Sukses

Tampil di MotoGP Aragon, Marc Marquez Sebut Peluang Podium Hanya 1 Persen

Marc Marquez akan kembali tampil pada MotoGP Aragon 2022.

Liputan6.com, Jakarta Juara dunia delapan kali, Marc Marquez bakal tampil di MotoGP Aragon 2022. Keputusan ini diambil setelah, pembalap Honda Repsol itu tampil memukau pada tes MotoGP di Misano, 6-8 September 2022. 

Usai sesi tertsebut, Marquez menyatakan siap bersaing di MotoGP Aragon. Balapan ini akan menjadi penampilan perdana pembalap Honda Respol itu setelah lama absen pada lima seri sebelumnya.

"Saya akan ada di tampil Aragon, kali ini untuk balapan. Setelah bicara dengan dokter dan tim, kami memutuskan cara terbaik untuk pemulihan adalah dengan naik motor. Ini juga penting menyambut musim depan," kata Marquez melalui media sosial-nya.

Musim ini, Marquez telah melewatkan banyak seri. Dia terpaksa absen demi menjalani proses pemulihan.

Marquez sudah tidak ikut balapan pada seri kedua yang berlangsung di Mandalika, Indonesia. Saat itu, pembalap asal Spanyol tersebut sempat mengalami tiga kali kecelakaan saat latihan bebas. Puncaknya terjadi pada sesi pemanasan di mana Marquez sempat terpental dari motornya dalam posisi highside. 

Dia lalu dilarikan ke rumah sakit. Meski tidak ditemukan luka berat, Marquez dinyatakan tidak fit untuk berlomba. Setelah itu, dia kemudian diterbangkan ke Spanyol untuk menjalani pemeriksaan lebih jauh.

Marquez kembali absen pada seri Argentina. Setelah tampil lagi di seri berikutnya di Portugal, Marquez menjalani operasi lengan kanan usai MotoGP Italia. Akibatnya, dia pun harus menepi lagi.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Potensi Podium Rendah

Marquez mengaku sudah cukup fit untuk tampil di MotoGP Aragon. Namun pria berusia 29 tahun tersebut masih menyimpan keraguan terhadap respons lengan kanannya pada balapan nanti. Karena itu, rider yang pernah memenangkan 8 gelar juara dunia tersebut enggan muluk-muluk dalam menentukan target. 

"Mengenai peluang podium ada 1 %," kata Marquez seperti dilansir dari Crash.net. 

"Maksud saya, itu benar-benar rendah. Satu hal yang pasti, saya masih jauh dari kondisi fisik terbaikku. Juga mengenai otot lengan--tulangnya telah diperbaiki, tapi kondisi ototnya masih jauh," katanya. 

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Fokus Pemulihan

Pada kesempatan yang sama, Marquez juga mengaku sadar akan kondisi yang dihadapinya. Menurutnya, Repsol Honda sedang dalam momen yang sulit setelah melihat jarak pembalap lain yang cukup jauh.  

Marquez pun memilih tidak muluk-muluk. Dia hanya berusaha memperbaiki kondisinya saja.   

"Kami melihat pembalap lain sangat jauh. Kami tertinggal jauh dari pabrikan lain. Tujuanku adalah berusaha finis di setiap akhir pekan dari sekarang," kata Marc Marquez menambahkan. 

 

 

4 dari 5 halaman

Honda Memaklumi

Marquez sebenarnya optimistis bisa melalui MotoGP Aragon dengan baik. Hanya saja, Marquez secara jujur mengaku belum bisa memastikan apakah dia bisa bertahan menjalani setiap balapan yang tersisa.

"Memang benar, saya harus jujur dengan kondisiku. Saya pikir di sini, Aragon saya tidak akan punya banyak masalah pada akhir pekan ini, tapi setelah itu saya belum tahu," kata Marquez. 

Tantangan berat memang bakal menanti Marquez dan para pembalap lain setelah MotoGP Aragon. Mereka harus melewati dua seri dalam dua pekan secara beruntun, yakni Thailand dan Jepang.  

"Memang benar bahwa tiga balapan datang berturut-turut dan di sanalah kelelahan otot dari Aragon ke Motegi, Motegi ke Thailand - saya tidak tahu bagaimana reaksinya," kata Marquez.

"Saya sudah berbicara dengan Honda dan mereka memahami situasinya dan bahwa dalam beberapa akhir pekan, saya mungkin perlu berhenti. Pada saat itu kami harus jujur ​​dengan kondisi saya."

5 dari 5 halaman

Jadwal MotoGP Aragon 2022

Jumat, 16 September 2022

14:55-15:40 WIB: Latihan Bebas 1

19:10-19:55 WIB: Latihan Bebas 2

 

Sabtu, 17 September 2022

14:55-15:40 WIB: Latihan Bebas 3

18:30-19:00 WIB: Latihan Bebas 4

19:10-19:25 WIB: Kualifikasi 1

19:35-19:50 WIB: Kualifikasi 2

 

Minggu, 18 September 2022

14:40-15:00 WIB: Pemanasan

19:00 WIB: Balapan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.