Sukses

ASEAN Para Games 2022 Sukses, Menpora Apresiasi Kerja Keras Inaspoc

Liputan6.com, Solo- ASEAN Para Games 2022 di Solo resmi ditutup pada Sabtu 6 Agustus 2022. Indonesia meraih sukses ganda dalam penyelenggaraan APG 2022. Kontingen Indonesia keluar sebagai juara umum.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali senang APG 2022 bisa dihelat dengan lancar meski Indonesia sebenarnya merupakan tuan rumah pengganti. Sejatinya APG 2022 dilangsungkan di Vietnam.

Pada acara Closing Ceremony Asean Para Games Solo 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Menpora memuji dan mengapresiasi Inaspoc APG 2022 yang dipimpin Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Menpora Amali menilai, Walikota Gibran menumpahkan dedikasinya dalam penyelenggaraan Asean Para Games Solo 2022 sehingga mampu terselenggara dengan sukses dilaksanakan.

"Secara khusus kami sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Walikota Surakarta Mas Gibran Rakabuming Raka sebagai Ketua Inaspoc," kata Menpora Amali seperti dilansir dari situs resmi Kemenpora.

"Beliau telah kerja keras menyiapkan kegiatan Asean Para Games 2022 ini dengan penuh dedikasi serta tanggung jawab beserta seluruh jajaran panitia dan sukarelawan yang tergabung dalam Inaspoc. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih," tambah Menpora Amali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Gubernur

Menpora Amali juga sampaikan terima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan para menteri Kabinet Indonesia Maju atas bantuan selama menyiapkan, pelaksanaan hingga penutupan malam ini.

"Terima kasih juga kami sampaikan kepada para menteri Kabinet Indonesia Maju serta seluruh jajaran dan pimpinan lembaga yang membantu dan bergotong-royong sejak persiapan sampai pelaksanannya," ucap Menpora Amali.

"Terima kasih juga kami sampaikan kepada pemerintah daerah, khususnya Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo beserta jajaran pemprov maupun kabupaten/kota se-Jawa Tengah," pungkas Menpora Amali.

3 dari 3 halaman

Juara Umum

Perjuangan atlet disabilitas Indonesia di ASEAN Para Games 2022 berbuah manis. Kontingen tuan rumah berhasil keluar sebagai juara usai mengoleksi perolehan medali emas terbanyak.

Indonesia meraih 175 emas, 144 medali perak, dan 106 medali perunggu dengan total raihan 425 medali.

Zainudin Amali menyebut perolehan medali emas kontingen Merah-Putih terbanyak sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia di Asean Para Games. Apresiasi pun disampaikan kepada ketua Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia.

"Kami sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ketua NPC Senny Marbun beserta jajarannya yang berusaha keras menyiapkan atlet dan membantu penyelenggaraan sehingga sukses meraih prestasi 175 medali emas," kata Amali pada acara Closing Ceremony Asean Para Games Solo 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8) malam mengutip keterangan pers.

"Dan ini adalah perolehan jumlah medali emas terbesar (175 medali emas) sepanjang keikutsertaan Indonesia di Asean Para Games sejak 2001 di Kuala Lumpur, Malaysia," tambahnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS