Sukses

MGPA Targetkan 50 Ribu Penonton per Hari di WSBK Mandalika 2022

Sirkuit Mandalika bakal kembali kebagian kesempatan untuk menghelat ajang World Superbike (WSBK) 2022 bulan depan. Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menargetkan 50.000 penonton per hari untuk hadir meramaikan kompetisi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal kembali mendapat kesempatan untuk menghelat ajang World Superbike (WSBK) 2022 pada 11–13 November mendatang.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengaku pihaknya menargetkan 50.000 penonton per hari untuk hadir meramaikan kompetisi tersebut.

“Kita inginnya 50.000 (penonton) per hari (di WSBK 2022). Kita juga sudah bicara (pada) Gubernur (NTB), Dinas Pariwisata. Kemarin saya ketemu (dengan mereka),” ujarnya saat diwawancarai di Sirkuit Mandalika pada Sabtu (15/10/2022) lalu.

Terkait hal ini, Priandhi juga membeberkan rencana untuk mengatasi antrean yang terjadi selama pelaksanaan WSBK. Menurutnya, penyelenggara nantinya akan menyediakan fast lane dan regular lane bagi pengunjung.

“Kita rapikan lagi (antrean penonton). Nanti di setiap pintu, kita akan ada fast lane dan regular lane. Kalau (penonton) yang mau cepat, datangnya tidak usah bawa tas, supaya tidak usah diperiksa,” bebernya.

Sekadar informasi, MGPA saat ini tengah melakukan perbaikan Sirkuit Mandalika demi menunjang perhelatan World Superbike 2022 bulan depan. Hal itu juga merupakan bentuk upaya MGPA dalam memenuhi permintaan Dorna.

“Namanya kita sebut reimprovement. Jadi dalam reimprovement ini, ada beberapa hal (yang harus diperbaiki) sesuai dengan keharusan dan sumbang saran dari Dorna," ujar Dirut MGPA, Sabtu (15/10/2022).

Terdapat tiga poin perbaikan yang diinginkan Dorna di Mandalika. Perbaikan itu meliputi pelebaran run-off, perubahan kerb, serta resurfacing aspal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Rampung

Menurut Priandhi, dua dari tiga rikues telah rampung dilaksanakan. Sementara itu, proses pengaspalan baru dimulai pada Minggu (16/10/2022).

“Ada pelebaran run-off. Itu contohnya di tikungan 1, run off-nya sudah lebar, kita lebarkan lagi. Di tikungan 16, tikungan 10 juga. Itu (progresnya) sudah 100 persen. Jadi pelebarannya sudah, tinggal pengecatannya," beber Dirut MGPA.

“Ada juga keharusan mengubah kerb, yang awalnya reguler kerb, menjadi Misano. Itu ada di tikungan 5. Itu juga sudah 100 persen kita kerjakan. Jadi, semua kerb-nya sudah sesuai dengan permintaan Dorna."

"Kemudian yang ketiga, yang juga merupakan keharusan adalah permukaan atasnya aspal dilakukan perbaikan supaya friksinya lebih menggigit dan kekuatannya lebih kuat dibandingkan sebelumnya," sambung dia.

3 dari 3 halaman

Ajang Promosi

Priandhi berharap WSBK 2022 nantinya dapat menjadi ajang untuk mempromosikan pariwisata NTB di mata dunia. Pasalnya, tak hanya penonton, kompetisi tersebut juga bakal dihadiri oleh wartawan dan media, baik dari lingkup lokal, nasional, maupun internasional.

“Kita minta dan sarankan ke mereka (Gubernur dan Dinas Pariwisata) supaya WSBK ini dijadikan ajang pemerintah provinsi setempat. Ini sudah jadi panggung yang bagus. Ada wartawan Indonesia, wartawan nasional, wartawan lokal, wartawan internasional; baik cetak, koran, online, (maupun) TV (yang meliput).”

Seperti diketahui, Sirkuit Mandalika memang cukup populer di kancah kompetisi roda dua. Trek yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat itu sudah pernah menggelar ajang bergengsi World Superbike (WSBK) dan MotoGP beberapa waktu lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.