Sukses

Rekor Fantastis Cristiano Ronaldo Usai Portugal Pecundangi Ghana

Cristiano Ronaldo kini menjadi pemain pertama dalam sejarah yang mencetak gol di lima Piala Dunia.

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo mencetak satu gol dalam kemenangan 3-2 Portugal atas Ghana pada duel grup H Piala Dunia 2022 di stadion 974, Kamis (24/11/2022).

Ronaldo mencetak gol di titik penalti di menit ke-65. Torehan itu membuatnya mencatatkan rekor fantastis di Piala Dunia. Ronaldo kini menjadi pemain pertama dalam sejarah yang mencetak gol di lima Piala Dunia.

Pemenang Ballon d'Or lima kali itu telah mencetak gol di empat turnamen sebelumnya. Ronaldo mencetak gol di Piala Dunia 2006, 2010, 2014, dan 2018. Ronaldo pun kini telah mengemas delapan gol di turnamen empat tahunan ini.

Rekor ini mungkin bisa menjadi penghibur bagi Ronaldo usai melewati sepekan yang kontroversial. Ronaldo sebelumnya mengejutkan dunia dengan pengakuannya soal Manchester United.

Ronaldo membeberkan segala kejelekan soal MU, manajer Erik ten Hag, manajemen, dan para pemain muda dalam wawancara dengan Piers Morgan.

Wawancara ini lantas mengguncang dunia dan membuat timbulnya pro-kontra terkait Ronaldo. MU dan para pemain kabarnya kecewa dengan pernyataan Ronaldo tersebut.

Pada akhirnya, Ronaldo dan MU resmi berpisah. Setan Merah berterima kasih atas kontribusi Ronaldo dalam dua edisi,

"Cristiano Ronaldo secepatnya akan meninggalkan Manchester United setelah mencapai kesepakatan bersama," ujar pernyataan resmi MU.

"Klub berterima kasih atas kontribusi luar biasanya selama dua periode di Old Trafford."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalannya Pertandingan Portugal vs Ghana

Otavio menjajal peruntungan di menit ke-5 tapi tembakan gelandang Portugal ini masih melebar.

Cristiano Ronaldo mendapatkan peluang emas di menit ke-10. Namun kiper Ghana Ati Zigi cepat mencegah pergerakannya tanpa melakukan pelanggaran.

Ronaldo kembali mengancam pertahanan Ghana saat manfaatkan umpan tendangan sudut Guerreiro. Namun sundulannya masih melebar dari gawang di menit ke-13.

Ronaldo alami kesialan karena dinilai sudah melanggar di menit ke-31. Padahal dia berhasil mencetak gol tapi dorongan dia kepada bek Ghana dianggap pelanggaran dan skor pun masih 0-0.

Portugal menguasai bola sebanyak 69 persen dan ada 2 tembakan ke arah gawang. Namun skor masih 0-0 antara Portugal melawan Ghana di babak pertama grup H Piala Dunia Qatar.

3 dari 3 halaman

Babak 2

Ghana mendapatkan satu peluang lewat Seidu di menit ke-53. Namun tembakannya masih melebar.

Portugal mendapatkan angin segar saat Ronaldo dijatuhkan Salisu di kotak penalti di menit ke-62. Ronaldo berhasil mencetak gol di titik penalti di menit ke-65.

Ghana mencoba buka peluang lewat Kudus. Namun tembakannya di menit ke-72 tepat mengarah ke kiper Diogo Costa.

Kekecewaan Kudus terbayar saat Andre Ayew cetak gol di menit ke-73. Kudus juga yang memberi assist sehingga skor 1-1.

Portugal kembali unggul lewat Joao Felix di menit ke-78. Dia manfaatkan umpan terobosan dari Bruno Fernandes sehingga skor berubah jadi 2-1.

Rafael Leao melengkapi kemenangan Portugal usai mencetak gol di menit ke-80. Skor pun berubah menjadi 3-1. Ghana tiba-tiba berhasil mencetak gol lewat Bukari di menit ke-89.

Hingga pertandingan berakhir, skor 3-2 untuk Portugal tidak berubah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.