Sukses

Lolos ke Babak Utama Taipei Open 2022, Komang Ayu Berusaha Tampil Tanpa Beban

Komang Ayu Cahya Dewi menjadi satu-satunya wakil tunggal putri Indonesia di Chinese Taipei Open 2022.

Liputan6.com, Jakarta Tunggal putri Indonesia Komang Ayu Cahya Dewi sukses mengamankan satu tempat di babak utama ajang bulu tangkis Chinese Taipei Open 2022. Komang sukses menang mudah di babak kualifikasi.

Komang menang atas wakil India, Keyura Mopati, dua gim langsung 21-13, 21-14 dalam laga yang dihelat di Taipei Heping Basketball Gymnasium, Taipei, Selasa (19/7).

"Saya cukup senang bisa pertama kali ke Taipei dan bermain di kelas Super 300," ucap Komang saat dihubungi Tim Humas dan Media PP PBSI dari Jakarta.

"Hari ini saya mainnya lebih bisa mengontrol lawan. Hanya kendala di angin yang cukup kencang. Tapi harus bisa mengatasi keadaan tersebut," sambungnya.

Menjadi satu-satunya wakil tunggal putri Indonesia di ajang ini, tidak membuat pemain kelahiran Denpasar, 21 Oktober 2002 itu terbebani.

Sebaliknya, Komang ingin memberikan yang terbaik di setiap kesempatan yang diberikan. Termasuk Rabu (20/7) esok saat ditantang wakil tuan rumah, Chen Su Yu di babak 32 besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tanpa Beban

"Tidak ada beban main di sini, saya mau menunjukkan yang terbaik saat diberikan kesempatan di pertandingan yang levelnya cukup tinggi bagi saya," ungkap Komang.

"Besok harus main tenang dan sebisa mungkin menikmati pertandingan," pungkas Komang.

Sayang, langkah Komang tidak berhasil diikuti Christian Adinata. Wakil tunggal putra ini kandas oleh Chen Chi Ting asal Taipei lewat pertarungan rubber gim, 21-14, 17-21, 15-21.

3 dari 5 halaman

Tanpa Kualifikasi

Sebelumnya, Ikhsan Rumbay sudah lebih dulu melaju ke babak utama. Ikshan tidak perlu melewati kualifikasi karena memiliki peringkat lebih baik. Sayang undian yang didapatnya juga kurang bersahabat. Dia langsung dipertemukan dengan unggulan dua Chinese Taipei Open 2022 Wang Tzu Wei.

Minimnya wakil Indonesia di ajang Super 300 ini tidak lepas dari keputusan PBSI. Federasi menarik partisipasi mayoritas pemain karena pertimbangan cedera serta kebijakan pemerintah setempat.

Salah satu wakil yang mundur adalah juara Singapore Open 2022 Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putri) dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (ganda putra).

 

4 dari 5 halaman

Ramai-ramai Mundur

Fadia mengalami masalah di tumitnya sejak di Malaysia, sementara Leo masih merasakan sakit di pinggang. "Kita menarik keikutsertaan Apri/Fadia dan Leo/Daniel dari Taipei Open 2022," kata Rionny Mainaky, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI seperti rilis yang diterima media.

"Untuk Apri/Fadia, kakinya Fadia ada sedikit kendala sejak di Malaysia dan Leo bagian pinggang yang baru sembuh kembali terasa jadi diputuskan untuk fokus penyembuhan dahulu," jelas Rionny.

Selain Apri/Fadia dan Leo/Daniel, PBSI juga menarik keikutsertaan beberapa pemain dari ajang dengan level BWF Super 300 itu.

"Kita juga menarik semua pemain dari Taipei yang sempat tampil di Singapore Open. Karena ada pemain dan pelatih yang sakit," ungkap Rionny.

"Di Taipei protokol kesehatan masih sangat ketat. Ada karantina, sistem bubble, dan tes antigen setiap hari. Bila terpapar, karantina harus di rumah sakit. Kita tidak mau ambil resiko," terang Rionny.

Berikut daftar lengkap pemain Indonesia yang mundur dari Chinese Taipei Open 2022:

 

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Indonesia

Tunggal Putra

1. Chico Aura Dwi Wardoyo

Tunggal Putri

1. Putri Kusuma Wardani

Ganda Putra

1. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Ganda Putri

1. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

2. Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani

3. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

4. Melani Mamahit/Tryola Nadia

5. Jesita Putri Miantoro/Lanny Tria Mayasari

6. Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose

Ganda Campuran

1. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

2. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

3. Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.