Sukses

5 Pemain dengan Assist Terbanyak dalam Sejarah Piala Dunia

Tidak hanya gol, mencetak banyak assist juga layak diperhitungkan di setiap Piala Dunia.

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia 2022 Qatar kembali jadi panggung bagi para pesepak bola terbaik di dunia untuk menunjukkan kemampuannya. Berbagai rekor bakal tercipta. Mulai dari jumlah gol hingga assist yang telah dicapai. 

 

Assist menjadi sangat penting akhir-akhir ini, beberapa bahkan menganggapnya sama pentingnya dengan gol. Baik mencetak gol maupun assist memang begitu didambakan di Piala Dunia.

Mari kita lihat 5 pemain teratas dengan assist terbanyak dalam sejarah Piala Dunia.

5. Toni Kroos (Jerman) – 4 assist

Sang maestro lini tengah Real Madrid ini telah bermain di tiga Piala Dunia. Toni Kroos menghabiskan sebagian besar Piala Dunia 2010 di bangku cadangan dan perjalanannya berakhir melawan Spanyol di semifinal. Namun, Kroos membuat dampak instan di Piala Dunia 2014.

Jerman tanpa henti mengalahkan Portugal 4-0, di mana Kroos mengantongi dua assist, tetapi ini bukan kemenangan terbaik mereka. Tim Jerman mengalahkan Brasil 7-1 secara brutal di semifinal. Kroos mengantongi satu assist dan dua gol ke gawang Brasil.

Secara keseluruhan, gelandang Jerman itu memiliki empat assist atas namanya. Semuanya terjadi di Piala Dunia 2014. Dia bahkan memenangkan IFFHS Playmaker of Year Award pada 2014.

4. Juan Cuadrado (Kolombia) – 5 assist

Pemain sayap Kolombia ini telah membuat cukup reputasi untuk dirinya sendiri selama bertahun-tahun. Juan Cuadrado sangat fleksibel dan bisa bermain sebagai gelandang dan pemain sayap serta dikaitkan dengan kecepatan dan keterampilan dribbling-nya.

Cuadrado memiliki pendekatan langsung ke permainan yang dikombinasikan dengan kemampuan pengambilan keputusannya yang luar biasa. Itu membuatnya layak ditempatkan dalam daftar ini. Dia telah mengumpulkan lima assist di Piala Dunia.

Pemain Kolombia seperti banyak pemain lain dalam daftar tampil sangat baik di Piala Dunia 2014. Dia memberikan tiga assist dalam dua pertandingan penyisihan grup dan satu melawan Uruguay di babak 16 besar. Namun, timnya gagal melawan Brasil di perempat final.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketika Pemain Amerika Latin Tampil Dominan

3. James Rodriguez (Kolombia) – 5 assist

Seorang Kolombia lain dalam daftar bersama Juan Cuadrado. Rodriguez telah bermain untuk klub besar seperti Real Madrid dan Bayern Muenchen. Momen terbaik dalam kariernya adalah di Piala Dunia 2014, di mana dia tidak diragukan lagi adalah pemain terbaik turnamen tersebut.

Tendangan voli indah yang dicetak Rodriguez ke gawang Uruguay adalah salah satu gol terbaiknya. Sayangnya, gol terakhirnya datang melawan Brasil dalam kekalahan 2-1 yang membuat mereka tersingkir dari turnamen.

Rodriguez memenangkan Sepatu Emas di Piala Dunia 2014. Dia mencetak enam gol dalam lima pertandingan. Gelandang Kolombia itu telah memberikan lima assist dalam tiga Piala Dunia yang dia mainkan.

2. Lionel Messi (Argentina) – 6 assist

Tidak mengherankan melihat Lionel Messi dalam daftar ini. Messi telah memenangkan penghargaan playmaker of the dekade IFFHS. Messi adalah playmaker dan pencetak gol yang sangat baik. Pemain Argentina itu memiliki assist terbanyak secara keseluruhan dalam sejarah sepak bola.

Messi telah mengumpulkan enam assist melalui empat Piala Dunia yang dia mainkan. Perjalanan Messi di Piala Dunia adalah perjalanan rollercoaster. Pemain Argentina itu nyaris memenangkan edisi 2014, tetapi gol Mario Gotze mengakhiri harapan Argentina. Tak heran, Messi meraih bola emas di Piala Dunia 2014.

Penyerang PSG itu memberikan dua assist di Piala Dunia 2018, keduanya melawan Prancis. Sayangnya, Argentina kalah 3-4 dari Prancis, tetapi laga itu dicap sebagai salah satu pertandingan terbaik dalam sejarah Piala Dunia.

3 dari 3 halaman

Siapa yang Bisa Gulingkan Rekor Pele?

1. Pele (Brasil) – 10 assist

Banyak yang menganggap Pele sebagai pemain terhebat sepanjang masa. Ini semua karena statistiknya yang luar biasa. Tidak ada pemain, termasuk Messi dan Ronaldo, yang bisa dibandingkan dengan legenda Brasil itu.

Pele telah bermain di empat Piala Dunia dan memiliki assist terbanyak (10). Dia telah membuat banyak rekor luar biasa yang belum dipecahkan sejauh ini.

Dia hanya memberikan tiga assist dalam tiga Piala Dunia pertamanya. Namun, pemain Brasil itu tampil luar biasa di Piala Dunia 1970, di mana dirinya mencetak tujuh gol dan memberikan tujuh assist. Dia memberikan tiga assist di dua final (1958 dan 1970), di mana Brasil memenangkan Piala Dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini