Sukses

5 Negara dengan Skuad Termuda di Piala Dunia 2022

Lima negara kontestan Piala Dunia 2022 Qatar yang mengandalkan para pemain muda di skuadnya.

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia 2022 Qatar akan dimulai kurang dari waktu satu bulan lagi. Sebanyak 32 negara yang mengisi delapan grup akan memperebutkan trofi yang terbuat dari emas 18 karat dan dua lapisan perunggu.

32 tim yang lolos ke Piala Dunia Qatar 2022 diwakili oleh 13 Tim dari zona UEFA (Eropa), 4 tim dari zona CONMEBOL (Amerika Selatan), 3 tim dari zona CONCACAF (Amerika Utara), 5 tim dari zona CAF (Afrika), dan 5 tim pada zona AFC (Asia) termasuk tuan rumah Qatar.

Semua negara mempersiapkan kekuatan skuad masing-masing dari jauh-jauh hari. Mayoritas negara akan tampil dengan materi terbaiknya yang diisi oleh pemain-pemain berpengalaman dari sisi usia.

Namun, sebagian lainnya memilih berduel dengan membawa materi pemain-pemain muda yang bersinar di klubnya masing-masing dan memikat pelatih. Berikut deretan 5 negara dengan skuad termuda di Piala Dunia 2022:

1. Amerika Serikat

Timnas Amerika Serikat berhasil comeback setelah gagal lolos di Piala Dunia 2018 Rusia. Salah satu kunci sukses tim yang dipimpin oleh Gregg Berhalte ini adalah dengan menggunakan para pemain muda dan meninggalkan pemain senior di tim.

Dilansir dari FoxSports, Amerika Serikat memiliki skuad rata-rata paling muda di antara negara lainnya pada Piala Dunia 2022 Qatar. Timnas Amerika Serikat diisi oleh rata-rata pemain dengan umur 24,2 tahun.

Beberapa pemain Amerika juga merupakan pemain penting di klub besar eropa, sebut saja pemain FC Brcelona yang dipinjamkan ke AC Milan, Sergino Dest (21 tahun), Christian Pulisic (24 tahun) yang membela Chelsea, pemain Borussia Dortmund Gio Reyna (19 tahun) dan Weston McKennie yang membela Juventus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Ekuador

Tim yang dijuki La Tricolore ini menempati posisi kedua tim dengan rataan umur termuda di Piala Dunia 2022 Qatar. Rata-rata umur skuad La Tricolore yaitu 24,7 tahun yang hanya terpaut 5 bulan lebih tua dari Amerika Serikat.

Tim asuhan Gustavo Alfaro ini lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar setelah mengukuhkan posisinya sebagai tim peringkat keempat pada kualifikasi zona Amerika Selatan atau CONMEBOL. Ekuador menyusul tiga negara yang telah lolos lebih cepat seperti Brasil, Argentina, dan Uruguay.

Adapun bintang muda Timnas Ekuador yaitu Pervis Estupinian (24 tahun) yang membela klub Inggris, Brighton and Hove Albion, kemudian rekan satu tim Estupinan di Brighton juga termasuk bintang muda yang gemilang, yaitu Moises Caicedo (20 tahun). Lalu ada juga bek muda Bayern Leverkusen, Piero Hincapie (20 tahun).

 

3 dari 5 halaman

3. Ghana

Dilansir dari Statista, Ghana memiliki rata-rata skuad berusia 25,2 tahun. Memang, beberapa pemain andalan tim yang dijuluki The Black Stars ini berusia di bawah 25 tahun.

Misalnya, bek Southampton, Mohammed Salisu (23 tahun) dan gelandang serang Ajax Amsterdam, Mohammed Kudus (22 tahun) serta winger andalan Rennes, Kamaldeen Sulemana (20 tahun).

Timnas Ghana melaju ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar setelah menyingkirkan Nigeria lewat keunggulan agregat gol tandang, ini merupakan Piala Dunia keempat bagi Ghana setelah pertama kali masuk Piala Dunia tahun 2006.

Ghana tergabung dalam grup H bersama Uruguay, Korea Selatan dan Portugal. The Black Stars akan menghadapi Portugal pada laga perdananya, sebelum menghadapi Korea Selatan dan terakhir Uruguay.

Sejatinya Timnas Ghana mendapatkan suntikan tenaga baru untuk Piala Dunia 2022 nanti karena Ghana menaturalisasi beberapa pemain bintang. Seperti Inaki Williams, Tariq Lamptey dan Callum Hudson-Odoi.

 

4 dari 5 halaman

4. Wales

Piala Dunia 2022 merupakan penampilan pertama Timnas Wales setelah 64 tahun absen. Piala Dunia kali ini menjadi kali kedua Timnas Wales mengikuti turnamen empat tahunan ini, terakhir pada Piala Dunia 1958.

Wales lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar setelah menang 1-0 atas Ukraina dalam laga playoff. Gareth Bale dan kawan-kawan akan tergabung dalam grup B bersama Inggris, Amerika Serikat dan Iran.

Menurut Statista, rata-rata usia skuad Timnas Wales yang dibawa ke Piala Dunia 2022 masih tergolong muda, yaitu 25,5 tahun. Beberapa pemain bintang milik Wales yang berusia di bawah 25 tahun yaitu Ethan Ampadu (22), Neco Williams (21) dan Daniel James (24).

 

5 dari 5 halaman

5. Inggris

Di posisi kelima, ada Timnas Inggris yang hanya berbeda satu bulan saja dengan Wales. Rata-rata skuad Timnas Inggris yaitu 25,6 tahun. Hal ini karena mayoritas nama mentereng yang dibawa Gareth Southgate ke Qatar memang masih berusia di bawah 25 tahun.

Sebut saja, winger Arsenal, Buyako Saka (21 tahun), gelandang Borussia Dortmund, Jude Bellingham (19 tahun), winger Manchester City, Phil Foden (22 tahun), gelandang serang Chelsea, Mason Mount (23 tahun) dan gelandang bertahan West Ham United, Declan Rice (23 tahun).

The Three Lions lolos ke Piala Dunia 2022 sebagai pemincak Grup I kualifikasi Piala Dunia 2022. Pada gelaran Piala Dunia nanti, Inggris berada dalam grup B bersama Wales, Amerika Serikat dan Iran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.