Sukses

Daftar Laga Panas Fase Grup Piala Dunia 2022: Ada Messi vs Lewandowski

Berikut pertandingan fase grup Piala Dunia Qatar yang tak boleh dilewatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 akan digelar kurang dari 100 hari lagi. Pecinta sepak bola seantero Bumi dipastikan sudah tidak sabar menyaksikan 32 negara bersaing menjadi kampiun Piala Dunia.

Drawing telah dilakukan dan sudah tergambar pertandingan yang akan tersaji di Qatar akhir tahun nanti. Semua pertandingan sudah pasti seru dan akan menentukan perjalanan ke fase knockout.

Tapi, beberapa partai antara negara-negara kuat dengan sejarah panjang akan tersaji dalam tiga pekan pertama turnamen di Piala Dunia Qatar.

Liputan6.com telah merangkum sejumlah pertandingan di fase penyisihan grup yang sudah pasti tidak boleh dilewatkan. Apa saja? Ini dia.

Belanda vs Senegal, 21 November 2022

Setelah pembukaan Piala Dunia antara tuan rumah Qatar melawan Ekuador yang dimajukan satu hari dari jadwal, pertandingan selanjutnya antara Belanda lawan Senegal sangat menarik untuk ditunggu.

Setelah absen pada Piala Dunia 2018, Belanda pasti punya motivasi lebih. Apalagi "Tim Oranye" sudah pasti ingin memberikan penampilan terbaik buat sang pelatih, Louis van Gaal, yang diketahui baru mengidap kanker prostat.

Di sisi lain, Senegal datang dengan status juara Piala Afrika dan lolos ke Qatar usai mengalahkan Timnas Mesir yang diperkuat Mohammed Salah. Dengan bintang-bintang andalannya seperti Saido Mane dan Edouard Mendy, pasukan "Singa dari Teranga" dijagokan untuk jadi tim Afrika pertama yang lolos ke semifinal Piala Dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Nomor 1 vs Anak Baru Piala Dunia

Belgia vs Kanada, 23 November 2022

Timnas Kanada telah menunggu 36 tahun untuk bermain di Piala Dunia, dan laga pertama mereka langsung bertemu dengan tim peringat 1 dunia saat ini yaitu Belgia.

Kendati demikian, tim asuhan John Herdman ini diprediksi tidak akan minder karena ini akan menjadi ujian yang sangat cocok bagi Kanada, yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia 2026.

Belgia sendiri akan mengandalkan generasi emas mereka yaitu diperkuat Thibaut Coutoius, Eden Hazard, Kevin De Bruyne hingga Romelu Lukaku.

Brasil vs Serbia, 24 November 2022

Pertandingan ini patut ditunggu untuk mengukur kekuatan lini depan Brasil yang lolos ke Qatar dengan catatan penampilan terbaik di kualifikasi CONMEBOL.

Dengan kombinasi lini depan menakutkan yang andalkan Neymar hingga Vinicius Jr, skuad Selecao ini diyakini bisa menuntaskan dahaga gelar juara dunia selama 20 tahun terakhir.

Tapi sebelumnya mereka harus bisa menetralisir serangan Serbia yang diperkuat Dusan Vlahovic, Dusan Tadic, Luka Jovic, Aleksandar Mitrovic, Sergej Milinkovic-Savic yang terbukti sukses membuat Portugal kocar-kacir di kualifikasi.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Bentrok Gengsi

Inggris vs Amerika Serikat, 25 November 2022

Ini sudah pasti jadi pertandingan yang sangat dinantikan oleh media Inggris karena perlu diingat The Three Lions BELUM PERNAH MENANG lawan AS dalam dua pertemuan di Piala Dunia. Kalah 0-1 di tahun 1950 lalu imbang 1-1 pada Piala Dunia 2010.

Inggris memang berhasil menang dalam pertemuan keduanya di laga persahabatan 18 November 2018 lalu. Tim asuhan Gareth Southgate ini tentu ingin meneruskan tren positif di Piala Dunia setelah sukses tembus semifinal di Rusia empat tahun lalu.

Tetapi permainan AS kali ini berbeda apalagi setelah kedatangan pelatih anyar Gregg Berhalter yang sukses menggondol CONCACAF Gold Cup. AS akan andalkan Christian Pulisic, Weston McKennie, Tyler Adams dan Tim Weah.

Jadi, tentu saja bentrok antara "Football vs Soccer" ini sangat menarik untuk ditunggu.

Argentina vs Meksiko, 26 November 2022

Partai ini akan jadi salah satu yang paling menarik di Grup C. Argentina menyingkirkan Meksiko pada Piala Dunia 2006 lalu 2010, dengan catatan selalu menang di tiga pertemuan.

Meski begitu, Meksiko tak bisa dianggap enteng. Tiap berpartisipasi, El Tri selalu lolos dari fase grup sejak Piala Dunia 1978. Selain itu, sosok Tata Martino di kursi pelatih juga bisa jadi pembeda karena sebelumnya pernah juga melatih Argentina.

4 dari 5 halaman

Jerman vs Spanyol, Duel Raksasa Sakit

Prancis vs Denmark, 26 November 2022

Di atas keras, ini akan jadi pertandingan paling berat Prancis di fase grup yaitu melawan Denmark yang tampil menawan di Piala Eropa lalu. Empat tahun lalu, Denmark sukses menahan Prancis tanpa gol.

Pertandingan ini juga menjadi penting karena bisa menjadi penentu siapa yang akan menantang Argentina pada babak 16 besar.

Jerman vs Spanyol, 27 November 2022

Inilah pertandingan yang paling ditunggu: Juara 2010 vs juara 2014. Dua raksasa Eropa ini akan bentrok untuk mempertaruhkan nama besar sekaligus persaingan di puncak klasemen Grup E.

Menariknya, baik Jerman atau Spanyol sama-sama mengandalkan kombinasi pemain veteran dan anak-anak muda. Belum lagi baik Hansi Flick atau Luis Enrique berhasil membentuk tim yang semakin solid.

Kedua negara ini juga ingin membuktikan diri pada dunia. Setelah Jerman tersingkir cepat di Rusia, dan Spanyol hanya menang dua laga Piala Dunia sejak jadi kampiun 12 tahun lalu.

Portugal vs Uruguay, 28 November 2022

Ini adalah pertarungan dendam antara kedua negara, yang mengandalkan pemain-pemain veteran mereka di Qatar nanti. Uruguay menyingkirkan Portugal pada babak 16 besar di Rusia empat tahun lalu.

Baik Cristiano Ronaldo maupun Luis Suarez sudah pasti bakal tampil maksimal demi mimpinya mempersembahkan gelar juara untuk negaranya di penghujung karir.

5 dari 5 halaman

Messi Adu Kuat Lawan Lewandowski

Wales vs Inggris, 29 November 2022

Duel antar negara Britania Raya ini juga sangat menarik untuk dinantikan. Meski sering bertemu, tetapi ini adalah pertemuan pertama Inggris dan Wales di ajang Piala Dunia.

Namun, Wales ingin membuktikan kualitas mereka setelah kembali ke panggung Piala Dunia (terakhir tahun 1958). Ketika itu, Brasil perlu turun tangan untuk menyingkirkan "Naga Merah" pada babak perempat-final.

Bukan tidak mungkin, semangat 1958 akan diusung Gareth Bale cs dan menghadirkan kekecewaan besar bagi Inggris.

Argentina vs Polandia, 30 November 2022

Biasanya pertandingan Piala Dunia tidak hanya membicarakan permainan individu, tetapi menjadi berbeda ketika mempertemukan Lionel Messi dengan Robert Lewandowski.

Keduanya diketahui punya kualitas menakutkan sebagai pembobol gawang lawan. Messi adalah pria yang mengangkat prestasi Barcelona, sementara Lewy kini mengemban tugas sebagai penerusnya di Barca.

Yang pasti keduanya diharapkan bisa saling mencetak gol untuk membuat laga ini semakin menarik.

Belgia vs Kroasia, 1 Desember 2022

Ini merupakan pertarungan antara dua generasi emas yang mulai uzur. Bisa dibilang, Piala Dunia Qatar adalah kesempatan terakhir Kevin De Bruyne dkk untuk jadi juara dunia. Sementara Kroasia membuang peluang terbaiknya empat tahun lalu setelah tumbang di laga final.

Ghana vs Uruguay, 2 Desember 2022

Memori 2010 menggelayut jelang laga ini digelar. Ghana nyaris jadi negara Afrika pertama yang lolos ke semifinal Piala Dunia, sebelum digagalkan handball licik Luis Suarez pada babak extra-time. Eksekusi penalti Asamoah Gyan yang melambung tinggi menyingkirkan Ghana.

Meski laga ini bukan hidup-mati, tetapi Timnas Ghana sudah pasti ingin menuntaskan dendam pada Uruguay yang pasti masih akan diperkuat Suarez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.