Sukses

Jadwal MotoGP Valencia 2022: Ujian Berat Fabio Quartararo

Fabio Quartararo bakal menjalani seri penutup MotoGP 2022 dengan jari tengah yang bermasalah.

Liputan6.com, Jakarta Fabio Quartararo bakal tampil di seri penutup MotoGP 2022 dengan kondisi cedera. Jari tengahnya mengalami masalah setelah terjatuh pada sesi latihan bebas di Sirkuit Sepang, Minggu lalu. 

Beruntung, cedera yang menimpa Quartararo tidak terlalu parah. Pembalap Monster Energy Yamaha itu masih bisa bersaing dalam seri terakhir di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (6/11/2022). 

Dilansir dari Motosan, Quartararo memang harus melalui hari yang berat di GP Malaysia. Rintangan mulai mengadang pembalap asal Prancis saat tampil pada latihan bebas. Dalam sesi ini, sang juara bertahan sempat terjatuh hingga menyebabkan benturan cukup keras di bagian tangan kirinya. 

Namun Quartararo enggan menyerah. Usai mengkompres bagian yang bengkak menggunakan es batu, Fabio Quartararo kembali ke lintasan untuk ambil bagian dalam sesi kualifikasi kedua (Q2). 

Dokter tim Angle Charte, telah memeriksa Quartararo. Dari diagnosa awal ditemukan tulang yang patah di jari tengah Quartararo. Meski demikian, Quartararo tetap melanjutkan kiprahnya. 

Saat lomba berlangsung, Quartararo start dari urutan ke-12. Dia kemudian tampil memukau dan berhasil melewati satu per satu para pesaingnya dan mengakhiri lomba di urutan ketiga. Hasil ini sekaligus memunda pesta juara sang rival, Francesco Bagnaia yang berhasil finis di urutan pertama. 

Bagnaia kini terpaut 23 poin dari Quartararo. Dia hanya butuh 2 poin di seri penutup Valencia untuk menjadi juara dunia. Meski demikian, Quartararo belum menyerah dan akan bersaing hingga akhir. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Operasi Kecil

Sejak Selasa lalu, Quartararo sudah berada di Eropa. Dia lalu melanjutkan persiapannya dengan menemui psioterapi di kampung halamannya, Nice. Dari pertemuan itu, patah tulang yang menimpa Quartararo kembali dikonfirmasi. Quartararo kemudian disarankan untuk menjalani operasi kecil. 

"Semuanya beres, Fabio telah menjalani pemeriksaan dan harus menghadapi intervensi kecil yang tidak mendesak. Oleh karena itu, tindakan itu akan dilakukan setelah Valencia," tulis Yamaha. 

 

3 dari 4 halaman

Enggan Menyerah

Sementara itu, Quartararo sadar kalau tantangan yang dihadapi di Valencia tidak akan mudah. Sebab sangat rival, Bagnaia hanya perlu finis di urutan ke-14 untuk mengunci gelar juara dunia 2022. 

Ricardo Tormo juga bukan sirkuit yang disukai Quartararo. Meski demikian, dia tak mau menyerah begitu saja. Menurut pembalap 23 tahun itu, apapun masih mungkin terjadi di Ricardo Tormo. 

"Kami membawa misteri ke Valencia, apapun bisa terjadi, meski itu adalah sirkuit yang tidak saya sukai. Hal pertama yang harus kami lakukan adalah memenangkan perlombaan, dan bagi Pecco untuk menjalani hari yang sangat sulit, itu sulit,” kata Quartararo beberapa waktu lalu.

 

  

4 dari 4 halaman

Jadwal MotoGP Valencia

Jumat, 4 November 2022

15.55-16.40: Free Practice 1

20.10-20.55: Free Practice 2

 

Sabtu, 5 November 2022

15.55-16.40: FP 3

19.30-20.00: FP4

20.10-20.25: Kualifikasi 1

20.35-20.50: Kualifikasi 2

 

Minggu, 6 November 2022

15.40-16.00: Pemanasan

20.00: Balapan Resmi

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.