Sukses

Kazakhstan Resmi Gelar Balapan MotoGP Musim Depan

Liputan6.com, Jakarta - MotoGP memiliki rumah baru. Sirkus Kuda Besi bakal menggelar balapan di Kazakhstan musim depan.

Kepastian terjadi setelah Dorna meneken kesepakatan berdurasi lima tahun mulai 2023. Fabio Quartararo dan kolega bakal bersaing di sikuit baru Sokol International Racetrack yang terletak di pinggir Almaty.

"Kawasan ini akan menjadi pemberhentian terbaru di MotoGP, dengan kejuaraan terus melebarkan sayap demi mencapai pasar dan basis suporter baru," tulis keterangan resmi Dorna.

"Kazakhstan akan menjadi negara ke-30 yang menggelar Kejuaraan Dunia Balap Motor sejak 1949. Sebuah angka istimewa untuk merayakan sejarah kompetisi yang terus berkembang. Sokol International Racetrack juga tercatat sebagai trek ke-74 yang menggelar balapan."

Dorna belum mengumumkan pelaksanaan MotoGP Kazakhstan. Namun, rumor menyebut seri di sana berlangsung pada pertengahan musim panas.

Kesepakatan dengan Kazakhstan mengikuti komitmen Dorna untuk menggelar balapan di India dan Arab Saudi.

Kalender MotoGP 2022 menghadirkan 20 balapan. Jumlah itu sudah berkurang satu karena seri di Finlandia batal digelar.

Kehadiran lokasi-lokasi baru ini tidak otomatis berarti bertambah padatnya jadwal. Sebab, sirkuit-sirkuit di Spanyol sudah sepakat untuk merotasi event ketimbang menggelar balapan per tahun. Negeri Matador menggelar empat seri musim ini di Jerez, Catalunya, Aragon, dan Valencia

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Prediksi Speedweek

Speedweek memprediksi kalender sementara MotoGP 2023. Dari prediksi mereka, hanya satu yang pasti tepat yakni gelaran seri pembuka di Portugal.

Negara itu menggantikan Qatar yang sebelumnya selalu mengawali kompetisi sejak 2007. Perubahan terjadi karena Sirkuit Losail bakal menjalani renovasi besar-besaran. Sirkuit tersebut baru menggelar balapan ketika pembenahan selesai.

"Kalender sementara MotoGP 2023 akan dirilis oleh Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) pada waktunya. Namun untuk seri pembuka sudah dapat dikonfirmasi," tulis keterangan resmi MotoGP.

"Seri Portugal 2023 akan menandai untuk pertama kalinya kompetisi dimulai di Eropa sejak 2006. Seri nanti juga akan menjadi seri pembuka yang digelar di Eropa untuk ketiga kalinya setelah lebih dari tiga dekade."

"Akan juga berlangsung tes pramusim di Portimao beberapa pekan sebelum balapan, dengan waktu pastinya bakal diumumkan nanti," kata otoritas MotoGP.

MotoGP Portugal akan berlangsung di Algarve International Circuit, Portimao pada 24-26 Maret 2023. Seri tersebut kini masuk kalender resmi setelah sebelumnya menjadi venue pengganti pada musim 2020.

3 dari 3 halaman

Prediksi Kalender Sementara MotoGP 2023

Waktu: Sirkuit/Negara

26 Maret: Portimao/Portugal

2 April: Termas de Rio Hondo/Argentinia

16 April: Circuit of The Americas/AS

30 April: Jerez/Spanyol

14 Mei: Le Mans/Prancis

28 Mei: Aragon/Spanyol

4 Juni: Mugello/Italia

18 Juni: Sachsenring/Jerman

25 Juni: Assen/Belanda

9 Juli: Sokol Circuit/Kazakhstan

6 Agustus: Silverstone/Inggris

20 Agustus: Red Bull Ring/Austria

3 September: Catalunya/Spanyol

10 September: Misano/Italia

24 September: Sepang/Malaysia

1 Oktober: Motegi/Jepang

9 Oktober: Phillip Island/Australia

22 Oktober: Buriram/Thailand

29 Oktober: Mandalika/Indonesia

12 November: Losail/Qatar

19 November: Valencia/Spanyol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.