Sukses

Unai Emery Ditunjuk Tangani Aston Villa, Eks Pemain Inggris: Dia Pelatih Hebat

Eks pemain asal Inggris Jamie Carragher mendukung keputusan Aston Villa menunjuk Unai Emery sebagai manajer baru di Villa Park. Ia menilai Emery merupakan sosok pelatih hebat.

Liputan6.com, Jakarta - Eks pemain asal Inggris Jamie Carragher mendukung keputusan Aston Villa menunjuk Unai Emery sebagai suksesor Steven Gerrard di Villa Park. Pasalnya, Emery dinilai merupakan sosok pelatih hebat.

Seperti diketahui, Emery baru saja dikonfirmasi menjadi juru taktik baru The Villans. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh pihak klub melalui cuitannya di Twitter pada Selasa (25/10/2022) dini hari WIB.

“Aston Villa dengan senang hati mengumumkan penunjukan Unai Emery sebagai pelatih kepala baru di klub,” tulis mereka sembari menyematkan foto eks manajer Arsenal.

Adapun kehadiran Emery merupakan buntut pemecatan Gerrard dari kursi panas Villa Park. Eks legenda Liverpool tersebut didepak lantaran gagal mengantar Aston Villa meraih hasil menjanjikan sejak awal musim ini.

The Villans terus-terusan menorehkan catatan buruk di kancah domestik. Mereka bahkan sempat terlempar ke urutan 17 klasemen Liga Inggris, atau satu tingkat di atas zona degradasi. Puncaknya terjadi kala Aston Villa takluk 0–3 di tangan Fulham, Jumat (21/10/2022).

Para pemain sontak menerima banyak tekanan dari berbagai pihak. Danny Ings dan kawan-kawan bahkan disoraki oleh pendukung sendiri selepas laga. Suporter geram lantaran tim kesayangannya tampil tanpa kemenangan di empat pertandingan.

Manajemen yang tak terima akan hal ini lantas menurunkan Gerrard dari jabatannya. Pihak klub langsung mencari nama pengganti yang bisa mengambil alih tugas manajer berusia 42 tahun itu.

Emery pun muncul sebagai salah satu opsi. Ia sempat bersaing dengan mantan juru taktik Chelsea Thomas Tuchel serta eks pelatih PSG Mauricio Pochettino. Namun, laporan Metro menyebut keduanya ogah mengambil peluang tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berpengalaman

Bukan hal yang mengejutkan jika Emery dipercaya menangani Aston Villa. Ia memang cukup berpengalaman menangani tim-tim top Eropa. Meski tak terlalu moncer bersama Arsenal, pelatih 50 tahun itu berprestasi di Sevilla dan Villarreal.

Carragher pun mengaku sependapat dengan penunjukan Emery. Menurutnya, keputusan itu luar biasa. Apalagi Emery mampu mengantar tim-tim asuhannya meraih sejumlah trofi bergengsi sepanjang karier kepelatihannya.

“Saya rasa, (penunjukan Emery) bakal luar biasa. Saya adalah fans berat Unai Emery,” ujarnya kepada Sky Sports sebelum mantan manajer Sevilla resmi ditunjuk menukangi Aston Villa.

“Jika Anda melihat kariernya, ia mampu sukses bersama tim-tim yang (levelnya) di bawah klub elite. Tim-tim tersebut bahkan mampu bersaing dengan yang lebih besar.”

“(Kariernya) tak berjalan baik di Arsenal, tetapi coba lihat hal yang dia lakukan di Villarreal, (mereka) menjadi juara Liga Europa,” sambung Carragher.

3 dari 4 halaman

Mampu Bersaing

Carragher tak menampik bahwa Emery kurang cocok dengan klub seperti Barcelona dan Real Madrid. Walau begitu, dia bisa bersaing. Kemampuannya mengorganisasi tim menjadi nilai tambah di mata eks pemain Liverpool. Emery pun dinilai pas untuk The Villans saat ini.

“Bukan bermaksud tidak menghormati, tetapi dia (Emery) bukan tipe manajer untuk (tim seperti) Barcelona atau Real Madrid. Walau begitu, ia mampu bersaing dengan tim-tim besar yang memiliki banyak uang,” tutur Carragher.

“Dia mampu membuat timnya terorganisasi dan dia adalah pelatih hebat. Untuk Aston Villa saat ini, (penunjukan Emery) bakal luar biasa,” pungkas sosok yang menghabiskan karier seniornya bersama The Reds itu.

4 dari 4 halaman

Mulai November

Laporan menyebut Unai Emery bakal mulai melakukan tugasnya di Villa Park bulan depan. Pria kelahiran 1971 itu bisa bertugas setelah izin kerjanya rampung pada 1 November mendatang.

Di sisi lain, Aston Villa baru saja mencatatkan hasil positif dalam kompetisi Liga Inggris. Setelah ditinggal Gerrard, mereka malah pesta gol dengan 4–0 saat menjamu Brentford pada Minggu (23/10/2022) lalu.

Hasil itu sekaligus memperbaiki posisi Villa di klasemen sementara. Mereka merangsek menjauhi zona degradasi. Aston Villa sementara ini duduk di peringkat 15 dengan torehan 12 poin, terpaut tiga poin dari Leeds United yang menghuni area berbahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.