Sukses

Menghitung Peluang Lolos ke 16 Besar Liga Champions: 8 Tim Berebut 4 Tiket, Salah Satunya AC Milan

Liga Champions 2022/2023 menggelar laga terakhir fase grup pada 2-3 November 2022. Dari 16 tempat yang tersedia di putaran selanjutnya, 12 sudah diketahui identitasnya.

Liputan6.com, Jakarta - Liga Champions 2022/2023 menggelar laga terakhir fase grup pada 2-3 November 2022. Dari 16 tempat yang tersedia di putaran selanjutnya, 12 sudah diketahui identitasnya.

Mereka adalah Liverpool, Napoli, Club Brugge, FC Porto, Bayern Munchen, Inter Milan, Chelsea, Real Madrid, Manchester City, Borussia Dortmund, Paris Saint-Germain, dan SL Benfica.

Di antara mereka, Bayern Munchen, Chelsea, dan Manchester City sudah mengamankan posisi juara grup. Status tersebut akan menguntungkan saat pengundian putaran perdelapan final digelar.

Sementara empat tempat tersisa diperebutkan delapan tim. Daftarnya mencakup RB Leipzig, AC Milan, RB Salzburg, Shakhtar Donetsk, Sporting CP, Tottenham Hotspur, Eintracht Frankfurt, dan Olimpique Marseille.

Seperti apa situasi dan peluang masing-masing klulb untuk lolos ke babak gugur? Apa yang mereka harus lakukan di pertandingan terakhir?

Lihat hitung-hitungan peluang para peserta UCL menyambut babak gugur di halaman berikutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sengit di Grup D

Tottenham Hotspur, Sporting CP, Eintracht Frankfurt, dan Olimpique Marseille memiliki peluang sama untuk lolos dari Grup D. Pada laga terakhir, Marseille menjamu Tottenham dengan Sporting meladeni Frankfurt.

Pemenang di dua laga tersebut otomatis lolos ke babak 16 besar. Jika sama-sama imbang, maka Tottenham dan Sporting yang melenggang ke putaran selanjutnya.

3 dari 3 halaman

2 Tiket Lain

Dua tiket tersisa lain berada di Grup E dan Grup F. AC Milan bersaing dengan RB Salzburg di Grup E, dengan RB Leipzig saling sikut melawan Shakhtar Donetsk.

AC Milan bertemu Salzburg di partai pamungkas. Artinya, pendamping Chelsea ke babak gugur bakal langsung ditentukan di partai itu. I Rossoneri bakal melenggang asalkan memetik hasil imbang, dengan Salzburg harus meraih kemenangan. 

Kebetulan, tim yang berkepentingan di Grup F juga bertemu di laga pamungkas. Shakhtar tertinggal tiga angka dari Leipzig, tapi unggul rekor pertemuan 4-1 atas klub Jerman tersebut. Artinya, Shakhtar bakal lolos asalkan menaklukkan Leipzig dengan skor berapapun. Sedangkan Leipzig cukup mengincar satu angka untuk menemani Real Madrid ke perdelapan final.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

  • AC Milan adalah salah satu klub tersukses di Serie A Italia dengan raihan 18 trofi
    Associazione Calcio Milan adalah klub sepak bola Italia yang berbasis di Milan, Lombardia. AC Milan bermain di Serie A.

    AC Milan

  • Tottenham Hotspur adalah sebuah klub sepak bola asal Inggris
    Tottenham Hotspur adalah sebuah klub sepak bola asal Inggris

    Tottenham Hotspur

  • Liga Champions Eropa atau Europa Champions League merupakan kompetisi sepak bola antarklub yang berada di wilayah Eropa.
    Liga Champions Eropa atau Europa Champions League merupakan kompetisi sepak bola antarklub yang berada di wilayah Eropa.

    ucl