Sukses

Banyak Kejutan, Ini Pemain yang Bersinar di Laga Pertama Piala Dunia 2022

Beberapa nama berhasil tampil fantastis di laga pertama fase grup Piala Dunia Qatar.

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan pertama Piala Dunia 2022 sudah dijalani semua negara peserta. Beberapa nama pun menyeruak jadi pemain-pemain yang bersinar di pembukaan Piala Dunia.

Piala Dunia Qatar telah bergulir sejak 18 November 2022 dan baru saja menjalani semua pertandingan pertama pada 24 November.

Banyak pertandingan dengan hasil mengejutkan yang tercipta. Negara favorit juara seperti Argentina dan Jerman menelan kekalahan dari non-unggulan macam Arab Saudi dan Jepang.

Namun, banyak juga negara kuat yang memperlihatkan dominasinya. Seperti Spanyol, Inggris, dan Prancis yang sukses meraih kemenangan dengan skor mencolok.

Dari laga-laga tersebut, munculah nama-nama yang dinilai memberikan andil besar pada kemenangan tim nasional mereka.

Tak hanya nama tenar saja yang berhasil merebut trofi Man of the Match, tetapi sejumlah pahlawan yang tidak terkenal berhasil mencuri lampu sorot berkat penampilan gemilang mereka.

Siapa saja pemain yang berhasil didapuk sebagai bintang bagi tim nasional mereka di laga pertama Piala Dunia 2022 kemarin? Berikut daftarnya.

Pertandingan 1: Qatar 0-2 Ekuador

Man of the Match: Enner Valencia (Ekuador)

Penampilan luar biasa diperlihatkan penyerang senior ini dalam laga pembuka melawan tuan rumah, Qatar. Dua gol berhasil dicetak pemain Fenerbahce tersebut. Satu lewat titik penalti dan satu lagi lewat sundulan kepala.

Valencia pun sukses mencatatkan dirinya dalam buku sejarah sebagai pencetak gol dari titik penalti pertama sepanjang sejarah Piala Dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Debutan dan Kiper Fantastis

Pertandingan 2: Inggris 6-2 Iran

Man of the Match: Bukayo Saka

Penampilan fantastis diperlihatkan Saka dalam laga debutnya di kancah Piala Dunia. Dua gol berhasil dicetak oleh pemain milik Arsenal tersebut, meneruskan tren positif di level klub.

Pertandingan 3: Senegal 0-2 Belanda

Man of the Match: Cody Gakpo

Mungkin nama Gakpo masih asing di telinga pecinta sepakbola. Tapi permainannya bersama Die Oranje kemarin patut diacungi jempol. Golnya di akhir pertandingan membuka keunggulan Belanda hadapi pertahanan alot Senegal.

Pertandingan 4: Amerika Serikat 1-1 Wales

Man of the Match: Gareth Bale

Setelah kesulitan sepanjang babak pertama, Wales akhirnya mampu mencuri poin dalam laga pertamanya di Piala Dunia sejak 60 tahun terakhir. Bale berhasil menjadi penyelamat lewat eksekusi penaltinya delapan menit jelang bubaran.

Pertandingan 5: Argentina 1-2 Arab Saudi

Man of the Match: Mohammed Al-Owais

Pertandingan pertama yang hasilnya sangat mengejutkan. Satu-satunya gol Argentina dicetak oleh Lionel Messi lewat titik penalti, setelah itu penampilan Al-Owais sangat luar biasa.

Kokohnya Al-Owais di bawah mistar Arab Saudi membuat peluang-peluang Argentina gagal berbuah jadi gol.

3 dari 5 halaman

Ochoa Kembali Bersinar

Pertandingan 6: Denmark 0-0 Tunisia

Man of the Match: Aissa Laidouni

Tampil begitu kuat dan tidak minder menghadapi serangan demi serangan Timnas Denmark. Skema serangan lawan sering mentah di kaki Laidouni, yang bermain di Liga Hungaria bersama Ferencváros.

Pertandingan 7: Meksiko 0-0 Polandia

Man of the Match: Guillermo Ochoa

Sekali lagi, Ochoa memperlihatkan kalau Piala Dunia memang kompetisi yang sangat ia gemari. Satu tendangan penalti bomber sekelas Robert Lewandowski sukses digagalkan!

Pertandingan 8: Prancis 4-1 Australia

Man of the Match: Kylian Mbappe (Prancis)

Pemain muda terbaik Piala Dunia 2018 kembali memperlihatkan talentanya. Mbappe sukses mencetak satu gol ditambah satu assists dalam pesta gol ke gawang Australia.

Pertandingan 9: Maroko 0-0 Kroasia

Man of the Match: Luka Modric

Meski sudah menginjak usia 37 tahun, Modric masih menjadi motor permainan Kroasia dalam penyerangan atau pertahanan. Memang Kroasia gagal menang tapi Modric tetap memperlihatkan umpan dan visi berkelasnya.

4 dari 5 halaman

Kiper Lagi-Lagi Jadi Bintang

Pertandingan 10: Jerman 1-2 Jepang

Man of the Match: Shuici Gonda

Satu lagi kiper yang memperlihatkan kualitasnya di Piala Dunia. Setelah membuat kesalahan yang berbuah penalti bagi Jerman, Gonda langsung membalasnya dengan membuat sejumlah penyelamatan krusial. Kemenangan bersejarah pun dicatatkan Jepang.

Pertandingan 11: Spanyol 7-0 Kosta Rika

Man of the Match: Gavi

Masa depan Timnas Spanyol nampaknya akan kembali cerah setelah bermunculan pemain-pemain muda dalam skuad kali ini. Salah satunya Gavi, yang kini tercatat sebagai pemain termuda yang mencetak gol di ajang Piala Dunia sejak Pele tahun 1958.

Pertandingan 12: Belgia 1-0 Kanada

Man of the Match: Kevin de Bruyne

Sosok yang namanya krusial dalam permainan Belgia. Meski tidak menjadi pencetak gol kemenangan, De Bruyne tetap memperlihatkan aksinya dalam membelah pertahanan lawan.

Pertandingan 13: Swiss 1-0 Kamerun

Man of the Match: Yann Sommer

Begitu fantastis penampilan Sommer di bawah mistar gawang Swiss. Lima penyelamatan berhasil dibuatnya saat menahan gempuran Kamerun. Hasilnya, clean sheet dan kemenangan buat timnya.

5 dari 5 halaman

Aksi Para Striker!

Pertandingan 14: Uruguay 0-0 Korea Selatan

Man of the Match: Federico Valverde

Determinasi dan semangat yang diperlihatkan Valverde amat luar biasa. Membantu pertahanan dengan semangat tinggi, dan satu tendangan kerasnya nyaris berbuah gol namun membentur tiang gawang.

Pertandingan 15: Portugal 3-2 Ghana

Man of the Match: Cristiano Ronaldo

Ronaldo berhasil mencetak gol pembuka kemenangan Portugal lewat titik penalti. Gol tersebut mencatatkan sejarah Ronaldo sebagai satu-satunya pemain yang mencetak gol di lima edisi Piala Dunia berbeda.

Ronaldo juga kini tercatat sebagai pencetak gol termuda dan tertua bagi tim nasional Portugal.

Pertandingan 16: Brasil 2-0 Serbia

Man of the Match: Richarlison

Sebuah debut yang sangat diidamkan oleh Richarlison. Dua gol berhasil dicetaknya. Salah satu golnya bahkan sudah bisa dinobatkan sebagai calon gol terbaik di Piala Dunia 2022.

Aksinya pun berhasil memecahkan kebuntuan Brasil meski terus menggempur pertahanan Serbia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.