Sukses

Portugal Bungkam Ghana di Piala Dunia 2022, Cristiano Ronaldo Cetak Sejarah

Portugal mengalahkan Ghana 3-2 dalam laga pertama Grup H Piala Dunia 2022. Hasil itu dilengkapi kapten Portugal Cristiano Ronaldo dengan mencetak sejarah sebagai pemain pertama yang mencetak gol dalam lima Piala Dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Portugal memulai Piala Dunia 2022 dengan kemenangan. Selecao das Quinas menang 3-2 atas Ghana pada laga pertama Grup H di Stadium 974, Doha, Qatar, Kamis (24/11) malam WIB.

Gol pertama Portugal di Piala Dunia 2022 Qatar dicetak Cristiano Ronaldo melalui tendangan penalti pada menit ke-65. Namun, Ghana mampu membalas delapan menit kemudian dengan gol Andre Ayew.

Portugal kemudian mencetak dua lagi melalui Joao Felix dan Rafael Leao pada menit ke-78 serta 80. Gol Osman Bukari di menit ke-89 tidak bisa menyelamatkan Ghana dari kekalahan pertama di Piala Dunia Qatar 2022.

Hasil ini membuat Portugal memimpin klasemen sementara Grup H dengan 3 poin. Sedangkan Ghana di posisi keempat dengan 0 poin.

Sedangkan urutan kedua ditempai Korea Selatan dengan 1 poin setelah bermain imbang 0-0 melawan Uruguay. Adapun Uruguay di posisi ketiga, juga dengan 1 poin.

Kemenangan Portugal semankin lengkap dengan catatan sejarah yang dibuat Cristiano Ronaldo. Pesepak bola berusia 37 tahun itu menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam lima Piala Dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Agen bebas

Cristiano Ronaldo sekarang berstatus sebagai agen bebas. Hanya dua hari sebelum Portugal berlaga pada Piala Dunia 2022 Qatar, pemenang Ballon d'Or itu sepakat dengan Manchester United untuk mengakhiri kontraknya di Old Trafford.

Ronaldo kini benar-benar fokus bersama Portugal untuk Piala Dunia 2022. Dia bertekad membawa Selecao das Quinas untuk memenangkan pesta bola akbar empat tahunan itu untuk kali pertama.

Portugal belum pernah memenangkan Piala Dunia. Tapi, Ronaldo dan kolega mencapai kejayaan di Piala Eropa 2016 di Prancis.

"Akan memulai perjalanan kami di kompetisi terbesar di dunia. Sebuah petualangan yang kami harap panjang dan penuh kesuksesan, untuk mengibarkan nama dan bendera negara kami sangat tinggi," kata Ronaldo lewat Twitter.

"Kami ingin mengisi seluruh orang Portugal orang dengan kebanggaan dan kegembiraan. Tidak ada yang mustahil! Kekuatan." 

3 dari 4 halaman

Jadwal pertandingan Grup H

Senin, 28 November 2022

20:00 WIB, Korea Selatan vs Ghana

Selasa, 29 November 2022

02:00 WIB, Portugal vs Uruguay

Jumat, 2 Desember 2022

22:00 WIB, Korea Selatan vs Portugal

22:00 WIB, Ghana vs Uruguay

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.