Sukses

Cetak Gol ke-100 untuk MU, Marcus Rashford Ungkap Perubahan Penting dalam Dirinya

Marcus Rashford jadi pahlawan kemenangan Manchester United atas West Ham di Liga Inggris.

Liputan6.com, Jakarta Marcus Rashford menjadi pahlawan kemenangan Manchester United atas West Ham United dalam lanjutan Liga Inggris, Minggu (30/10/2022). Dalam laga ini, Rashford memawan MU menang 1-0.

Tampil di depan publik sendiri, Stadion Old Trafford, Rashford mencetak gol pada menit ke-38. Ini sekaligus gol ke-100 yang berhasil ditorehkan striker berusia 25 tahun itu bersama MU.

Selain menjadi pemain ke-22 yang mampu menorehkan catatan tersebut, Rashford juga memberi kemenangan berarti bagi MU. Berkat gol semata wayang-nya, kini Setan Merah berhasil menembus lima besar di papan klasemen Liga Inggris 2022/23.

Setan Merah kini mengemas 23 poin dari 12 laga atau terpaut 1 poin dari Newcastle United yang beradad di tempat keempat. Posisi pertama kini masih ditempati Arsenal dengan 31 poin.

Kepada Sky Sports, Rahsford mengaku telah mengalami banyak perubahan musim ini. "Ada energi yang benar-benar berbeda di klub dan tempat latihan," kata Rashford usai pertandingan.

"Itu membuat pikiran saya lebih baik dan saya meraa lebih termotivasi saat ini. Area yang selama ini saya perjuangkan."

Rashford menjelaskan, mental bertanding sempat menjadi masalah yang dihadapinya musim lalu. Bukan hanya karena penampilannya yang buruk di lapangan, tapi masalah-masalah di luar itu.

"Inilah yang jadi perbedaan besar dari musim lalu," katanya.

"Saya mengerti, adalah tugasmu untuk berbciara tentang apa yang terjadi di lapangan.Tapi bagi pemain, kami harus datang dengan pikiran yang tepat untuk setiap laga," beber Rashford.

"Musim lalu, saya terlalu sering datang dengan pikiran yang tidak tepat ke sebuah laga. Saya tidak kaget kalau ada hal-hal yang tidak berjalan semestinya pada saat itu," bebernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ucapan Selamat dari Ronaldo

Lewat akun Instagram-nya, Rashford juga meluapkan kegembiraannya atas gol ke-100 itu. Dia tidak lupa berterima kasih kepada staf di MU dan keluarga yang telah membantunya menorehkan catatan itu. 

"100 gol untuk klub yang spesial ini. Saya sudah berada di sini sejak usia 7 tahun dan melewati pertandingan untuk semua kelompok umur, dan saya berterima kasih kepada staf MU, keluarga, dan rekan setimku yang telah membuat momen ini bisa tercapai," tulis Marcus Rashford. 

Menariknya, postingan Rahsford langsung mendapat respons dari legenda MU, Wayne Rooney. Dia mengucapkan selamat atas pencapaian Rashford. Hal yang sama juga dilakukan oleh Cristiano Ronaldo. Pemain asal Potugal yang masih berseragam MU itu juga memberi selamat kepada Rashford. 

 

 

3 dari 4 halaman

Sederhanakan Hidup

Mantan kapten Manchester United, Gary Neville juga menyambut gembira perubahan yang dialami Rahsford. Menurutnya, sebagai pemain, Rahsford memang sebaiknya perlu menjaga pikirannya tetap jernih. Salah satunya adalah dengan cara memulai hidup lebih sederhana agar tidak menimbulkan banyak masalah. 

"Sungguh menyakitkan mendengar Rashford mengatakan saya tidak berada di pikiran yang tepat menjelang pertandingan," kata Neville. “Tidak diragukan lagi ada terlalu banyak yang dimasukkan ke kepalanya di luar lapangan. Terlalu banyak. Terkadang Anda harus menyederhanakan hidup Anda."

Rashford telah memperkuat Manchester United sejak 2015 lalu. Namun kariernya tidak selalu mulus. Musim lalu, Rahsford sempat melempem dan hanya mencetak 5 gol bersama MU di berbagai ajang.

Di luar lapangan, Rashford dikenal sebagai sosok yang aktif dalam kegiatan sosial. Dia tidak ragu memgkritik kebijakan pemerintah yang dianggap tidak pro pada kaum miskin saat pandemi COVID-19. 

"Dia melakukan banyak hal baik di luar lapangan, sungguh luar biasa apa yang dia capai tetapi ada titik di mana roti dan mentega Anda adalah sepak bola Anda. Dan saya curiga orang-orang di luar lapangan yang dekat dengannya, yang mungkin hanya menariknya sedikit. sedikit dari intinya, yaitu sepak bolanya. Di situlah dia berbicara tentang ruang di kepalanya. Bagi saya dia telah mendapatkannya kembali."

 

4 dari 4 halaman

Menuju Piala Dunia 2022?

Sementara itu, Marcus Rashford tidak dipanggil memperkuat timnas Inggris pada lanjutan Uefa Nations League bulan lalu. Namuan tidak masuk dalam 28 nama yang disiapkan Gareth Southgate pada ajang ini. Padahal itu merupakan uji coba internasional terakhir Three Liones sebelum Piala Dunia 2022. 

Rashford sudah lama tidak memperkuat timnas Inggris. Dia terakhir kali berseragam Three Lions pada Piala Eropa 2020. Dia jadi salah satu yang gagal dalam drama adu penalti melawan Italai di babak final. 

Badai cedera dan penampilan menurun Marcus Rashford membuat dia dilupakan Gareth Southgate. 

Rashford sempat buka suara terkait hal ini. Dia mengaku belum siap memperkuat timnas Inggris.

"Selamat untuk rekan saya di MU yang dipangil timnas. Dalam hal membela timnas Inggris, setiap pemain ingin membela negaranya, saya juga," tulisnya di akun media sosial.

"Sayangnya, saya tak siap untuk itu karena saya terkena cedera yang mendadak."

Piala Dunia 2022 bakal berlangsung mulai 20 November mendatang. Penampilan gemilang Rahsford bersama MU belakangan ini bukan tidak mungkin mengantarnya ke Qatar bersama Three Lions. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Marcus Rashford merupakan pemain sepak bola muda profesional Manchester United
    Marcus Rashford merupakan pemain sepak bola muda profesional Manchester United

    Marcus Rashford