Sukses

Wales Akan Hilang dan Digantikan Cymru Usai Piala Dunia 2022, Ini Alasannya

Federas Sepak Bola Wales, FAW, telah berdiskusi dengan UEFA mengenai rencana perubahan nama mereka di panggung internasional menjadi Cymru.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Nasional (Timnas) sepak bola Wales sedang mempertimbangkan perubahan nama di panggung internasional setelah Piala Dunia 2022.

Federasi Sepak Bola Wales (FAW) ingin menanggalkan istilah Inggris atau bahasa lain di dunia dan menggunakan dengan nama Cymru sebagai nama resmi di tingkat internasional, untuk mencerminkan istilah yang sering disebut di dalam negeri.

Eksekusi perubahan nama Timnas Wales menjadi Cymru diperkirakan berlangsung setelah turnamen di Qatar, ketika Wales akan tampil di Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1958.

"Tim harus selalu disebut Cymru, itulah yang kami sebut di sini," kata Noel Mooney, Kepala Eksekutif FAW dinukil dari ESPN.

"Pandangan kami saat ini adalah bahwa di dalam negeri kami jelas disebut Cymru. Itulah yang kami sebut tim nasional kami. Jika Anda melihat situs web kami, bagaimana kami berbicara tentang diri kami sendiri, kami sangat mirip dengan Cymru."

"Secara internasional kami merasa masih ada sedikit pekerjaan yang harus dilakukan. Jadi kami akan pergi ke Piala Dunia ini sebagai Wales. Tapi saya pikir 2023 akan menjadi tahun ketika kami melakukan diskusi yang baik dengan semua pemangku kepentingan yang berbeda."

Wales bertekad menempuh langkah ini setelah melihat aksi Turki, yang sekarang bersaing di panggung internasional sebagai Turkiye. Nama itu adalah istilah asli yang dipakai di Turki dan bukan versi bahasa asing.

Mooney mengatakan telah ada diskusi tidak resmi dengan UEFA di berbagai acara tentang bagaimana Turki, dan lainnya, dapat mengubah nama ke bahasa mereka sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Piala Dunia 2022 Panggung Kedua untuk Wales

Piala Dunia 2022 merupakan kesempatan kedua Timnas Wales tampil di panggung turnamen sepak bola terbesar tersebut, setelah menanti selama 64 tahun, sejak tampil di putaran final Piala Dunia 1958.

Wales kembali meramaikan kompetisi Piala Dunia 2022 Qatar setelah jadi runner up Grup E pada babak kualifikasi. Mereka lima poin di bawah Belgia dan cuma terpaut satu poin di bawah Republik Ceko.

Wales sukses menorehkan empat kemenangan, tiga hasil imbang dan satu kekalahan saja di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022. Salah satu penampilan Wales yang cukup mencuri perhatian adalah ketika mereka berhasil menahan imbang Belgia 1-1.

Wales memastikan tempat di putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar setelah menyingkirkan Ukraina lewat final playfoff zona Eropa di Stadion Cardiff City.

Tampil di depan publik sendiri, Wales menang dengan skor 1-0. Satu-satunya gol yang tercipta pada pertandingan ini dicetak lewat bunuh diri pemain Ukraina, Andriy Yarmolenko pada menit ke-34. Wales menjadi wakil Eropa terakhir yang melaju ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Pada penyisihan grup Piala Dunia 2022 Wales berada di Grup B bersama Inggris, Amerika Serikat dan Iran. Wales menjadi salah satu tim yang diremehkan, sementara saudara mereka karena sama-sama Britania Raya, Inggris, adalah tim yang diunggulkan.

Bukan hanya melawan Inggris, melawan Iran pun ada potensi Wales dibuat kesulitan oleh wakil Asia tersebut.

Namun hal tersebut wajar, karena catatan Wales di kompetisi Piala Dunia memang tidak terlalu baik. Tim yang berjuluk The Dragons baru tampil kembali di kejuaraan dunia setelah absen 64 tahun.

 

3 dari 5 halaman

Timnas Inggris Mini

Dalam perjalanan menuju Piala Dunia 2022 Qatar, Wales sempat diganggu keputusan Ryan Giggs yang memutuskan mundur dari jabatannya sebagai manajer tim nasional Wales. Keputusan mantan bintang Manchester United ini.

"Setelah banyak pertimbangan, saya memutuskan mundur dari jabatan saya sebagai manajer timnas putra Wales yang berlaku sejak pengumuman ini," kata Giggs.

Setelah itu, Wales menunjuk Robert Page menjadi nahkoda baru Timnas Wales yang mengandalkan mayoritas pemain yang berkiprah di Liga Inggris, atau setidaknya pernah berkiprah di kompetisi sepak bola negara induk mereka.

Jadi tidak mengherankan jika Timnas Wales ibarat Timnas Inggris mini dan akan menarik menyaksikan kolaborasi Gareth Bale dan striker Fulham FC, Daniel James di lini depan tim asuhan Robert Page tersebut pada Piala Dunia 2022 mendatang.

Juga ada nama-nama lain yang berpotensi jadi pemain kunci Wales selama tampil di Piala Dunia 2022.

Di antaranya eks bek sayap Liverpool, Neco Williams yang saat ini bermain untuk Nottingham Forest, dan juga striker lincah Brennan Johnson yang jadi salah satu pemain penting di balik keberhasilan Forest promosi ke Liga Premier Inggris.

4 dari 5 halaman

Andalkan Gareth Bale

Sementara Gareth Bale sendiri sempat diragukan tampil di Piala Dunia 2022 Qatar yang akan berlangsung 20 November hingga 18 Desember.

Pasalnya, Bale mengalami cedera dan harus melewatkan laga semifinal play-off Piala MLS antara Los Angeles Galaxy vs Los Angeles FC di Stadion Banc Of California, Amerika Serikat, Kamis (20/10/2022).

Namun, pelatih LAFC Steve Cherundolo mengungkapkan kondisi terbaru Bale. Dia menyatakan bahwa sang pemain sudah berangsung-angsur pulih. Ia akan memainkannya untuk laga final wilayah barat MLS musim ini.

“Tidak ada lagi cedera untuk dilaporkan. Dia segera kembali berlatih dalam beberapa hari ke depan," kata Steve, dilansir Wales Online. "Di babak berikutnya kita harus memiliki daftar pemain yang lengkap,” jelasnya dilansir dari Wales Online.

Ini jelas menjadi kabar baik bagi publik dan pendukung Timnas Wales. Pasalnya, Bale adalah tulang punggung Wales di Piala Dunia 2022.

Pemain berusia 33 tahun itu memang sempat mengeluh tidak fit setelah menjalani laga di UEFA Nations League bersama Wales.

“Ini tentang bermain menit. Semakin banyak saya bermain, semakin bugar saya. Mudah-mudahan, saya bisa mulai mencapai puncak dan menjadi lebih kuat dan lebih kuat secepat mungkin,” kata Bale belum lama ini.

Sejak didatangkan Los Angeles FC dari Real Madrid awal musim ini. Bale jarang dimainkan. Menurut data transfermarkt, eks pemain Tottenham Hotspur cuma bermain 13 kali dengan torehan dua gol di seluruh kompetisi.

Bale total sudah bermain selama 374 menit bersama LAFC. Kondisi cedera yang belum 100 persen pulih, membuatnya belum diturunkan secara penuh oleh timnya di MLS.

5 dari 5 halaman

Jadwal Wales di Piala Dunia 2022

Sebelumnya Manajer Wales Robert Page mengatakan Gareth Bale pantas mendapatkan rasa hormat dari penggemar Real Madrid saat ia meninggalkan klub.

Bale berhasil memenangkan rekor dan gelar Liga Champions kelima sepanjang kariernya, meskipun nyaris tidak tampil sepanjang musim 2021-2022.

Setelah menghadapi kritik pedas dari penggemar dan media Spanyol di masa lalu, kapten Wales itu mendapat tepuk tangan saat Real Madrid merayakan gelar di Bernabeu.

Bale sendiri yang menjadi sosok pembuat sejarah untuk Wales setelah mencetak satu-satunya gol kemenangan Wales atas Ukraina di laga playoff yang jadi penentu jalan ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Wales lolos ke Piala Dunia FIFA dua kali pada tahun 1958 dan 2022. Pada tahun 1958, mereka mencapai perempat final sebelum kalah dari Brasil yang kemudian jadi juara.

Selasa, 22 November 2022

02.00 WIB - Amerika Serikat vs Wales

Sabtu, 23 November 2022

02.00 WIB - Wales vs Iran

Rabu, 30 November 2022

02.00 WIB - Wales vs Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.