Sukses

MU Hadapi Manchester City di Liga Inggris, Lisandro Martinez Bisa Jinakkan Erling Haaland?

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) akan melakoni pertandingan kontra rival sekota Manchester City dalam pekan kesembilan Liga Inggris 2022/2023. Duel antara kedua tim dijdawalkan berlangsung di Stadion Etihad, Minggu (2/10/2022) pukul 20.00 WIB.

Pertemuan MU dan City menjadi laga yang banyak dinanti. Tak hanya menampilkan adu taktik antara Erik ten Hag dan Pep Guardiola, laga tersebut juga bakal mempertemukan duo pemain populer Lisandro Martinez dan Erling Haaland.

Sebagai informasi, Haaland belakangan kerap menjadi tumpuan utama The Citizens di depan gawang. Pemain asal Norwegia itu sanggup mengoleksi 11 gol hanya dalam 7 penampilan bersama Manchester City di Premier League.

Adapun Martinez merupakan salah satu andalan Setan Merah di lini belakang. Pesepak bola berusia 24 tahun tersebut sudah enam kali dipercaya mentas dalam kompetisi domestik.

Kehadiran Martinez diharapkan mampu menjinakkan Erling Haaland di derby Manchester perdana musim ini. Pasalnya, penggawa Timnas Argentina diketahui punya catatan apik ketika menghadapi mesin gol City di klub terdahulu.

Dilansir dari ESPN, bek Setan Merah sempat membuat Haaland terdiam dalam pertandingan Liga Champions antara Ajax melawan Borussia Dortmund pada 20 Oktober 2021. Martinez yang membela raksasa Eredivisie sukses membangun kemitraan dengan Jurrien Timber.

Kerja sama antara keduanya menetralisir ancaman Haaland di depan jaring. Eks pemain RB Salzburg pun tak berkutik hingga akhir pertandingan. Alhasil, Ajax menang telak dengan 4–0.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Martinez vs Haaland

Laga Manchester United (MU) kontra Manchester City pada akhir pekan ini akan menandai dimulainya kembali duel Martinez vs Haaland. Bersama klub baru, kedua pemain saat ini dikenal sebagai pendatang menjanjikan di Liga Inggris.

ESPN menyebut pertarungan Martinez dan Haaland sebenarnya tidak cocok di atas kertas. Sebabnya, kedua pemain punya perbedaan postur tubuh yang mencolok. Haaland menjulang dengan tinggi 195 cm. Sementara itu, Martinez hanya memiliki postur 175 cm.

Walau begitu, pemain asal Argentina punya kelebihan di bagian lain. Ia ulet dan mampu membaca permainan. Jika Martinez sanggup menghentikan pergerakan Haaland di laga tersebut, MU diprediksi punya prospek lebih besar untuk menekuk Manchester City.

3 dari 5 halaman

Pendapat Berbeda

Sayangnya, legenda Liverpool Jamie Carragher punya pendapat berbeda. Ia justru menyarankan Erik ten Hag agar menjauhkan Martinez dari Haaland. Menurutnya, fisik bek berusia 24 tahun itu belum cukup untuk meredam kekuatan sang lawan.

“Saran terbaik yang bisa diberikan pelatih Manchester United Erik ten Hag kepada Lisandro Martinez soal pertarungan menghadapi Erling Haaland adalah meletakkan sang pemain jauh-jauh darinya,” ujar Carragher kepada The Telegraph, seperti dilansir dari Evening Standard.

“Beberapa duel bisa dimenangkan dengan kekuatan fisik. (Namun) beberapa pemain lainnya justru membutuhkan pemikiran yang tidak biasa. Martinez harus cerdas agar bisa mengalahkan Manchester City pada akhir pekan ini,” sambungnya.

4 dari 5 halaman

Menjadi Masalah

Lebih lanjut, Carragher menilai tinggi badan Martinez masih menjadi masalah yang bisa dimanfaatkan oleh seterunya di Liga Inggris. Walau telah menunjukkan peningkatan performa yang signifikan, legenda Liverpool meyakini Martinez belum cukup tangguh.

“Dia (Martinez) nampak terlalu pendek untuk bermain sebagai bek tengah di Liga Inggris. Tak ada hal yang bisa dilakukan (untuk mengatasi) kekurangan tinggi badan ketika (seorang pemain) dipaksa untuk melakukan duel udara terus-menerus,” kata Carragher.

“Haaland mungkin sempat dibungkam oleh Martinez di pertandingan Liga Champions antara Ajax melawan Borussia Dortmund musim lalu. Akan tetapi, sang pemain Norwegia saat ini merupakan striker terbaik di dunia. Dia bisa menjatuhkan tim (lawan) dengan berbagai cara.”

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.