Sukses

Bikin Ribut Lagi, Cristiano Ronaldo Tentang Gaya Bermain Erik ten Hag di MU

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo kembali bikin keributan dalam skuad Manchester United (MU). Kali ini, sang megabintang asal Portugal berani memperdebatkan taktik yang ingin diterapkan Erik ten Hag di Old Trafford.

Seperti diketahui, Ten Hag memang dikenal dengan gaya permainannya yang menekan. Pelatih berkepala plontos itu ingin agar lini serang Setan Merah tampil lebih dinamis dan bekerja keras.

Ia juga berniat mengajak anak-anak asuhnya melakukan pressing dari depan dan menutup celah bagi lawan. Namun, gaya tersebut rupanya tak sesuai dengan preferensi CR7.

Pesepak bola berusia 37 tahun itu tak suka menerapkan taktik sejenis, bahkan ketika ia masih berada di puncak kejayaannya.

Penolakan Ronaldo tidak main-main. Laporan The Athletic mengeklaim peraih Ballon d’Or lima kali itu tak ragu menunjukkan sikap memberontak dengan mencoba menentang metode permainan Ten Hag dalam sesi latihan.

Sudah bukan rahasia umum bahwa Cristiano Ronaldo kurang cocok dengan metode high-pressing. Mantan bintang Real Madrid ini juga sempat menuai kritik akibat kinerjanya bersama MU dalam kompetisi musim lalu.

Meski selalu tampil sebagai pilihan utama dan menyandang predikat sebagai top skor Setan Merah sepanjang kampanye 2021/2022, CR7 dinilai tidak klop dengan sistem permainan yang diusung manajer interim MU, Ralf Rangnick.

Kejadian serupa kembali terulang di bawah kendali Erik ten Hag. Bedanya, kini Ronaldo lebih berani membantah arahan eks juru taktik Ajax Amsterdam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Sumber Masalah

Ronaldo memang belakangan kerap menjadi sumber masalah bagi Setan Merah. Pemain yang baru didatangkan dari Juventus lewat jendela transfer musim panas tahun lalu itu mendadak ngotot ingin pindah dari Old Trafford.

Penyebabnya, MU gagal mengamankan tempat di Liga Champions. Pergerakan mereka yang lambat selama proses perekrutan pemain anyar juga disinyalir menjadi alasan CR7 ragu melanjutkan karier bersama Red Devils.

Sayang keinginan hijrah Ronaldo tak terealisasi semudah itu. Agennya, Jorge Mendes, kesulitan menemukan pelabuhan baru bagi sang pemain. Ia sempat menyodorkan CR7 kepada Chelsea dan Paris Saint-Germain (PSG), tetapi keduanya ogah merekrut Ronaldo.

Pemilik baru The Blues sejatinya menganggap CR7 menarik berkat daya jual dan rekor golnya. Namun, wacana penandatanganan Ronaldo ditolak Thomas Tuchel lantaran ia khawatir kehadiran megabintang asal Portgal bakal menganggu keseimbangan skuad.

Sementara itu, PSG tak punya ruang untuk menampung Ronaldo. Les Parisiens tengah berlimpah opsi di lini serang. Mereka sukses memperpanjang kontrak Kylian Mbappe. Raksasa Ligue1 juga sudah memboyong Lionel Messi tahun lalu.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Jadi Racun

Polemik soal masa depan Ronaldo rupanya menjadi racun bagi pemain lain. Laporan The Sun pekan lalu mengeklaim sejumlah penggawa Setan Merah mulai kesal dengan sikap CR7 di tempat latihan. Mereka lebih suka jika pesepak bola berusia 37 tahun itu hengkang dari MU.

Skuad MU bahkan bertindak lebih ekstrem akhir-akhir ini. Dilansir dari Metro, Ronaldo dibuat terisolasi jauh dari anggota lain. Pemain yang pernah membela Sporting CP kadang harus makan siang sendirian di Carrington, meski Ten Hag telah berupaya membuat anak-anak asuhnya makan bersama.

Terlepas dari situasi yang kurang menyenangkan, Ronaldo dilaporkan tetap datang ke tempat latihan pada Minggu kemarin. Hari itu seharusnya menjadi waktu libur bagi Setan Merah. Namun, kegagalan mereka mencuri poin penuh kala bertamu ke markas Brentford membuat pelatih asal Belanda memaksa para pemain berlatih.

4 dari 5 halaman

Sudah Menduga

Legenda Liverpool Jamie Carragher tidak terkejut dengan situasi tak karuan yang terjadi di MU. Ia memang sudah mengendus aroma tidak sedap dari pembelian Ronaldo tahun lalu. Menurutnya, transfer CR7 bisa menciptakan masalah bagi Setan Merah.

“Saya selalu menilai kalau (kepindahan) Ronaldo (ke MU) itu transfer yang aneh. Saya merasa situasi ini akan terjadi, meski Ronaldo tampil hebat untuk Anda,” ujar Carragher, seperti dilansir dari Sky Sports.

“Dia meneken kontrak dua tahun ditambah opsi perpanjangan setahun, (itu adalah) hal yang sulit saya percaya. Akan tetapi, Anda tahu (dia) tak bakal selalu sama seperti dulu. Dia bisa tetap (bermain) bagus karena profesional,” sambungnya.

5 dari 5 halaman

Relakan Ronaldo

Sky Sports News pada Minggu (14/8/2022) lalu melaporkan bahwa Manchester United sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk memutus kontrak Ronaldo akibat perilakunya akhir-akhir ini.

Namun, jurnalis Manchester Evening News Samuel Luckhurst mewartakan hal berbeda. Ia mengklaim Setan Merah sudah membantah rumor terkait penghentian CR7.

Kendati demikian, MU masih santer dikabarkan ingin berburu penyerang anyar sebelum jendela transfer musim panas resmi ditutup. Sejumlah nama telah masuk dalam daftar incaran Setan Merah.

Beberapa di antaranya adalah Raul de Tomas dari Espanyol, pemain Paris Saint-Germain (PSG) Mauro Icardi, dan penggawa Atletico Madrid Alvaro Morata.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo
  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United
  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.
    MU
  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar
    Liga Inggris
  • Erik ten Hag