Sukses

Anti Ngantuk, 5 Tips Aman Begadang Nonton Bola

Sederet tips aman begadang untuk nonton bola.

Liputan6.com, Jakarta - Begadang boleh saja kalau ada perlunya. Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan penggalan lirik populer yang dibawakan oleh Rhoma Irama ini. Kebiasaan terjaga di malam hari sebenarnya tidak bagus untuk kesehatan Anda. Malam adalah waktu terbaik untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran setelah menghabiskan energi seharian penuh. Namun, ada momen-momen tertentu yang mengharuskan kita untuk begadang. Salah satunya kegiatan nonton bola.

Pecinta sepak bola di Indonesia kadang harus merelakan jam tidurnya di malam hari agar tetap bisa menonton siaran langsung pertandingan klub favoritnya. Hal dikarenakan perbedaan waktu yang cukup jauh antara Indonesia dengan negara-negara Eropa. Belum lagi dengan rasa kantuk yang melanda. Fokus pun hilang. Padahal Anda harus tetap setia memantau layar tancap supaya tidak ketinggalan momen-momen penting saat pertandingan disiarkan. 

Lantas, cara-cara aman apa saja yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri terjaga semalaman penuh? Yuk, intip sederet tips aman begadang untuk nonton bola berikut ini!

1. Olahraga

Olahraga di malam hari memang tidak dianjurkan bila Anda ingin tidur nyenyak. Namun, bila anda ingin tetap terjaga semalaman, Anda bisa mencoba olahraga dengan intensitas ringan. Energi yang dikeluarkan saat berolahraga dapat membuat tubuh terjaga. Perlu digaris bawahi bahwa tidak semua olahraga bisa Anda lakukan. Melansir dari Healthline, jika ingin begadang, Anda hanya perlu berjalan-jalan santai selama 10 menit. Latihan aerobik selama 30 menit juga sangat membantu tubuh kuat begadang. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Konsumsi Minuman Berkafein

Kafein sangat membantu untuk membuat Anda tetap terjaga. Menyesap kopi dapat mengusir kantuk. Namun, Anda harus tetap memperhatikan dosis kafein yang dikonsumsi. Kafein dosis tinggi dapat menimbulkan kecemasan dan menurunkan konsentrasi. Espresso bisa jadi salah satu jenis kopi yang aman dan manjur membuat Anda begadang semalaman. 

3 dari 5 halaman

3. Tidur Siang

Tidur siang yang singkat dapat membantu Anda kuat untuk begadang di malam hari. Melansir dari Healthline, penelitian tentang pekerja shift malam menemukan bahwa tidur siang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kinerja. Tak perlu terlalu panjang,  tidur siang selama 15 hingga 20 menit saja sudah cukup. 

4 dari 5 halaman

4. Buat Ruangan Terang

Kegelapan memberi isyarat tubuh untuk melepaskan melatonin sehingga dapat membuat Anda merasa mengantuk. Bila ingin menonton bola tanpa diganggu rasa kantuk, cobalah menggunakan lampu terang di ruangan Anda. Carilah bola lampu LED yang cahayanya mirip sinar matahari. Hal ini membantu Anda terjaga lebih lama.

5 dari 5 halaman

5. Mandi Air Dingin

Mandi air dingin menjadi salah satu metode lain untuk menghilangkan rasa kantuk. Hal ini terjadi karena adanya perubahan suhu pada tubuh membuat tubuh terasa lebih segar. Bila mandi tidak memungkinkan, Anda cukup membasuh wajah dengan air dingin saja. Tak lupa dengan menyikat gigi sehingga membuat Anda segar kembali dan siap melanjutkan tontonan bola.

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.