Sukses

6 Tips Sehat dan Bugar Selama Begadang Nonton Piala Dunia 2022

Jangan biarkan kesehatan menghalangi kita untuk menonton Piala Dunia, begitulah pemikiran penggila bola. Agar stamina tetap terjaga, yuk ikuti beberapa tip begadang berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia FIFA datang setiap empat tahun sekali. Salah satu tantangan terbesar adalah untuk bertahan dari acara yang dianggap sebagai pertunjukan terbesar di bumi selama satu bulan penuh, tanpa jatuh sakit atau kurang tidur.

Menantikan Piala Dunia 2022 di Qatar, membuat Anda harus menyusun strategi dengan matang agar menonton bola tidak mempengaruhi kesehatan atau aktivitas sehari-hari mulai sekarang.

Jadi bagaimana Anda bisa bertahan di bulan November tanpa mengorbankan runtinitas harian? Yuk ikuti beberapa tips begadang yang aman seperti dilansir dari Family, Selasa (11/10/2022).

1. Jaga tubuh tetap terhindrasi

Ini adalah hal mendasar yang dibutuhkan jika Anda ingin begadang selama beberapa malam atau selama Piala Dunia berlangsung, yaitu perbanyak minum air putih dan terus minum kapan pun Anda bisa. 

Mengapa? Karena berbagai alasan kesehatan tentunya. Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik akan membantu kita mempertahankan suhu tubuh, menjaga pelumas sendi, mencegah infeksi, mengantarkan nutrisi ke sel, dan menjaga organ berfungsi dengan baik.

Membiarkan tubuh terhidrasi juga dapat meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan fokus, dan menjaga suasana hati.

Para ahli merekomendasikan minum air mineral sekitar 11 gelas per hari untuk wanita dan 16 gelas untuk pria. Ingat ya, air putih bukan air seperti kopi, teh, soda atau minuman dengan kandungan gula tambahan yang justru bisa membahayakan kesehatan kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Olahraga ringan

Langkah selanjutnya adalah aktivitas dengan segudang manfaat tetapi kerap jadi musuh banyak orang, apalagi kalau bukan olahraga. 

Mendengar kata olahraga, pasti Anda sudah malas. Jangankan begadang, bahkan tidur di awal waktu saja tak membuat semangat olahraga Anda muncul. Lantas, apakah ini benar-benar solusi efektif? Ya, tentu saja. Bulatkan tekat olahraga seperti Anda bertekat untuk menonton pertandingan Piala Dunia 2022 tanpa terlewat satu pun.

Tinggalkan pemikiran bahwa olahraga itu berat. Karena olahraga ringan bisa Anda lakukan pada waktu jeda pertandingan sepak bola. Di waktu tersebut, Anda bisa meluangkan waktu untuk peregangan tubuh dengan gerakan pemanasan ringan, squad, plank, atau yoga. 

Sesi keringat malam ini juga dapat membuat tubuh Anda siap untuk menjalini hari esok tanpa kekurangan stamina sedikitpun. Tak hanya itu, olahraga juga akan membantu meningkatkan kekuatan otot, memperbaiki konsentrasi, menambah energi menghilangkan stres, membakar kalori, menyehatkan jantung, mencegah obesitas, dan mengendalikan kadar gula darah.

 

3 dari 4 halaman

Istirahat dan Tidur selama 20 menit

3. Tidur selama 20 menit di siang hari

Jika Anda menonton pertandingan Piala Dunia selama dua jam di malam hari, bukan berarti Anda mengganti kerugian tidur ‘dua jam’ tersebut pada siang harinya. Alih-alih sehat, justru malah bikin organ tubuh Anda teriak meminta tolong. 

Cara yang mungkin Anda anggap efektif ini sama saja seperti mengacaukan waktu tidur dan waktu kerja organ tubuh kita. Lalu bagaimana solusinya? Yang Anda butuhkan hanyalah tidur siang singkat selama 20 hingga 30 menit untuk bisa begadang lagi dalam waktu yang lama.

Menurut penelitian, tidur singkat dapat membuat Anda berlari bahkan melakukan aktiviitas pun menjadi lebih maksimal daripada sebelumnya. Jadi, ambil jatah waktu makan siang untuk tidur sebentar selama 20 menit.

4. Istirahat singkat selama jam kerja

Jika Anda begadang semalaman menonton Piala Dunia dan entah bagaimana secara ajaib berhasil, maka tantangan berikutnya adalah tetap terjaga selama delapan jam ke depan selama di kantor, sekolah atau tempat kuliah.

Sulit? Ya, sudah pasti. Apalagi ini akan berlangsung selama satu bulan penuh. Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, maka ambilah waktu singkat untuk beristirahat. Buat secangkir kopi, mengobrol dengan rekan kerja, atau berjalan-jalan sebentar untuk merileksasikan pikiran.

Bersantai walau sebentar ternyata dapat mendorong kita untuk melalui waktu di siang hari dan bertahan pada malam selanjutnya.

4 dari 4 halaman

Mandi air dingin dan hindari camilan

5. Mandi air dingin

Begadang selama pertandingan Piala Dunia bisa bikin tubuh terasa berat dan lelah. Untuk itu, mandi air dingin sebelum berangkat aktivitas wajib Anda lakukan. 

Penelitian menunjukkan bahwa mandi air dingin dapat mengurangi kelelahan dan sangat ideal dalam mengisi energi tubuh.

Trus kalau terlambat bangun dan tak sempat mandi gimana? Tenang, Anda hanya perlu menyiapkan pakaian, handuk dan alat mandi untuk di bawa ke kantor dan mandi setelah Anda tiba.

6. Menahan diri dari minuman energi dan camilan

Cemilan dan minuman energi untuk menemani waktu menonton pertandingan Piala Dunia? Jelas itu perlu kalian tinggalkan. Mungkin kalau diminum sesekali saja tidak mengapa, tetapi jika dipakai sebagai dopping dan dikonsumsi secara berlebihan, maka akan menjadi masalah pada tubuh. 

Efek samping ini bisa muncul karena zat yang terkandung pada minuman berenergi lamba diserap oleh tubuh dan mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Banyak ahli yang menyatakan bahwa minuman berenergi ataupun camilan manis dan gurih dapat memicu kerusakan gigi, sakit kepala, dan mempengaruhi suasana hati.

Sebagai solusi, lebih baik Anda mengisi perut dengan beragam pilihan makanan bergizi yang menyehatkan dan mengenyangkan. Ingat, menjaga kesehatan itu sama serunya dengan pertandingan sepak bola, jadi tidak boleh ada yang dikalahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.