Sukses

MotoGP Aragon 2022: Bukan Cuma Marc Marquez, Joan Mir Juga Siap Comeback

Bukan cuma Marc Marquez yang melakukan comeback di MotoGP Aragon 2022. Rekan setimnya mulai musim depan Joan Mir juga bakal berkompetisi.

Liputan6.com, Jakarta - Bukan cuma Marc Marquez yang melakukan comeback di MotoGP Aragon 2022. Rekan setimnya mulai musim depan Joan Mir juga bakal berkompetisi.

Rider Suzuki Ecstar itu menderita cedera engkel akibat terjatuh pada MotoGP Austria, 21 Agustus lalu. Setelah melewatkan balapan di Misano, Mir merasa siap berlomba di Aragon.

"Saya gembira bisa datang ke Aragon. Tidak mudah melewatkan balapan dan hanya menyaksikan di televisi," ungkap Mir.

"Kebugaran saya mencapai 90 persen. Saya sudah pulih dari cedera engkel dan sempat mengendarai motor untuk merasakan apakah ada gangguan. Memang ada sedikit sakit, tapi saya yakin itu menghilang jelang balapan nanti," sambungnya.

Mir mencatat performa buruk sepanjang 2022. Dia belum pernah naik podium dan gagal finis dalan enam kesempatan. Kinerja tersebut membuatnya terdampar di peringkat 13 klasemen sementara MotoGP.

Namun, Aragon memberinya kesempatan untuk bangkit. GSX-RR yang ditungganginya sangat cocok di sana.

Buktinya, Mir selalu naik podium pada dua balapan yang digelar di Teruel musim 2020. Dia juga menempati peringkat tiga dalam ajang sama tahun lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harus Lolos Tes Medis

Mir tidak otomatis langsung balapan di MotoGP Aragon 2022. Dia harus melewati tes medis dulu sebelum sesi pertama pada Jumat (16/9/2022).

"Bakal menyenangkan menyambut kembali Joan akhir pekan ini. Saya tahu dia tidak sabar untuk kembali. Beruntung, cederanya terlihat membaik selama periode rehabilitasi," kata Team Manager Suzuki Ecstar Livio Suppo.

"Kami berharap bisa memetik hasil bagus bersama. Bukan cuma Joan, Alex Rins juga punya rekor bagus di Aragon. Kami siap membantu mereka berada di garis terdepan."

3 dari 4 halaman

Comeback Marquez

Sebelumnya Marquez menyatakan kesiapan berkompetisi pada MotoGP Aragon 2022, 16-18 September mendatang. Dia ingin bersaing setelah menjalani tes MotoGP 2022 di Misano, 6-7 September lalu. Juara dunia delapan kali tersebut tampil kompetitif sehingga merasa siap untuk kembali beraksi.

"Saya akan ada di balapan Aragon, kali ini untuk balapan. Setelah bicara dengan dokter dan tim, kami memutuskan cara terbaik untuk pemulihan adalah dengan naik motor. Ini juga penting menyambut musim depan," kata Marquez di media sosial.

"Melakukan itu di depan fans Aragon adalah kesempatan berharga. Saya yakin dukungan suporter akan membantu saya melewati akhir pekan ini. Saya tidak sabar menanti Jumat dan kembali di motor," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

4 Kali Operasi

Marquez absen sejak MotoGP Italia yang berlangsung Mei lalu setelah menjalani operasi demi memulihkan cedera lengan atas kanannya. Dia sudah empat kali naik meja bedah menyusul cedera yang diderita pada MotoGP Spanyol 2020.

Pada kesempatan kali ini, Marquez menjalani rehabilitasi sebelum akhirnya beraksi di Misano. Seperti dikutip dari Motorsport, dia mengaku sudah benar-benar fit tapi tidak mau terburu-buru. Marquez tidak mau hanya mengikuti satu balapan saja dan kemudian melewatkan yang berikutnya. Dia ingin bisa rutin ikut balapan jika comeback nantinya.

“Ketika saya kembali, itu karena saya ingin membalap di semua balapan. Tidak satu balapan dan kemudian tinggal di rumah. Ketika saya kembali, itu karena tujuannya adalah untuk membalap di semua seri," kata Marquez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.