Sukses

Baru Dilanda Cedera, Jonatan Christie Bertekad Tampil di Hylo Open 2022

Liputan6.com, Jakarta - Tunggal putra bulu tangkis Indonesia Jonatan Christie bertekad turun dalam ajang Hylo Open 2022 yang dihelat di Saarlandhalle Saarbrucken, Jerman, mulai Selasa (1/11/2022) hingga Minggu (6/11/2022).

Padahal, sosok yang menghuni peringkat tujuh dunia itu baru saja dilanda cedera kala tampil di French Open 2022 pekan lalu. Jojo tak sanggup menyelesaikan laga perempat final kontra wakil Jepang, Kodai Naraoka.

Ia mengalami masalah pada pergelangan kaki kanannya ketika mencoba menjangkau shuttlecock di depan net.  Jojo sempat meminta perawatan medis, sebelum akhirnya memutuskan retired di game ketiga dengan catatan skor 21–14, 14–21, dan 13–17.

Kendati belum seratus persen pulih, Jonatan Christie telah mengutarakan niatnya untuk mentas di turnamen level Super 300 pekan ini. Pebulu tangkis yang meraih medali emas di Asian Games 2018 itu mengeklaim dirinya tak mengalami cedera serius.

“Sejauh ini, kondisi saya sudah lebih baik, (pergelangan kaki) tidak begitu terasa sakit seperti kemarin. Saya sudah menjalani terapi dan sebagainya. Saya bersyukur tidak mengalami cedera yang serius,” ujarnya dalam keterangan PBSI yang dilansir dari Antara.

Jojo tak menampik bahwa ia masih ragu bisa bermain di Hylo Open 2022. Walau begitu, pebulu tangkis berusia 25 tahun mengaku bakal berupaya mengurangi rasa sakit pada cederanya agar bisa meraup poin tambahan demi lolos ke BWF World Tour Finals akhir tahun ini.

“Beberapa cara akan saya lakukan agar cedera engkel kaki saya tidak berasa sakit dan nantinya bisa bermain di turnamen berikutnya,” kata Jojo.

“Sebenarnya, (saya) masih belum tahu apakah akan bermain di Hylo Open 2022 atau tidak, karena turnamen tersebut penting untuk meraup poin jelang World Tour Finals,” sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Babak 32 Besar

Jika jadi tampil, Jonatan Christie bakal melakoni pertarungan babak 32 besar Hylo Open 2022 pada Rabu (2/11/2022) besok). Ia ditantang tunggal putra asal India Sameer Verma.

Ditilik dari segi ranking, Jojo masih lebih unggul dibanding calon lawannya. Pebulu tangkis kelahiran Jakarta saat ini masih berada di jajaran sepuluh besar dunia, sementara Verma hanya mampu menempati urutan ke-28.

Walau begitu, sang pemain India bukanlah pesaing yang bisa dianggap remeh. Ia sempat menaklukkan andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, dengan 21–15, 21–23, dan 22–20 di babak 32 besar French Open 2022.

Rekor head to head Jojo dan Verma pun cenderung berimbang. Dari total empat pertemuan yang sudah dilakoni di turnamen resmi, mereka sama-sama mengoelksi dua kemenangan.

3 dari 4 halaman

Kecewa

Sebelumnya, Jonatan Christie mengaku kecewa lantaran harus mundur di babak perempat final French Open 2022. Namun, ia tetap bersyukur atas pencapaian yang sudah diraih.

“Kecewa pasti kecewa, tetapi tetap harus bersyukur apapun hasilnya. Semoga waktu 2–3 hari cukup untuk recovery dan bisa segera pulih agar siap tampil di Hylo Open,” tutur Jojo, seperti dikutip dari akun Twitter PBSI.

Pelatih tunggal putra, Irwansyah, mengeklaim keputusan untuk retired diambil usai berdiskusi dengan Jojo. Ia cemas sang pemain mengalami masalah yang sama seperti Shesar Hiren Rhustavito beberapa waktu lalu.

“Saya khawatir, cedera Vito sebelumnya kemudian membayangi saya lagi. Jojo merasa kesakitan saat kakinya menekan. Jadi, akhirnya diputuskan lebih baik tidak melanjutkan pertandingan,” ungkap dia.

“Keputusan retired diambil bersama antara saya dan Jojo. Akhirnya (kami) memilih menyelesaikan pertandingan lebih cepat,” sambung Irwansyah.

4 dari 4 halaman

Wakil Indonesia di Hylo Open 2022

Tunggal Putra:

Anthony Sinisuka Ginting

Shesar Hiren Rhustavito

Chico Aura Dwi Wardoyo

Jonatan Christie

Tunggal Putri:

Gregoria Mariska Tunjung

Ganda Putra:

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana

Ganda Putri:

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

Ganda Campuran:

Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS