Sukses

Pecatur Binaan JCC Tampil Menjanjikan di Turnamen Catur JCF 2022

Pecatur junior tersebut merupakan hasil didikan dari FM Surya Wahyudi dan MI Tirta Chandra selama dua tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta- Tiga pecatur junior Binaan JAPFA Chess Club (JCC) mampu menguasai papan tengah kategori U-14 JAPFA Chess Festival 2022 atau JCF. Pecatur junior tersebut merupakan hasil didikan dari FM Surya Wahyudi dan MI Tirta Chandra selama dua tahun terakhir.

Ketiga pecatur junior ini merupakan hasil dari program pendampingan pecatur Junior yang dibesut oleh Tim Social Investment JAPFA. Pecatur junior dua orang berasal dari Lampung, Vellin Trenjel dan Jonifar Setepi. Serta dari Gorontalo bernama Taufik Defasya,” ujar R. Artsanti Alif, VP Head of Social Investment JAPFA.

“Mereka sudah selama lebih dari 2 tahun didampingi JAPFA secara intens melalui pelatihan baik secara offline ataupun online,” imbuhnya.

Artsanti menambahkan dari hasil pelatihan tersebut sudah terlihat capaian yang luar biasa. Vellin misalnya berhasil menjuarai kejurda lampung untuk U-14. Sedangkan Taufik sedang digadang untuk masuk tim catur pelatda Gorontalo. Setepi juga mampu masuk ke lima besar di kejurda lampung.

“Keberhasilan untuk masing-masing pecatur merupakan capaian yang luar biasa mengingat mereka berlatih intens selama dua tahun mulai dari nol,” kisah Artsanti. “Hasil ini merupakan kerja keras anak-anak binaan dan juga para pelatih mereka FM Surya Wahyudi dan MI Tirta Chandra,” imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bibit Pecatur

Lebih lanjut Artsanti menjelaskan keberhasilan mendapatkan tiga bibit pecatur junior melalui program pencarian bibit merupakan titik pijak bagi program selanjutnya. Menurutnya JAPFA akan terus mencari bibit pecatur muda secara lebih intens dan mengembangkan model pelatihan intensif.

“Tahun ini kami terus mencari bibit pecatur muda dengan program yang terintegrasi dengan kegiatan JAPFA for Kids, tahun ini melalui JAPFA For Kids Awards 2022 kami menemukan dua calon bibit yang cukup potensial,” tutur Artsanti. “Nantinya kedua calon bibit ini akan kita uji tanding dan dampingi untuk memastikan mereka memiliki bekal cukup untuk bertanding di kancah catur profesional,” tambahnya.

3 dari 3 halaman

Juara Utama

Sementara itu di kategori terbuka, juaranya adalah pecatur asal Jabar FM Arif Abdul Hafiz dengan koleksi 8 poin. Untuk posisi kedua hingga kesepuluh ditempati FM Hamdani Rudin (Jabar/7,5 poin), FM Catur Adi Sagita (Jatim/7,5), IM Jodi Setyaki (DKI Jakarta/7,5), NM Dzaky Dhiaulhaq Bts 207 (Sulteng/7), IM Danny Juswanto (Banten/7), NM Suyud Hartoyo (Jateng/7), NM Iqra Moesa Putra (Kaltim/7), Garry R Jativa Bts 207 (Jabar/7) dan IM Gilbert Elroy (DKI Jakarta/7).

JCF 2022 resmi ditutup pada 14 September 2022. Penutupan dilakukan Wakil Umum PB Percasi Yulius Selvanus. Turnamen catur ini mempertandingkan 12 kategori dan sudah berlangsung sejak 10 September lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.