Sukses

Jonathan Rea Berharap Banyak pada Aspal di Sirkuit Mandalika

Jonathan Rea, bakal melakoni seri ke-11 WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika pada 11-13 November 2022. Pembalap Kawasaki berharap Sirkuit Mandalika memiliki grip lebih baik pasca resurfacing, sehingga bisa membantunya meraih catatan waktu yang apik.

Liputan6.com, Jakarta Sirkuit Mandalika kembali mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah salah satu seri World Superbike (WSBK) musim 2022.

Balapan ke-11, yang diberi nama Pirelli Indonesian Round ini, dijadwalkan berlangsung pada Jumat (11/11/2022) hingga Minggu (13/11/2022) mendatang.

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku pengelola Sirkuit Mandalika sebelumnya telah melakukan perbaikan dengan mengacu pada sumbang saran dari Dorna. Mereka menggandeng Dromo sebagai konsultan demi menyukseskan upaya ini.

Terdapat tiga poin penyempurnaan yang dilakukan pada sirkuit kebanggan Indonesia jelang WSBK 2022. Ketiga poin tersebut meliputi pelebaran run-off, perubahan kerb, serta resurfacing permukaan aspal. Proses itu kabarnya sudah tuntas dilaksanakan pada Oktober lalu.

Pembalap Kawasaki, Jonathan Rea, pun memasang ekspektasi tinggi pada Sirkuit Mandalika pasca dilakukannya reimprovement. Ia berharap sirkuit tersebut punya grip yang makin baik, sehingga bisa meningkatkan catatan waktunya.

“Perusahaan (konsultan), Dromo, punya banyak pengalaman soal ini. Saya harap mereka melakukan pekerjaannya dengan baik karena (perbaikan Mandalika) memakan banyak biaya,” ujar Rea saat menghadiri acara meet and greet di Kawasaki Office, Jakarta, Senin (7/11/2022).

“Pemerintah (setempat) telah mengizinkan dilakukannya persiapan dan penyempurnaan (pada Sirkuit Mandalika) demi memperbaiki kesalahan sebelumnya.”

"Saya harap kali ini (Sirkuit Mandalika) lebih baik. Jika grip (cengkeramannya) baik, maka catatan waktu saya juga bisa lebih bagus,” sambung pembalap berusia 35 tahun tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Juara di Mandalika

Sekadar informasi, Jonathan Rea sempat menjadi juara di seri WSBK Mandalika musim lalu. Pembalap Kawasaki tersebut mampu memenangkan dua race balapan yang dihelat di sirkuit kebanggaan Indonesia.

Hasil itu mengantar Rea menyegel posisi runner-up dalam klasemen pembalap World Superbike 2021. Adapun gelar juara dunia menjadi milik rider Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu.

Rea membutuhkan hasil positif di seri WSBK Mandalika 2022. Tambahan poin diperlukan demi memperbaiki posisinya yang saat in terkunci di peringkat tiga klasemen sementara dengan torehan 409 poin.

Sang raja WSBK tercecer cukup jauh dari rider Ducati Alvaro Bautista yang menghuni urutan pertama setelah mengoleksi 507 angka. Adapun posisi kedua ditempati oleh Razgatlioglu, dengan selisih 82 poindari pemuncak.

3 dari 3 halaman

Persaingan Ketat

Rea sendiri tak menampik bahwa persaingan di WSBK 2022 sangat ketat. Ia menyoroti betapa perkasanya performa Ducati bersama Bautista. Walau demikian, sang pembalap Kawasaki berniat memberi penampilan maksimal di sisa seri musim ini.

“World Superbike (2022) sangat kompetitif. Kita bisa lihat Tim Ducati, betapa cepatnya mereka dengan kehadiran Alvaro Bautista, (tetapi) kami tetap berjuang dengan segala hal (yang kami miliki),” ujar Rea kepada awak media, Senin (7/11/2022).

“Kami punya tim yang luar biasa dengan oprang-orang hebat. Baik saya maupun Alex (Lowes), sama-sama berjuang keras. Saya rasa, kami bisa tampil kuat (dalam race) pekan ini.”

Lebih lanjut, Rea mengakui dirinya tak terlalu yakin bisa kembali ke podium juara dunia musim ini. Kendati demikian, ia menilai tidak ada hal yang mustahil.

“Bagi saya, bukan hal yang mustahil untuk memenangkan kompetisi musim ini. Akan tetapi, (peluang itu) memang sangat jauh,” tambah sosok yang pernah menjadi juara WSBK enam kali berturut-turut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.