Sukses

Pelatih Uruguay Bicara Peluang Luis Suarez Tampil di Piala Dunia 2022

Luis Suarez merupakan salah satu veteran di skuat sementara Timnas Uruguay yang disiapkan pelatih Diego Alonso bertarung di Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Piala Dunia 2022 di Qatar, Sejumlah pemain yang masuk daftar skuat sementara Timnas Uruguay sudah berlatih di pusat latihan La Celeste sejak Jumat 4 November 2022, dipimpin pelatih Diego Alonso.

Publik sepak bola Uruguay kini menantikan apakah barisan pemain veteran dan berpengalaman dalam tiga Piala Dunia sebelumnya bakal kembali masuk skuat. Mereka adalah Diego Godin, Fernando Muslera, Luis Suarez, Edinson Cavani, dan Martin Caceres.

Alonso menyadari publik Uruguay masih berharap Suarez kembali diandalkan La Celeste di Piala Dunia Qatar. Pengalaman tampil di tiga Piala Dunia dan sejumlah klub besar Eropa serta kualitasnya meski tak lagi muda, membuat Luis Suarez masih didambakan aksinya di Piala Dunia 2022.

Meski punya lima pemain yang sarat pengalaman tampil di putaran final Piala Dunia, tetapi Alonso bersikap hati-hati dan ingin memastikan pemain yang dibawanya ke Qatar benar-benar berada di level performa terbaik.

"Saya pikir Luis (Suarez) mungkin yang paling menarik perhatian Anda (wartawan). Tetapi itu (kualitas terbaiknya) terjadi di waktu lampau, ketika dia bermain untuk Barcelona dalam skema permainan yang asosiatif dan dia memainkan perannya sebagai pembongkar (pertahanan lawan) dengan baik," kata Diego Alonso dinukil dari El Pais Uruguay, Sabtu 5 November 2022.

Selain Suarez dan Cavani, saat ini Uruguay juga memiliki stok penyerang yang lebih fresh. Salah satunya striker Liverpool Darwin Nunez yang mulai menemukan bentuk permainan terbaik bersama The Reds.

Alih-alih bicara peluang para veteran di skuat Uruguay, salah satu perkara yang membuat suksesor Oscar Washington Tabarez itu, waswas adalah kondisi bek Barcelona, Ronald Araujo, yang hingga sekarang masih menjalani pemulihan cedera.

"Dia sedang dalam proses pemulihan. Informasi yang kami terima dia berkembang dengan sangat baik dan itu bagus. Kami akan menunggunya sampai akhir" ujar Alonso.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berharap Hadir di Qatar 2022

Araujo menderita cedera saat memperkuat Timnas Uruguay pada laga melawan Timnas Iran dalam uji coba FIFA Matchday di Stadion NV Arena, Austria, 23 September lalu.

Dalam pertandingan yang berkesudahan dengan skor 1-0 untuk kemenangan Iran tersebut, Araujo harus ditarik keluar ketika pertandingan baru berjalan lima menit karena mengalami cedera pada pangkal paha kanan.

Selain Barca, pihak yang dibuat kebingungan atas cederanya Araujo adalah Timnas Uruguay yang akan berlaga di Piala Dunia 2022. Araujo merupakan pemain penting di lini pertahanan tim La Celeste.

Direktur Timnas Uruguay Jorge Giordano mengatakan Araujo saat ini sedang dalam pemulihan dari operasi setelah mengalami cedera otot pangkal paha. Proses penyembuhan juga berjalan lancar dan positif.

Pemain 23 tahun itu diperkirakan sembuh lebih cepat dari yang awalnya diprediksi akan sembuh pada pekan kedua Piala Dunia 2022 atau pada akhir November 2022. Maka Giordano berharap Araujo akan menjalani laga come back di Piala Dunia 2022 Qatar nanti sejak pertandingan pertama.

“Kami berharap Ronald Araujo akan tampil di Piala Dunia,” kata Giordano dalam acara De Futbol se Habla asi, seperti dilansir Mundo Deportivo.

3 dari 5 halaman

Sinyal Positif dari Araujo

Araujo sendiri telah memberikan sinyal positif di media sosialnya. Pemain kelahiran Rivera, Uruguay ini mengunggah foto di pusat kebugaran dalam rangka proses penyembuhan cederanya.

"Percayalah pada rencana Tuhan, dia setia dan akan memenuhi setiap janjinya dalam hidup Anda, jangan putus asa, jangan kehilangan iman atau harapan, Tuhan telah menyiapkan jalan untuk Anda, yang akan membawa Anda menuju apa yang selalu Anda impikan," tulis Araujo.

Eks pemain Boston River ini telah absen lima laga di La Liga bersama Barcelona. Padahal sebelumnya Araujo selalu menjadi strater dan dipercaya Xavi Hernandez bermain 90 menit.

Begitu pula di Timnas Uruguay, Araujo telah mencatatkan sembilan kali penampilan di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Bek jangkung ini berhasil mencetak satu assist dalam 648 menit bermain.

4 dari 5 halaman

Skuat Sementara Uruguay

Alonso telah memilih 41 pemain untuk skuad sementara Timnas Uruguay di Piala Dunia 2022 Qatar. Pemain-pemain tersebut diambil dari dua pertandingan uji coba terakhir pada September lalu melawan Iran dan Kanada. Araujo terpilih di antara 41 pemain itu.

Alonso setidaknya memilih 15 pemain berposisi bek. Di antaranya, Jose Gimenez (Atletico Madrid), Federico Pereira (Liverpool Montevideo), Agustin Rogel (Hertha Berlin), Damian Suarez (Getafe) dan Bruno Mendez (Korintus).

Kemudian ada Leandro Cabrera (Espanyol), Matias Vina (Roma), Sebastian Coates (Sporting CP), Martin Caceres (LA Galaxy), Mathias Olivera (Napoli), Guillermo Varela (Flamengo), Sebastian Caceres (America), Joaquin Piquerez (Palmeiras) serta Ronald Araujo (Barcelona).

Pertandingan pertama Uruguay digelar pada 24 November melawan Korea Selatan. Nampaknya ini akan menjadi perjudian untuk pelatih Diego Alonso dalam mengambil keputusan tetap membawa Araujo dalam keadaan belum fit atau tidak.

Dilihat dari skuad sementara yang diumumkan, beruntung lini serang La Celeste masih aman dari badai cedera. Lini depan Uruguay masih akan diisi nama-nama mentereng seperti Suarez, Nunez dan Cavani.

Nama-nama berpengalaman itu akan ditopang para pemain muda seperti Agustin Alvarez, Martin Satriano, dan Facundo Pellistri.

Setelah mengumumkan skuad sementara, Uruguay dan tim lainnya harus menyetorkan minimal 23 pemain dan maksimal 26 pemain resmi pada 14 November 2022. Kemudian, barulah FIFA mengumumkan daftar skuad resmi seluruh tim di Piala Dunia 2022 pada 15 November 2022.

Jumlah ini lebih banyak dari biasanya yang hanya 23 pemain saja dengan pertimbangan persiapan mepet serta liga domestik masih berlangsung.

 

5 dari 5 halaman

Selalu Jadi Kuda Hitam

Setelah menjuarai edisi pertama Piala Dunia tahun 1930 dan Piala Dunia 1950, Timnas Uruguay bisa dibilang hanya menjadi tim kuda hitam di setiap gelaran Piala Dunia

Tim yang pernah dikenal dengan mentalitas Garra Charrua ini tak pernah lagi mentas di final Piala Dunnia, meski 13 kali berpartisipasi di turnamen paling akbar di dunia ini.

Di edisi terakhir Piala Dunia 2018 lalu, Uruguay hanya mampu melenggang hingga ke perempat final. Saat itu langkah mereka dihentikan Prancis, yang kemudian jadi juara di Rusia.

Uruguay melenggang ke Piala Dunia Qatar 2022 setelah finis peringkat tiga pada kualifikasi zona CONMEBOL, di belakang Brasil dan Argentina.

Luis Suarez dan kolega berada di grup kuat pada Piala Dunia 2022, akan bersaing dengan Korea Selatan, Portugal, dan Ghana untuk memperebutkan tiket 16 besar.

Di pertandingan pembuka, mereka sudah harus berhadapan dengan salah satu kekuatan Asia, Korea Selatan, kemudian bertemu juara Piala Eropa 2016, Portugal, sebelum ditantang Ghana di laga terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.