Sukses

5 Rekor Mengerikan Cristiano Ronaldo Usai Bobol Gawang Ghana di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo menyumbang gol dalam kemenangan Portugal atas Ghana pada duel grup H Piala Dunia 2022 Qatar. Bertanding di stadion 974, Kamis (24/11/2022), Portugal menang dengan skor 3-2.

Tiga gol Portugal dicetak Cristiano Ronaldo, Joao Felix dan Rafael Leao. Sementara dua gol Ghana dicetak oleh Andre Ayew dan Bukari. Kemenangan ini mengangkat Portugal ke puncak klasemen grup H Piala Dunia 2022.

Menarknya, seluruh gol pada laga ini tercipta di babak kedua. Portugal membuka keunggulan saat Ronaldo dijatuhkan Salisu di kotak penalti di menit ke-62. Ronaldo berhasil mencetak gol di titik penalti di menit ke-65.

Andre Ayew kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-73. Tapi, lima menit kemudian, Portugal kembali unggul lewat Joao Felix di menit ke-78. Dia manfaatkan umpan terobosan dari Bruno Fernandes sehingga skor berubah jadi 2-1.

Rafael Leao melengkapi kemenangan Portugal usai mencetak gol di menit ke-80. Skor pun berubah menjadi 3-1. Ghana tiba-tiba berhasil mencetak gol lewat Bukari di menit ke-89.

Pada sisa waktu yang ada, Ghana coba menggempur Portugal. Namun, hingga pertandingan berakhir, skor 3-2 untuk Portugal tidak berubah. Kemenangan ini membuat Portugal berada di puncak klasemen sementara dengan poin tiga.

Sedangkan bagi Ronaldo, satu golnya ke gawang Ghana sudah cukup untuk membuat sejumlah rekor Berikut lima rekor yang ditorehkan Ronaldo usai bobol gawang Ghana di Piala Dunia 2022:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

1. Pencetak Gol Tertua

Ronaldo menjadi pencetak gol tertua kedua di Piala Dunia. Di nomor pertama ada Roger Milla dari Kamerun yang mencetak gol pada usia 42 tahun. Mila mencetak gol kala Kamerun menghadapi Rusia di Piala Dunia 1994, Amerika Serikat.

3 dari 6 halaman

2. Gol di Lima Piala Dunia

Cristiano Ronaldo menjadi pemain pertama yang mencetak lima gol di berbagai edisi Piala Dunia (2006 , 2010, 2014, 2018, 2022).

Dia mengungguli Lionel Messi yang mencetak gol di empat edisi Piala Dunia. Megabintang asal Argentina tersebut sejajar dengan Miroslave Klose (Jerman), Pele (Brazil), dan Uwe Seeler (Jerman).

4 dari 6 halaman

3. Rekor Gol Timnas

Gol ke gawang Ghana membuat Ronaldo semakin tak terkejar sebagai pemegang rekor pencetak gol terbanyak di level timnas. Eks pemain Manchester United itu kini menorehkan 118 gol untuk Timas Portugal.

5 dari 6 halaman

4. Rincian Gol Ronaldo di Piala Dunia

Gol penalti ke gawang Ghana membuat Ronaldo kini telah mengoleks delapan gol di Piala Dunia (dua gol dari penalti dan enam gol non-penalti).

Ronaldo cetak satu gol di Piala Dunia 2006, satu gol di Piala Dunia 2010, satu gol di Piala Dunia 2014, empat gol di Piala Dunia 2018, dan satu gol di Piala Dunia 2022.

6 dari 6 halaman

5. Lima Piala Dunia

Catatan di atas melengkapi daftar pemain yang tampil di lima Piala Dunia bersama Antonio Carbajal (Meksiko), Lothar Matthaeus (Jerman), Rafael Marques (Meksiko), dan Lionel Messi (Argentina). Selain itu, Ronaldo menjadi satu-satunya pemain Portugal yang tampil di lima Piala Dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.