Sukses

Persib Gonta Ganti Kiper di BRI Liga 1, Intip Statistiknya

Persib sudah memainkan empat kiper yang mereka miliki di delapan laga BRI Liga 1. Luizinho Passos sengaja menerapkan strategi ini.

Liputan6.com, Jakarta Persib Bandung menjadi klub yang paling sering gonta ganti kiper di BRI Liga 1. Seperti dilansir situs PT LIB, Persib sudah memainkan empat kiper yang mereka miliki.

Persib sudah mainkan Fitrul Dwi Rustapa, Teja Paku Alam, I Made Wirawan dan Reky Rahayu. Meski begitu, gawang Persib masih saja kebobolan.

Dari 8 laga, Persib sudah kebobolan 19 gol di BRI Liga 1. Produktivitas Maung Bandung minus karena baru mencetak 12 gol.

Dua laga yang menjadi hasil buruk bagi persib yaitu saat kalah 1-5 dari PSM Makassar dan juga kalah 1-4 dari Borneo FC. 10 gol lagi tersebar di 6 laga Persib.

Ini artinya, Persib kebobolan 3 gol di setiap pertandingan. Luis Milla sebagai arsitek baru Persib Bandung harus memperhatikan rekor buruk ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Komentar Pelatih

 

Pelatih kiper Persib, Luizinho Passos memaparkan alasan selalu merotasi penjaga gawang. Situasi ini berkaitan dengan mental, saat kebobolan terlalu banyak, tentu tidak baik untuk siapapun penjaga gawangnya.

Passos mengaku harus peka dengan mental kipernya. Ini pula yang membuat dia memberi kesempatan kepada kiper lainnya.

"Empat penjaga gawang sudah bermain. Saya melakukan rotasi karena ini momen yang tepat, kami banyak kemasukan gol dan keempat kiper punya perbedaan mental sehingga yang lain butuh istirahat mengembalikan mental mereka. Karena kemasukan banyak gol tidak bagus untuk mentalitas mereka," Passos.

 

3 dari 5 halaman

Andalan Baru

 

Pada pertandingan terakhir Passos percaya Reky Rahayu. Dengan pengalaman dan kerja kerasnya tentu ia pantas mendapatkan kepercayaan. Ia juga akan menjadi penjaga gawang utama di laga kontra Arema FC pada pekan kesembilan BRI Liga 1.

"Saya rasa untuk pertandingan berikutnya Reky bisa menampilkan yang lebih baik dan bermain lebih percaya diri. Karena tidak mudah bagi kiper ketika tim tidak dalam performa yang bagus, lalu harus turun berlaga seperti yang Reky lakukan pada laga terakhir kami," kata Passos.

 

4 dari 5 halaman

Rapor Kiper Persib

 

Raport keempat kiper Persib:

Fitrul Dwi Rustapa: 2 pertandingan, 6 save, 5 kebobolan.

Teja Paku Alam: 1 pertandingan, 5 save, 4 kebobolan.

I Made Wirawan: 4 pertandingan, 12 save, 9 kebobolan, 1 cleansheet.

Reky Rahayu: 1 pertandingan, 3 save, 1 kebobolan.

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.