Sukses

Festival Catur Pelajar Nasional Kembali Digelar, Para Juara Ikut Kejuaraan Asia

Juara 1 dari 8 kategori yang nantinya diperlombakan akan mendapatkan golden tiket untuk ikut dalam turnamen catur internasional yang dihelat Percasi, yaitu Asian Youth Chess Championship 2022 (AYCC).

Liputan6.com, Jakarta- Sekolah BPK Penabur kembali menggelar kejuaraan catur untuk para pelajar di seluruh Indonesia. Pada edisi 2022 ada sesuatu yang spesial untuk para pelajar yang menjadi juara. Tiket ke Kejuaraan Catur Asia Junior disediakan panitia.

Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur 2022 merupakan ajang tahunan yang juga menggandeng PB Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) dan SCUA (Sekolah Catur Utut Adianto).

Ajang ini dapat diikuti para pelajar tingkat SD sampai SMA dari seluruh Indonesia. Peserta tak harus bersekolah di BPK Penabur. Pada edisi 2022, turnamen catur pelajar ini berlangsung selama delapan hari.

Pertandingan akan dimulai pada tanggal 17-18 September 2022 dan babak finalnya digelar pada 24-25 September 2022. Turnamen ini dibagi menjadi 8 kategori yaitu mencakup kategori SD kelas 1-3, SD kelas 4-6, SMP dan SLTA Putra dan Putri. Total hadiah yang disediakan mencapai Rp20 juta.

Sebelumnya BPK Penabur telah menggaadakan Chess in School Festival (2019). Kemudian Penabur Online Chess Festival yang diperuntukkan bagi pelajar SD hingga SMA (2020), Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur (2021).

Pada edisi 2022, ada tambahan hadiah istimewa buat pemenang. Juara 1 dari 8 kategori yang nantinya diperlombakan akan mendapatkan golden tiket untuk ikut dalam turnamen catur internasional yang dihelat Percasi, yaitu Asian Youth Chess Championship 2022 (AYCC) yang akan berlangsung 13- 27 Oktober 2022 di Bali secara luring.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harapan

Menurut Adri Lazuardi, Ketua Umum Yayasan BPK Penabur, Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional telah menorehkan sejarah sebagai kegiatan positif yang kreatif di masa pandemi Covid-19. Bahkan penyelenggaraan tahun 2021 lalu berhasil tercatat sebagai rekor MURI sebagai kejuaraan catur daring dengan jumlah peserta terbanyak, yaitu dengan jumlah 1365 peserta.

“Menjadi harapan kita bersama Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur tahun 2022 ini akan semakin mendukung pembentukan karakter generasi muda yang berkualitas, mendukung lahirnya calon-calon pecatur muda Indonesia yang kelak akan mengharumkan nama bangsa dan negara yang berkualitas,” kata Adri.

“Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2022 ini memberikan dampak positif bagi yang mengikutinya, terutama para siswa. Bermain catur tidak hanya bermanfaat bagi perkembangan intelektual anak, tetapi juga dapat membentuk karakter mereka menjadi pribadi yang lebih kuat, jujur serta mampu menghadapi berbagai tantangan masa depan. Mereka diharapkan menjadi pribadi yang penuh inovasi dan menginspirasi sekitarnya.” Tentunya, juga menjadi generasi muda yang dapat mendukung dan turut membangun Indonesia maju, ujar Adri.

3 dari 3 halaman

Rangkaian Event

Sementara Eka Putra Wirya, Dewan Pembina PB Percasi sangat mendukung terselenggaranya kejuaraan catur yang telah beberapa kali diselenggarakan oleh BPK Penabur ini. “Sebuah kebahagiaan bagi PB PERCASI, karena BPK Penabur mau ikut memajukan catur di Indonesia ini dengan membuat turnamen catur khusus untuk pelajar setiap tahunnya. Secara tak langsung BPK Penabur sudah melakukan tugas pembinaan, sebuah tugas mulia yang tak mudah dilakukan,” ujar Eka Putra Wirya.

Sebelum menuju turnamen ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan. Diawali dengan pendaftaran sejak tanggal 15 Agustus 2022 kemudian berakhir pada tanggal 01 Oktober 2022. Adapun kategori yang diperlombakan yaitu mencakup kategori SD kelas 1-3, SD kelas 4-6, SMP dan SLTA Putra dan Putri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.