Sukses

Lavani dan PDAM Tirta Bhagasasi Lakoni Laga Ulangan di Final Divisi I Livoli 2022

PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi dan Lavani Bogor mendapat promosi ke Livoli Divisi Utama usai keduanya berjaya dalam babak semifinal yang dihelat di GOR Debes, Kabupaten Tabanan, Bali pada Sabtu (1/10/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Dua tim putra asal Jawa Barat, PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi dan Lavani Bogor, dipromosikan ke Livoli Divisi Utama. Kepastian ini didapat usai keduanya memenangkan laga semifinal yang dihelat di GOR Debes, Kabupaten Tabanan, Bali pada Sabtu (1/10/2022).

PDAM lolos ke partai puncak setelah mengungguli TNI AL dengan 3–0 (25-21, 25-13, 25-19). Sementara itu, Lavani mendapat tiket menuju final pasca menaklukkan Singo Yudha, juga lewat skor 3–0 (25-13, 25-12, 25-22).

Keduanya tim selanjutnya akan unjuk gigi di babak pemungkas yang dijadwalkan berlangsung Minggu (2/10/2022) besok.

Pelatih Lavani Erwin Rusni mengungkap kemenangan timnya atas Singo Yudha diperoleh berkat kemampuan mereka memanfaatkan serangan dari servis. Menurutnya, luasnya lapangan membuat para penggawa Lavani lebih leluasa melakukan servis.

“Kalau di babak reguler kita menggunakan dua lapangan, sekarang kita sudah satu lapangan. Tempat servisnya panjang,” ujar Erwin pasca pertandingan, seperti dikutip dari rilis resmi yang diterima Liputan6.com.

Pelatih PDAM Ariyanto Joko juga mengatakan hal serupa. Ia menilai hasil positif yang ditorehkan skuadnya atas TNI AL merupakan buah dari kapabilitas mereka memanfaatkan serangan dari servis.

“Kita punya serangan yang bagus dari servis. Sedangkan receive mereka yang jelek,” ujar Ariyanto usai kemenangan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi di semifinal.

Sekadar informasi, kedua tim diketahui sudah pernah bertemu saat mengikuti kejurprov antarklub di Jawa Barat beberapa waktu lalu. Lavani keluar sebagai juara, sementara PDAM menjadi runner-up. Mereka pun berhak mewakili Jabar dalam kejurnas bola voli di Bali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tim Putri

Sebelumnya, tim putri Bharata Muda Jakarta dan BIN O2C Bandung juga telah dipastikan mendapat promosi ke Livoli Divisi Utama tahun depan. Hasil ini diraih usai keduanya berjaya dalam partai semifinal di GOR Debes, Kabupaten Tabanan, Bali pada Sabtu (1/10/2022).

Bharata Muda sanggup menundukkan Yuso Yogyakarta dengan 3–1 (25-21, 25-14, 23-25, 25-23). Sementara itu, BIN O2C menang setelah menumbangkan PLN Batam lewat keunggulan 3–0 (25-6, 25-17, 25-17).

Pelatih Bharata Muda, Eko “Pacong” Waluyo, mengaku senang dengan prestasi yang diraih anak-anak asuhnya. Menurutnya, hal itu merupakan pencapaian luar biasa. Ia pun berharap tim racikannya bisa menjadi juara di perhelatan kali ini.

Di sisi lain, pelatih BIN O2C Octavian menganggap penampilan anak-anak didiknya masih belum maksimal. Pasalnya, tim yang dihadapi sejatinya berada setingkat di bawah BIN O2C.

Kendati demikian, Octavian tetap mengapresiasi para pemain. Menurutnya, anggota skuad sudah mulai fokus. Keunggulan dari segi servis juga dinilai menjadi faktor penting yang membantu memenangkan BIN O2C dalam laga tersebut.

3 dari 3 halaman

Jadwal Final

Minggu (2/10/2022)

09.00 WITA: Perebutan tempat ketiga putri

PLN Batam vs Yuso Yogyakarta

11.00 WITA: Perebutan  tempat ketiga putra

TNI AL vs Singo Yudha

13.00 WITA: Perebutan juara 1 putri

BIN O2C vs Bharata Muda

15.00 WITA: Perebutan juara 1 putra

Lavani vs PDAM Tirta Bhagasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.