denmark di laga sebelumnya. Meski banyak tertekan sepanjang laga, Tunisia yang ditangani oleh Jalel Kadri mampu memaksa duel berakhir 0-0. 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Permainan yang Berbeda

Langkah Australia di Piala Dunia memang tidak pernah mudah. Dari 17 pertandingan Socceroos menelan kekalahan 11 kali. Australia juga gagal menang dalam tujuh laga terakhir di babak penyisihan grup. 

Gelandang Australia, Jackson Irvine, sadar bahwa perjalanan timnya tidak akan mudah. Meski demikian, pemain St Pauli itu tetap optimistis, Australia mampu memetik hasil positif melawan timnas Tunisia. 

"Ini lawan yang benar-benar berbeda," kata Irvine.

"Laga bakal mengalir jalan cara yang benar-benar beda," bebernya. 

Sementara itu, Pelatih Tunisia, Jalel Kadri, kembali berharap dukungan para suporter. Menurutnya, kehadiran pendukung Tunisia bakal membangkitkan semangat pemain seperti di laga sebelumnya. 

"(Dukungan) ini memberi kami semangat yang luar biasa dan kami berharap untuk melihat para penggemar terus melakukan itu," beber Kadri usai pertandingan melawan Prancis. 

3 dari 4 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Australia sempat dipusingkan oleh badai cedera yang menimpa para pemainnya jelang Piala Dunia 2022. Di awal turnamen, Socceroos telah kehilangan Martin Boyle. Marco Tilio kemudian dipanggil menggantikan pemain sayap Hibernian tersebut, meski tetapi tidak turun dari bangku cadangan melawan Prancis.

Meski demikian, Pelatih Australia, Graham Arnold, sepertinya tidak akan melakukan perubahan besar pada posisi starting line up-nya. Arnold bakal mempertahankan skuad yang tampil di babak I melawan Prancis.

Sekali lagi, Australia bakal dipimpin oleh Mitchell Duke. Mathew Leckie yang menjadi pencetak gol terbanyak di tim degang koleksi 13 gol akan bermain di sayap kanan. Sedangkan Goodwin yang menjadi pencetak gol tunggal saat bertemu Prancis sepertinya bakal tetap menempati pos idealnya.  

Di kubu lawan, Tunisia juga bakal tampil dengan kekuatan terbaiknya. Tidak satupun pemain Tunisia yang cedera. Tunisia juga masih punya Wahbi Khazri yang tidak tampil pada laga sebelumnya. Pemilik 24 gol di tim Tunisia itu kemungkinan bakal jadi pilihan Kadri saat pertandingan melawan Australia. 

Pemain berusia 31 tahun itu bisa menggantikan Anis Ben Slimane. Sedangkan Youssef Msakni dan Issam Jebali hampir bisa dipastikan akan tetap berada posisinya di sepertiga akhir lapangan.

Berikut Prediksi Susunan Pemain: 

Australia (4-2-3-1): Ryan; Atkinson, Souttar, Rowles, Behich; Mooy, Irvine; Leckie, Hrustic, Goodwin; Duke.

Cadangan: Redmayne, Vukovic, Degenek, Karacic, Wright, Deng, King, McGree, Devlin, Baccus, Maclaren, Kuol, Mabil, Cummings, Tilio.

Tunisia (3-4-2-1): Dahmen; Bronn, Meriah, Talbi; Drager, Skhiri, Laidouni, Abdi; Khazri, Msakni; Jebali.

Cadangan: Ben Said, Hassen, Balbouli, Ghandri, Ifa, Maaloul, Kechrida, Sassi, Ben Romdhane, Chaaleli, Hannibal, Sliti, Jaziri, Khazri, Khenissi.

4 dari 4 halaman

Statistik dan Head to Head

Head-to-head

Pertemuan: 2

Tunisia menang: 1

Gol Tunisia: 2

Seri: 0

Australia menang: 1

Gol Australia: 3.

 

2 Pertemuan Terakhir

21/06/2005 Australia 0-2 Tunisia (Piala Konfederasi)

01/10/1997 Tunisia 0-3 Australia (Friendly).

 

5 Pertandingan Terakhir Tunisia 

14/06/22 Jepang 0-3 Tunisia (Friendly)

22/09/22 Komoros 0-1 Tunisia (Friendly)

28/09/22 Brasil 5-1 Tunisia (Friendly)

16/11/22 Iran 0-2 Tunisia (Friendly)

22/11/22 Denmark 0-0 Tunisia (Piala Dunia).

 

5 Pertandingan Terakhir Australia

08/06/22 UEA 1-2 Australia (Kualifikasi Piala Dunia)

14/06/22 Australia 0-0 Peru (Play-off Kualifikasi Piala Dunia)

22/09/22 Australia 1-0 Selandia Baru (Friendly)

25/09/22 Selandia Baru 0-2 Australia (Friendly)

23/11/22 Prancis 4-1 Australia (Piala Dunia).

 

Simak juga jadwal lengkap Piala Dunia 2022 pada tautan ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS